Cara Membersihkan Telinga Bayi Yang Benar

Cara Membersihkan Telinga Bayi Yang Benar

Apakah Perlu Membersihkan Telinga Bayi Anda?

Penting untuk menjaga telinga bayi Anda bersih. Anda dapat membersihkan telinga luar dan kulit di sekitarnya saat Anda memandikan bayi dengan cara yang benar. Yang Anda butuhkan hanyalah waslap atau bola kapas dan air hangat.

Tidak aman menggunakan cotton bud atau menempelkan apapun di telinga bayi Anda. Jika Anda melihat kotoran telinga di dalam telinga, Anda tidak perlu menghapusnya.

Kotoran telinga yang sehat untuk bayi Anda karena itu melindungi, pelumas, dan memiliki antibakteri propertires. Menghapusnya dapat menyebabkan kerusakan yang berpotensi berbahaya.

Cara Membersihkan Telinga Bayi

Untuk membersihkan telinga bayi Anda secara harian atau teratur, Anda membutuhkan bola kapas yang telah direndam dengan air hangat. Anda juga dapat menggunakan waslap lembut dengan air hangat (bukan panas).

Untuk membersihkan telinga bayi:

  • Basahi waslap atau bola kapas dengan air hangat.
  • Ring out waslap dengan baik, jika menggunakan.
  • Usap perlahan di belakang telinga bayi dan di sekitar bagian luar setiap telinga.

Jangan pernah menempelkan waslap atau bola kapas di dalam telinga bayi Anda. Ini dapat menyebabkan kerusakan pada saluran telinga.

Obat Tetes Telinga

Jika bayi Anda telah diresepkan obat tetes telinga atau Anda ingin menggunakannya untuk menghilangkan penumpukan kotoran telinga, ikuti langkah-langkah ini.

  • Berbaringlah dengan posisi telungkup dengan telinga yang sakit menghadap ke atas.
  • Tarik perlahan daun telinga bawah ke bawah dan kembali untuk membuka kanal.
  • Tempatkan 5 tetes di telinga (atau jumlah yang disarankan dokter anak Anda).
  • Letakkan tetesan di telinga bayi dengan menjaga posisi berbaring selama 10 menit, kemudian gulingkan sehingga sisi dengan tetesan menghadap ke bawah.
  • Biarkan tetes telinga keluar dari telinga bayi Anda ke tisu.

Selalu gunakan tetes sesuai dengan rekomendasi dokter anak Anda. Ikuti instruksi mereka untuk berapa tetes yang harus diberikan dan seberapa sering diberikan kepada bayi Anda.

Tips Keamanan

Kapas tidak aman untuk digunakan pada bayi atau anak kecil. Bahkan, membersihkan telinga adalah penyebab paling umum bagi seorang anak di Amerika Serikat untuk dilarikan ke ruang gawat darurat karena cedera telinga.

Lebih dari 260.000 anak-anak terkena dampaknya. Paling umum, cedera ini melibatkan benda yang tersangkut di telinga, gendang telinga berlubang, dan cedera jaringan lunak.

Aturan paling aman untuk diingat adalah bahwa jika Anda melihat penumpukan kotoran di bagian luar telinga, gunakan kain lap basah yang hangat untuk menyeka dengan lembut.

Biarkan apa pun di dalam telinga (bagian yang tidak bisa Anda lihat) sendirian. Cedera pada gendang telinga, tulang pendengaran, atau telinga bagian dalam semua dapat menyebabkan komplikasi kesehatan jangka panjang untuk anak Anda.