Inilah Penyebab Infeksi Telinga Pada Anak

Inilah Penyebab Infeksi Telinga Pada Anak

Dapatkah Infeksi Telinga Kronis Menyebabkan Gangguan Pendengaran Jangka Panjang?

Penyebab infeksi telinga – Berikut ini adalah cerita singkat dan pertanyaan dari seorang ibu yang memiliki anak dengan infeksi telinga yang kronis.

Putri saya mengalami infeksi telinga satu demi satu. Ketika dia mendapat infeksi, dia sepertinya kesulitan mendengar, tetapi dengan konsumsi obat selalu menjadi lebih baik. Namun, saya khawatir infeksi ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen. Bisakah ini terjadi?” -Yasmine

Penjelasan Mengenai Infeksi Telinga

Infeksi telinga sering terjadi pada masa kanak-kanak. Seperti anak perempuan Anda, beberapa anak memang mengalami gangguan pendengaran sementara karena penumpukan cairan di telinga tengah, tetapi biasanya hilang dengan perawatan.

Sangat jarang, bagi anak-anak untuk mengembangkan gangguan pendengaran permanen, bahkan ketika mereka memiliki beberapa infeksi telinga. Seorang anak dengan infeksi telinga yang sering atau kronis beresiko untuk kehilangan pendengaran permanen hanya ketika kerusakan telah dilakukan pada gendang telinga, tulang-tulang telinga, atau saraf pendengaran.

Karena pendengaran anak Anda tampaknya kembali normal setelah perawatan karena infeksi telinga, ia mungkin tidak berisiko mengalami gangguan pendengaran permanen. Tetapi jika Anda khawatir, bicarakan dengan dokter Anda tentang menjadwalkan ujian pendengaran.

Jika infeksi telinga putri Anda terus menjadi masalah, dokter mungkin merujuknya ke dokter THT (dokter telinga, hidung, dan tenggorokan), yang mungkin menyarankan penempatan tabung telinga untuk membantu mengurangi jumlah infeksi telinga yang didapatnya, dan membatasi pendengaran. masalah yang mungkin mereka sebabkan.

Beberapa Penyebab Infeksi Telinga Pada Anak

Lalu apa saja pemicu yang dapat menyebabkan infeksi telinga pada anak? Berikut penjelasannya:

  • Infeksi bakteri pada telinga tengah (ruang di belakang gendang telinga).
  • Tabung eustachius tersumbat, biasanya sebagai bagian dari flu biasa. Pipa eustachius menyambungkan telinga tengah ke belakang tenggorokan.
  • Penyumbatan menyebabkan cairan telinga tengah (disebut viral otitis).
  • Jika cairan terinfeksi (bakteri otitis), cairan akan berubah menjadi nanah. Hal ini menyebabkan gendang telinga menonjol keluar dan dapat menyebabkan banyak rasa sakit.
  • Infeksi telinga akan mencapai puncaknya pada usia 6 bulan hingga 2 tahun. Kondisi ini merupakan masalah umum sampai usia 8 tahun.
  • Kerap timbul infeksi telinga pada hari ke 3 pilek.
  • Seberapa sering anak-anak mendapat infeksi telinga? 90% anak memiliki setidaknya 1 infeksi telinga. Infeksi telinga yang sering terjadi pada 20% anak-anak. Infeksi telinga adalah infeksi bakteri paling umum pada anak kecil.

Lakukan Pemeriksaan Rutin Pada Telinga

Seperti halnya dengan pemeriksaan gigi yang rutin disarankan enam bulan sekali, pemeriksaan telinga pun juga demikian. Telinga dibersihkan, dan diperiksa kesehatannya agar jika adanya infeksi akan segera ditangani dan tidak menjadi semakin parah.