8 Aplikasi untuk anak dengan gangguan pendengaran

8 Aplikasi untuk anak dengan gangguan pendengaran

Jika anda memiliki anak dengan gangguan pendengaran ataupun tuna rungu saat ini banyak teknologi  dari aplikasi yang dapat membantu anak Anda belajar membaca dan berbicara.  Berikut beberapa aplikasi untuk anak-anak dengan gangguan pendengaran:

The Baobab

The Baobab menceritakan tentang seorang gadis kecil pemberani yang mencari buah langka dari pohon kuno “Baobab”. Gadis kecil tersebut bertualang dan bertemu dengan binatang sepanjang perjalanan. Ceritanya yang lucu, illustasi dengan warna yang cerah membuat The Baobab menarik. Aplikasi ini juga sangat interaktif dengan bilingual app antara bahasa inggris dan American Sign Language(ASL)/ Bahasa Isyarat. The Baobab juga dapat menjadi aplikasi mendongeng untuk anak-anak tanpa gangguan pendengaran yang ingin belajar ASL.

Perlu diketahui bahwa aplikasi ini memiliki gambar dengan kwalitas yang sangat baik sehingga membutuhkan banyak ruang dan juga waktu dalam mengunduhnya. The Baobab dibuat oleh Gallaudet University’s Science of Learning Center on Visual Language and Visual Learning dengan penemu dari National Science Foundation. Aplikasi Gallaudet yang terkenal adalah VL2 dan dapat di download di app store.

Splingo’s Language Universe

Aplikasi ini membantu anak-anak untuk kemampuan mendengar dan berbicara yang dibuat oleh Speech and Language Therapists and Pathologists. Splingo menceritakan tentang mahluk luar angkasa berwarna orange dan teman-temannya. Splingo memberikan petunjuk secara lisan yang juga terlihat di layar. Anak-anak diberikan tugas untuk membantu menyelesaikan membangun kaal luar angkasa Splingo jadi dia dapat terbang dan pulang.

Aplikasi ini memiliki empat tingkat kesulitan yang berbeda sesuai dengan umur anak mulai dari 18 bulan sampai  4 tahun. Level pertama dengan petunjuk yang sangat dasar sepeti “cari apel hijau” sedangkan level empat “ berikan apel hijau untuk gadis kecil”. Namun, Splingo’s Language Universe dapat disesuaikan jadi Anda bisa menggabungkan antara tingkat dan jenis pilihan kata sesuai kebutuhan anak Anda dan bahkan, ada puluhan ribu kalimat dan kata sehingga tidak membuat anak Anda bosan. Splingo’s Language Universe bisa di unduh di iTunes dan Google Play.

Hear Coach

Aplikasi ini dibuat oleh Starkey Laboratories dengan tujuan untuk mengasah ketajaman kognitif dan pendengaran seseorang melalui permainan/games browse around this website. Bagi  orang dengan gangguan pendengaran mendengar di tempat yang bising adalah satu tantangan yang sulit di hadapi. Hear Coach menantang  Anda untuk memilih suara dari berbagai macam suara ditempat yang bising dan hal ini juga bisa membantu Anda melihat perkembangan Anda dari waktu ke waktu. Hear Coach cocok untuk anak-anak dan remaja dengan gangguan pendengaran , yang memakai ABD ataupun implant. Aplikasi ini bisa di unduh untuk Android dan iOS.

Little Ears-Sound for Toddlers

Aplikasi dari Mobiler ini di rancang boleh orang tua untuk Tiny Tots. Little Ears mengagumkan karena sangat sederhana.  Tidak terlalu banyak elemen yang akan membebabkan stimulasi yang berlebih. Dengan area sentuh yang sangat besar sehingga jari Anak anda dapaat terkordinasi dengan baik.

