Membesarkan Anak yang Mempunyai Gangguan Pendengaran

gangguan pendengaran

Pemeriksaan pendengaran: Langkah penting


Salah satu langkah pertama untuk mempersiapkan diri dengan benar untuk tahun ajaran pertama adalah tes pendengaran oleh seorang audiolog. Langkah ini sering diabaikan. Jika gangguan pendengaran atau ketulian terdeteksi, orang tua dapat dengan segera untuk memastikan anak mereka menjadi mandiri dalam semua bidang kehidupan. Setelah gangguan pendengaran terdeteksi, langkah-langkah dapat diambil untuk memastikan keberhasilan bahasa, kognitif, dan perkembangan sosial.

Belajar berkomunikasi sangat terkait dengan kemampuan mendengar. Jika anak-anak tidak mendengar apa yang dikatakan orang, mereka akan kesulitan mereproduksi suara kata-kata. gejala ini mungkin juga mempengaruhi pembelajaran mereka di kelas dan kontak mereka dengan orang lain. Anak-anak dengan gangguan pendengaran dapat mengisolasi diri dari anak-anak lain karena takut mengalami perundungan atau diejek.

Solusi yang disesuaikan


Pertemuan dengan profesional kesehatan pendengaran lain — seperti ahli patologi bahasa-bicara, spesialis THT, atau audioprosthetist — sering diperlukan. Mereka dapat menyarankan solusi yang disesuaikan dengan gangguan pendengaran anak.

Alat bantu dengar juga disarankan untuk meningkatkan pendengaran dalam situasi sehari-hari. Sistem pemancar-penerima (FM) dapat dikombinasikan dengan alat bantu dengar. Guru atau orang tua mengenakan pemancar, yang mengirimkan suara langsung ke alat bantu dengar anak.

Juga, ketika evaluasi audiologis menunjukkan gangguan pendengaran yang mungkin berdampak negatif terhadap perkembangan anak

Komunikasi di rumah


Dukungan orang tua sama pentingnya dengan alat bantu dengar dalam memastikan semua kondisi yang diperlukan untuk rehabilitasi terpenuhi. Orang tua memainkan peran penting dalam mencegah gangguan pendengaran mengganggu perkembangan anak, baik melalui keterlibatan dan inisiatif mereka dalam perjanjian medis dan sikap mereka di rumah.

Untuk memfasilitasi diskusi, orang dewasa dapat mendukung apa yang mereka katakan dengan gerakan atau tanda (menggunakan bahasa isyarat atau menunjuk), mengajar anak-anak mereka untuk menjaga kontak mata selama percakapan, dan meminta mereka untuk menulis ulang untuk memastikan bahwa mereka mengerti dengan baik. Penting juga untuk membangun kekuatan dan minat anak-anak, dan untuk menghargai upaya mereka.

Di rumah, adalah ide bagus untuk melibatkan saudara kandung dan kerabat lainnya. Mereka dapat membantu dalam proses rehabilitasi anak. Mereka juga merupakan sumber tambahan dan akan dapat memberi tahu orang-orang tentang gangguan pendengaran untuk menghilangkan tabu dan ketidaktahuan tentang masalah tersebut.