Tips Kembali ke Sekolah Dengan Kondisi Gangguan Pendengaran

Tips Kembali ke Sekolah Dengan Kondisi Gangguan Pendengaran

Tahun ajaran baru umumnya akan membuat para siswa bersemangat menyambutnya, namun bagi para siswa dengan gangguan pendengaran beserta orangtuanya tahun ajaran baru bisa menjadi hal yang mencemaskan. Bagaimana jika mereka susah mendapatkan teman karena kondisi pendengaran mereka? Sebagian besar orang memang akan maklum akan kondisi mereka, namun ada juga yang tidak. Memang seperti itulah kehidupan di dunia nyata. Penderita gangguan pendengaran bisa mencapai apa yang mereka impikan sama seperti orang lain dengan pendengaran normal. Jadi jangan biarkan apapun atau siapapun menghalangi mereka mencapai impian. Berikut ini tips yang bisa membantu putra-putri Anda kembali ke sekolah di tahun ajaran baru dengan nyaman.

Menemui para guru dan keliling sekolah sebelum tahun ajaran dimulai

Ini satu cara yang paling efektif agar Anda tahu bagaimana lingkungan sekolah tempat putra/putri Anda belajar nanti. Menemui para guru adalah ide yang bagus sehingga Anda bisa mendiskusikan apa yang terbaik pada putra/putri Anda dan bagaimana para guru bisa membantu anak Anda. Jika Anda memiliki tips mengenai gangguan pendengaran, Anda bisa membaginya kepada guru.

Pastikan anak Anda mendapatkan dukungan yang sesuai dengan tingkatan kondisi pendengaran mereka

Anak-anak dengan gangguan pendengaran parah berhak mendapatkan dukungan atau bantuan di kelas seperti bantuan dalam mencatat, interpreter, atau asisten di kelas. Ini bisa didiskusikan dengan pihak sekolah sebelum tahun ajaran dimulai. Tanpa dukungan, anak-anak dengan gangguan pendengaran biasanya kesulitan dalam mengikuti pelajaran di kelas. Hal ini akan berpengaruh pada nilai mereka dan akibatnya mereka tidak bisa mencapai potensi mereka dengan maksimal. Tergantung sistem edukasi yang ada, anak-anak dengan gangguan pendengaran bisa mendapatkan guru khusus yang memiliki lisensi mengajar anak-anak berkebutuhan khusus.

Investasi pada peralatan yang bisa membantu putra/putri Anda belajar

Saat ini sudah banyak teknologi yang bisa membantu siswa dengan gangguan pendengaran untuk belajar dengan nyaman di kelas. Pada beberapa alat bantu dengar, terdapat fitur yang bisa memperbesar volume suara guru atau suara lainnya dengan begitu siswa bisa lebih mudah memahami apa yang dikatakan guru dan membaca gerakan bibir. Jika putra/putri Anda akan memakai peralatan ini di kelas, pastikan alat ini dicharge malam sebelumnya.

Dorong anak Anda mengikuti ekstrakurikuler

Ini cara yang baik agar anak Anda mendapatkan teman baru dengan minat yang sama. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler dapat memberikan nilai lebih dan pembekalan untuk anak Anda kelak.

Sediakan baterai cadangan

Selalu siapkan baterai cadangan untuk alat bantu dengar anak Anda. Katakan pada mereka untuk selalu membawanya di dalam tas, menyimpannya di loker, dan menitipkannya pada guru. Dengan begitu anak Anda akan tetap bisa mengikuti pelajaran walaupun baterai alat bantu dengarnya mati mendadak di tengah pelajaran.

Seimbangkan kehidupan sekolah dengan kehidupan sosial

Walaupun belajar giat adalah hal yang penting, jangan lupa bahwa anak Anda membutuhkan relaksasi, bersosialisasi dan menikmati hobi mereka.

Biarkan anak Anda mempelajari hal baru

Kondisi pendengaran terganggu bukan berarti anak Anda tidak bisa mengerjakan apa yang dilakukan anak lain. Biarkan mereka memilih subyek pelajaran yang mereka minati, dan dorong mereka untuk mengerjakan hal-hal baru. Mereka bisa melakukan apa saja dengan sumber daya yang tepat sama seperti anak-anak lain yang berpendengaran normal.