Cedera Gendang Telinga dan Cara Mengatasinya

Cedera Gendang Telinga dan Cara Mengatasinya

Diagnosa

Jika anak Anda memiliki gejala gendang telinga yang pecah atau berlubang, segera hubungi dokter. Sebagian besar cedera gendang telinga akan sembuh sendiri, tetapi Anda harus memastikan bahwa setiap gangguan pendengaran hanya bersifat sementara. Mencari perawatan medis segera jika anak Anda memiliki gejala parah, seperti keluarnya darah dari telinga, rasa sakit yang ekstrem, gangguan pendengaran total di satu telinga, atau pusing yang menyebabkan muntah.

Untuk memeriksa gendang telinga yang pecah atau berlubang, dokter akan memeriksa saluran telinga anak Anda dengan alat berlampu yang disebut otoscope. Biasanya dokter akan dapat melihat robekan di gendang telinga, tetapi terkadang cairan di telinga akan menghalangi pandangan.

Dokter mungkin memerintahkan tes lain untuk memeriksa gangguan pendengaran, seperti:

  • tes audiologi yang mengukur seberapa baik seseorang mendengar suara di nada dan volume yang berbeda
  • tympanometry untuk mengukur respon gendang telinga terhadap sedikit perubahan tekanan udara

Jika ada cairan bocor dari telinga, dokter mungkin mengirim sampel untuk pengujian untuk melihat apakah ada infeksi pada telinga tengah atau telinga dalam.

Pengobatan

Biasanya, cedera gendang telinga sembuh sendiri dalam beberapa minggu tanpa perawatan apa pun. Sementara gendang telinga sedang masa penyembuhan, penghilang rasa sakit yang dijual bebas dapat membantu meringankan rasa sakit. Tanyakan kepada dokter Anda tentang penghilang rasa sakit mana yang terbaik untuk anak Anda.

Untuk membantu mencegah infeksi atau mengobati infeksi yang ada, dokter dapat meresepkan antibiotik. Ini bisa berupa cairan atau pil yang harus ditelan atau tetes telinga. Jangan pernah memberikan obat tetes telinga tanpa resep kepada anak Anda kecuali dokter Anda menganjurkannya. Obat tetes tidak dianjurkan untuk digunakan jika ada lubang di gendang telinga karena dapat menyebabkan masalah dengan telinga tengah atau koklea.

Ketika sudah sembuh, untuk melindungi gendang telinga, dokter Anda mungkin menyarankan agar telinga anak Anda tetap kering. Beri tahu anak Anda agar kepalanya tetap di atas air saat berenang, dan letakkan penutup telinga yang tahan air atau bola kapas yang dilapisi dengan petroleum jelly di telinga ketika anak Anda berenang atau mandi.

Jika gendang telinga yang pecah atau berlubang tidak sembuh dengan sendirinya dalam waktu sekitar 4 minggu, seorang anak mungkin perlu menemui dokter THT (dokter telinga, hidung, dan tenggorokan) anak. Setelah ujian dan tes pendengaran, otolaryngologist atau THT dapat merekomendasikan patch gendang telinga. Selama prosedur ini, bahan kimia diterapkan pada tepi pecah untuk merangsang pertumbuhan dan penyembuhan, kemudian tambalan kertas ditempatkan di atas area untuk melindunginya. Ini mungkin harus dilakukan beberapa kali sebelum gendang telinga sepenuhnya sembuh.

Jika semua perawatan gagal, seorang spesialis mungkin melakukan operasi gendang telinga yang dikenal sebagai tympanoplasty. Dalam prosedur ini, sepotong kecil jaringan pada tubuh anak sendiri dicangkokkan ke gendang telinga untuk menutup robekan. Ini adalah operasi yang relatif sederhana, dan anak-anak biasanya dapat meninggalkan rumah sakit pada hari yang sama.