Tips Merawat Alat Bantu Dengar Anak

Tips Merawat Alat Bantu Dengar Anak

Orang tua atau keluarga dari anak-anak yang memakai perangkat bantu dengar mengetahui dengan baik stress and frustrasinya untuk merawat perangkat alat bantu dengar tersebut. Anak-anak yang aktif sering sulit untuk berhati-hati dan bertanggung jawab, dan mereka tidak akan mengingat aturan pakai dan perawatannya. Tips ini dapat membantu untuk mengatasi permasalahan itu.

Meminimalkan Kelembaban

Keringat dan kelembaban menimbulkan bahaya serius untuk perangkat bantu dengar. Menurut Better Hearing Institute, “Sejauh mungkin, kelembaban di daerah telinga harus dihindari”. Berikut beberapa cara untuk menghindari kelembaban di area telinga:

  • Melepas alat bantu dengar jika hendak mandi, berenang, atau berpartisipasi dalam olahraga air.
  • Lebih berhati-hati ketika memakai produk-produk yang mengandung aerosol dan spray.
  • Mengambil tindakan pencegahan ekstra ketika alat bantu dengar harus terkena kelembaban seperti yang sering terjadi pada anak-anak yang sangat aktif. Mendiskusikannya dengan guru, konselor, atau babysitter juga diperlukan, agar mereka juga memahami prosedur pemakaiannya.

Menjaganya Tetap Konsisten

Alat bantu dengar harus dipakai secara konsisten. Asosiasi Orang Tuli dan Orang yang Memiliki Keterbatasan Pendengaran Alexander Graham Bell menyampaikan, “penggunaan amplifikasi 100 persen dari waktu bangun anak dalam waktu dua sampai tiga minggu awal harus menjadi tujuan bagi seorang anak yang menerima alat bantu dengar.” Ini mungkin terdengar seperti perintah, tetapi konsistensi adalah kunci keberhasilan dalam alat bantu dengar.

Menjaga Kebersihan

Debu dan kotoran memberikan reaksi yang buruk terhadap perangkat elektronik yang sensitif. Aksesori alat bantu dengar akan melindungi alat bantu dengar anak anda dari paparan kotoran jangka panjang. Carilah aksesori pelindung bagi alat bantu dengar anda namun masih memungkinkan untuk tetap nyaman digunakan. Jika perangkat anda tidak menjadi kotor, anda bisa membersihkannya secara rutin untuk meminimalisasi kerusakan.

Menyimpan Alat Bantu Dengar dengan Hati-Hati di Malam Hari

Penting sekali untuk merawat alat bantu dengar saat anda tidur, membangun rutinitas adalah kunci. Anda sebaiknya menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering. Jangan pernah meninggalkan alat bantu dengar anda di sekitar kamar mandi dan paparan sinar matahari langsung.

Minimalkan Kerusakan

Gunakanlah aksesori untuk alat bantu dengar anak-ana anda seperti klip dan tali atau selimut spandex untuk melindungi terhadap dampak minor atau untuk mencegah kerusakan jangka panjang.

Mengatur Suhu

Suhu ekstrim dapat memberi dampak buruk terhadap kinerja alat bantu dengar anak anda. Musim panas memiliki kelembaban yang menyulitkan anda untuk menjaga alat anda tetap kering. Hindarilah paparan sinar matahari secara langsung selama musim panas dan kelembaban dengan bantuan aksesori pelindung. Pada musim dingin, gunakanlah syal, topi, atau penutup telinga, serta penutup aksesori yang dapat membantu untuk menjaga alat bantu dengar anda pada suhu yang aman lebih lama.