Mengatasi Ototoksisitas Pada Anak Sejak Dini

Mengatasi Ototoksisitas Pada Anak Sejak Dini

Penelitian terus berjalan mengenai cara untuk mencegah atau mengatasi ototoksisitas, tetapi sejauh ini tidak ada cara pasti untuk mengatasinya. Namun, kabar baiknya adalah bahwa telinga mungkin hanya perlu waktu untuk sembuh. Dan beberapa anak mungkin tidak memiliki masalah pendengaran atau keseimbangan lebih lanjut jika mereka dapat berhenti minum obat yang menyebabkan gejala ototoksisitas tersebut.

Atau jika memungkinkan dengan cara dokter mengubah dosis atau obatnya. Namun itu tidak selalu menjadi pilihan, obat-obatan tertentu sangat penting untuk memerangi infeksi atau penyakit tertentu. Ketika beralih ke obat lain atau mengurangi dosis tidak memungkinkan, anak-anak dapat mengambil manfaat dari terapi pendengaran atau terapi mendengarkan dan membaca (bibir).

Anak-anak dengan kerusakan serius pada telinga bagian dalam juga mungkin memerlukan alat amplifikasi, alat bantu dengar, atau implan koklea:

Perangkat amplifikasi

Disebut sistem FM dapat membantu mengurangi kebisingan suara latar. Sistem FM kadang disebut juga “pelatih pendengaran”, dapat disediakan di ruang kelas untuk meningkatkan pendengaran dalam kelompok atau lingkungan yang bising dan juga dapat dipasang untuk penggunaan pribadi atau rumah.

Alat bantu dengar

Tersedia dalam berbagai bentuk yang pas di dalam atau di belakang telinga dan membuat suara lebih keras. Alat bantu dengar disesuaikan oleh audiolog sehingga suara yang masuk cukup diperkuat untuk memungkinkan orang untuk mendengarnya dengan jelas. Kadang-kadang, gangguan pendengaran begitu parah sehingga alat bantu dengar yang paling kuat tidak bisa memperkuat suara dengan cukup. Dalam kasus tersebut, implan koklea dapat direkomendasikan.

Implan koklea

adalah alat yang ditanam dengan operasi yang memotong telinga bagian dalam yang rusak dan mengirim sinyal langsung ke saraf pendengaran. Mikrofon kecil di belakang telinga mengambil gelombang suara dan mengirimkannya ke penerima yang telah ditempatkan di bawah kulit kepala. Penerima ini kemudian mentransmisikan impuls langsung ke saraf pendengaran. Sinyal-sinyal ini dirasakan sebagai suara dan memungkinkan orang untuk mendengar.

Anak-anak yang memiliki masalah keseimbangan akan menjalani terapi keseimbangan (juga disebut rehabilitasi vestibular) dengan terapis fisik atau vestibular. Ini mungkin termasuk latihan pelatihan yang membantu memperkuat keterampilan dan koordinasi keseimbangan. Latihan dapat melibatkan membungkuk, berdiri atau berjalan dengan mata terbuka dan kemudian dengan mata tertutup, atau meminta terapis memposisikan kepala anak pada sudut yang berbeda untuk memindahkan cairan atau kotoran dari bagian-bagian tertentu dari telinga.

Deteksi Dini Adalah Kunci

Semakin dini seorang anak didiagnosis menderita ototoksisitas, pengobatan untuk mengatasi ototoksisitas dapat segera dilakukan.

Cara lain untuk mengatasi ototoksisitas pada usia muda, sangat penting untuk mendeteksinya sejak dini. Itu karena bayi dan balita harus dapat mendengar suara dan percakapan dengan jelas untuk mengembangkan keterampilan berbicara dan bahasa mereka sepenuhnya. Untuk anak-anak yang lebih besar, masalah pendengaran dapat mempengaruhi cara mereka bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain dan bagaimana mereka melakukannya di sekolah. Dan masalah keseimbangan dapat memiliki efek besar pada anak-anak dari segala usia, terutama karena itu dapat menempatkan mereka pada risiko jatuh yang berbahaya.

Jika anak Anda mengalami masalah pendengaran dan / atau keseimbangan dan minum obat dosis tinggi, bicarakan dengan dokter Anda. Pastikan untuk menyebutkan semua gejala anak Anda, apakah mereka tampak terkait atau tidak. Misalnya, Anda mungkin tidak berpikir hal-hal seperti kesulitan berjalan atau memperhatikan di sekolah bisa ada hubungannya dengan telinga, tetapi mungkin saja.

Jika Anda khawatir tentang obat apapun yang dikonsumsi anak Anda, selalu hubungi dokter Anda. Jangan pernah mengubah dosis atau berhenti memberi anak Anda obat tanpa berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu.