Earmold Adalah Komponen Penting Alat Bantu Dengar

Earmold Adalah Komponen Penting Alat Bantu Dengar

Sebuah earmold biasanya teman terbaik alat bantu dengar belakang telinga. Earmold adalah sepotong kecil bahan yang dibentuk dengan hati-hati yang terletak di dalam telinga dan menghubungkan saluran telinga ke alat bantu dengar. Anda bisa mendapatkannya dalam berbagai gaya dan warna tergantung pada preferensi pribadi dan bentuk telinga Anda.

Selain itu, earmold juga dapat digunakan untuk membantu orang tanpa gangguan pendengaran. Cetakan khusus dapat dibuat dan dimasukkan ke telinga Anda untuk menghalangi suara dan melindungi pendengaran Anda. Ketika penutup telinga digunakan seperti ini, biasanya dalam kasus-kasus di mana individu terus-menerus terkena suara keras dan membutuhkan perlindungan untuk mencegah kerusakan pendengaran yang parah.

Bagaimana Earmold Dibuat?

Audiolog dan tim mereka dapat dengan cepat membuat earmold untuk Anda. Prosesnya sederhana, dan semuanya dimulai dengan beberapa tayangan. Mereka menciptakan campuran yang dapat dibentuk di sekitar telinga luar dan dalam Anda. Campuran ini awalnya cukup basah dan seperti pasta, tetapi akan memadat beberapa menit menjadi bentuk telinga Anda. Cetakan kemudian dikirim ke lab di mana audiolog Anda atau tim atau teknisi mereka akan membuat earmold.

Seperti yang disebutkan, mayoritas penutup telinga akan bermitra dengan alat bantu dengar. Karena itu, mereka perlu diciptakan agar sesuai dengan tujuan ini. Ketika earmold plastik dibuat, audiolog perlu mengebor lubang kecil melaluinya. Mereka kemudian memasukkan sepotong pipa penghubung melalui lubang ini yang menempel pada perangkat pendengaran. Inilah yang memungkinkan suara untuk diambil oleh perangkat dan dikirim ke saluran telinga.

Apa yang Terbuat Dari Earmold?

Sebuah earmold terutama terbuat dari plastik, namun berbagai jenis plastik tertentu. Dua bahan yang paling umum adalah akrilik dan silikon. Akrilik dipandang sebagai pilihan yang baik karena kuat dan earmold tidak akan mengalami kerusakan. Silikon adalah bahan yang lebih fleksibel yang mungkin berarti earmold lebih cocok dan memberikan lebih banyak kenyamanan.

Sebuah earmold merupakan bagian penting dari alat bantu dengar. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut, atau mungkin merasa Anda perlu membuatnya, maka hubungi audiolog Anda hari ini untuk janji temu.

Cara Membersihkan Earmold Anda

Sangat penting untuk membersihkan telinga Anda sekali atau dua kali seminggu.

Ikuti petunjuk ini untuk membersihkan earmold telinga Anda:

  • Dengan hati-hati lepaskan pipa, yang terhubung ke penutup telinga, dari kait alat bantu dengar.
  • Bilas earmold dan pipa di air yang mengalir.
  • Masukan earmold dan pipa dalam mangkuk air sabun (sabun cair) atau dalam larutan effervescent mirip dengan yang digunakan untuk membersihkan gigi palsu. Biarkan terendam selama setidaknya 10 menit sehingga kotoran telinga atau kotoran apa pun bisa lunak.
  • Keringkan earmold dengan kain lembut.
  • Biarkan earmold kering semalam di kain penyerap atau kertas, dengan outlet akhir suara earmold menunjuk ke bawah, sehingga setiap kelembaban yang tersisa dapat mengalir keluar.
  • Pasang pipa dan earmold ke alat bantu dengar.

Bahan dan Teknik Ermold Untuk Anak

Populasi pasien anak-anak yang memakai alat bantu dengar berbeda dari populasi orang dewasa. Karena telinga anak-anak tumbuh dengan cepat, mereka biasanya dilengkapi dengan alat bantu dengar BTE, alat bantu dengar setinggi telinga (misalnya model ITE). Ketika earmold BTE menjadi longgar setelah beberapa minggu atau berbulan-bulan, biaya pemesanan earmold baru jauh lebih murah daripada biaya pembuatan alat bantu dengar baru.

Memilih bahan dan teknik earmold yang tepat untuk seorang anak sering dianggap sebagai tantangan karena sangat sedikit informasi yang dipublikasikan mengenai topik ini. Pedoman untuk kesan pediatrik yang ditawarkan oleh konsultan dan produsen alat bantu dengar biasanya didasarkan pada pendapat profesional mereka, bukan penelitian.