Ajak Anak Gangguan Pendengaran Berinteraksi dengan Buku

Ajak Anak Gangguan Pendengaran Berinteraksi dengan Buku

Kira-kira apakah mainan terbaik untuk anak gangguan pendengaran? Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui permainan jenis apa yang baik diberikan untuk anak penderita gangguan pendengaran. Banyak sebagian orang beranggapan bahwa mainan elektronik yang memproduksi suara yang keras dan terus-menerus bisa menstimulasi bahasa dan cara bicara anak penderita gangguan pendengaran. Namun, ternyata anggapan ini tidak benar sepenuhnya. Ada satu cara lama yang dapat menstimulasi anak gangguan pendengaran belajar bahasa dibandingkan mainan elektronik yang mahal.

Apakah mainan yang dapat berbicara baik untuk anak gangguan pendengaran?

Jika Anda berjalan dan mengunjungi sebuah toko mainan pada musim liburan, Anda biasanya akan mendengar berbagai macam bunyi-bunyian, suara-suara mekanis dan berbagai macam gerakan-gerakan dari berbagai macam mesin. Mainan yang dapat menghasilkan suara atau yang dapat berbicara menjadi mainan yang populer sekarang ini. Dan banyak anak yang tertarik pada macam permainan jenis ini.

Namun apakah mainan bersuara merupakan sebuah pilihan terbaik bagi pendengaran anak?

Jadi, apakah mainan yang dapat berbicara atau mengeluarkan suara baik atau tidak bagi anak penderita gangguan pendengaran? Sebagai orangtua dari anak penderita gangguan pendengaran, biasanya akan mendekatkan anak pada benda-benda dan mainan-mainan yang dapat mengeluarkan suara-suara sebanyak mungkin. Hal ini bertujuan untuk mengekspos anak dalam menstimulasi bahasa dan cara berbicara mereka. Jadi, merupakan hal yang wajar jika membeli sebuah mainan elektronik pada musim liburan kali ini. Namun sebelum Anda membelikan mereka sebuah mainan elektronik, ada baiknya jika memikirkan cara tradisional yang mungkin manfaat yang di dapat jauh lebih banyak.

Sebuah studi yang dilakukan di Ilmu Kesehatan Anak-Anak JAMA baru-baru ini menunjukkan bahwa selain pemakaian baterai yang boros, mainan-mainan elektronik tidak menjanjikan anak-anak penderita gangguan pendengaran meningkatkan bahasa mereka. Menurut laporan, mainan-mainan yang dapat berbicara atau mengeluarkan suara tidak menstimulasi interaksi pada anak dan terlalu pasif

“Bermain dengan mainan-mainan elektronik dapat berhubungan dengan penurunan kuantitas dan kualitas pemasukan bahasa dibandingkan saat anak bermain dengan buku atau permainan tradisional. Untuk mempromosikan pengembangan bahasa awal pada anak, bermainan dengan mainan-mainan elektronik seharusnya tidak didukung. Menurut Asosiasi dari Jenis Mainan yang Digunakan Saat Bermain dengan Kuantitas dan Kualitas dari Komunikasi antara Orangtua-Bayi, “Mainan tradisional bisa menjadi sebuah alternatif yang bagus bagi orangtua dan bayi saat waktu bermain apabila membaca buku bukan sebuah aktivitas yang disukai.”

Mainan-mainan apa yang dapat mempengaruhi perkembangan bahasa?

Lalu, apakah jenis mainan yang terbaik untuk bayi-bayi penderita gangguan pendengaran? Berita terbaiknya adalah buku-buku merupakan pembelajaran bahasa yang terbaik. Buku dapat menstimulasi komunikasi interaktif pada anak. Buku juga menyediakan percakapan antara anak dan orangtua atau pengasuh dimana hal ini merupakan kunci dari pengembangan bahasa. Permainan puzzle dan balok juga merupakan hadiah yang sangat bagus karena jenis permainan seperti ini memberikan kesempatan kualitas interaksi yang baik antara orangtua dan anak saat mereka bermain bersama. Namun, jenis permainan ini juga kadang memiliki sedikit kesempatan untuk berkomunikasi. Jadi, orangtua harus pintar-pintar menggunakan kesempatan berkomunikasi kepada anak dengan jenis permainan ini.

Jadi, saat nenek bertanya jenis hadiah apa yang cocok diberikan untuk anak Anda, berikan ide-ide yang mudah. Suruhlah nenek Anda memikirkan buku favoritnya dulu saat ia membacakannya untuk Anda saat Anda kecil. Berikan kesempatan padanya untuk menciptakan sebuah kenangan yang familiar dan interaktif bersama dengan anak Anda untuk membantu mereka mengembangkan kemampuan bahasa mereka.

Sekarang Anda harus memikirkan kembali apa buku favorit Anda saat kecil? Apakah Anda mempunyai tips lain untuk memilih mainan terbaik untuk anak penderita gangguan pendengaran?