Aplikasi ini mempunyai 20 pasang ilustrasi dengan gambar pohon disetiap ilustrasinya. Anak-anak akan sentuh mendengar nama dan suara  mereka  dan juga ada kuis sederhana. Semua yang di fasilitasi untuk mengelola kemampuan bicara dan bahasa dengan memberikan pemahaman mengenai audi dan input pada indra pendengaran manusia menjadikan aplikasi ini sangatlah aman. Pencahayaan layar dan suara latar juga sudah di atur agar lebih lembut sehingga tidak merusak pendengaran dan mata buah hati Anda.

Voice Toddler Cards

Aplikasi ini adalah permainan yang mengabungkan antara belajar dan mendengarkan untuk anak dengan gangguan pendengaran.  Dibuat oleh Sai Service dengan berkonsep “ talking flashcard” aplikasi ini sangat cocok untuk anak usia satu sampai lima tahun. Voice Toddles Cards mempunyai lebih dari 400 foto asli  yang berbicara dalam bahasa inggris atau spanyol dan asiknya si kecil pun bisa merekam suarana sendiri. Ini adalah aplikasi yang sangat menyenangkan dengan koleksi foto dapat membantu anak Anda belajar berbagai kata dan latihan mendengar. Voice Toddler Cards sangat mudah digunakan, sederhana dan pengaturannya dapat disesuikan dengan kebutuhan anak Anda. Aplikasi ini gratis dan dapat di unduh pada iOS dan Windows lue3y9e.

Danny the Dragon Meets jimmy

Danny the Dragon adalah pemenang  penghargaan untuk buku anak-anak oleh Tina Turbin. Buku ini menceritakan tentang seekor naga yang baik dan temannya seekor kadal bernama Skipper. Danny bertemu Jimmy dan keluarganya dengan cara yang tidak biasa, dia melakukan perjalanann menyusut dan masuk kedalam kerang hijau kecil. Kisah ini adalah kisah pertama yang di buat oleh Tina Turbin. Buku iStrory adalah yang pertama di lengkapi dengan America Sign Language (ASL)/bahasa isyarat. Aplikasi ini sangat cocok untuk anak usia dua sampai tujuh tahun dan bisa di gunakan dengan narasi dewasa, bahasa isyarat atau “silent mode” .  Dalam aplikasi ini juga tersedia text pada layar. Anak-anak pasti menyukai aplikasi yang dibuat oleh Zuuka, Inc ini.

My Smart Hands Baby Sign Language Dictionary

Umumnya orang tua dari bayi dan anak-anak menggunakan ASL untuk membantu mereka berkomunikasi sebelum mereka bisa berbicara. The My Smart Hands Baby Sign Language Dictionary cocok untuk orang tua yang memiliki dan tidak memiliki anak dengan gangguan pendengaran baik balita maupun anak-anak. Aplikasi ini di rancang oleh Laura Berg di tahun 2010 dan di perkenalkan pertama kalinya oleh iOS den gan pembaharuan terakhir pada desember 2013.

Aplikasi ini sangatlah mengaggumkan karena mengajarkan Anda lebih dari 300 ASL sehingga anda dapat mengajarkan anak Anda dan berkomunikasi jelas dengan mereka.

iMouf

Aplikasi iPad ini di rancang oleh Susan Apgar dan Speech Hardware untuk anak usia tiga sampai sembilan tahun. Ini akan membantu mereka untuk belajar tentang suara, berbicara dan membedakan suara konsonan sehingga sangat bagus untuk anak dengan gangguan pendengaran. IMouf adalah karakter yang unik campuran antara tikus dan manusia yang sangat suka membuat orang tertawa. Twinkle Star adalah guru skaligus sahabatnya dan iMouf melakukan hal-hal lucu seperti pegi ke “speech gym” untuk melatih kekuatan lidah mulutnya dalam berbicara. Karakter lucu ini tinggal di Colorado Springs dan sangat menyukai bersepeda gunung, menunggang kuda, menari dan menyanyi rap. Anak anda akan mendapatkan banyak kesenangan bersama iMouf dan Twinkle Star dan mereka tidak akan menyadari kalau mereka sudah berlatih untuk konsonan mereka.