Cara Membersihkan Telinga Bayi Yang Benar

Apa Yang Menyebabkan Penumpukan Kotoran Telinga Pada Bayi?

Penumpukan kotoran telinga pada bayi jarang terjadi. Biasanya, saluran telinga membuat jumlah kotoran telinga yang benar yang dibutuhkannya. Tetapi dalam beberapa kasus, penumpukan kotoran telinga yang berlebihan dapat mengganggu pendengaran, atau menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan. Bayi Anda mungkin menarik telinga mereka untuk menunjukkan ketidaknyamanan.

Beberapa penyebab penumpukan kotoran telinga meliputi:

  • Menggunakan kapas. Ini mendorong kotoran kembali dan mengemasnya
  • Menempelkan jari di telinga. Jika kotoran didorong kembali oleh jari-jari bayi Anda, itu mungkin menumpuk.
  • Mengenakan sangkutan telinga. Sumbat telinga dapat mendorong kotoran kembali ke dalam telinga, menyebabkan penumpukan.

Jangan mencoba menghilangkan penumpukan kotoran telinga di rumah. Jika Anda khawatir tentang penumpukan kotoran telinga, temui dokter anak. Mereka dapat menentukan apakah kotoran telinga bayi Anda perlu diangkat.

Apakah Kotoran Telinga Berbahaya?

Kotoran telinga tidak berbahaya. Ini melayani banyak fungsi penting termasuk:

  • Melindungi gendang telinga dan saluran telinga, menjaganya tetap kering, dan mencegah kuman dari menyebabkan infeksi
  • Menjebak kotoran, debu, dan partikel lain sehingga tidak masuk ke saluran telinga dan menyebabkan iritasi atau cedera

Kapan Mencari Bantuan

Biarkan dokter anak bayi Anda tahu jika bayi Anda menarik-narik telinga mereka. Juga beritahu mereka jika Anda mencurigai adanya saluran telinga yang tersumbat membuat bayi Anda sulit mendengar Anda, atau jika Anda melihat adanya kotoran berwarna kuning-hijau dari telinga anak Anda.

Dokter Anda dapat mengeluarkan kotoran jika menyebabkan ketidaknyamanan, rasa sakit, atau mengganggu pendengaran.

Seorang dokter anak biasanya dapat mengeluarkan lilin selama janji kantor reguler tanpa memerlukan perawatan lebih lanjut. Dalam kasus yang jarang terjadi, kotoran mungkin perlu dihilangkan dengan anestesi umum di ruang operasi.

Jika dokter anak Anda melihat tanda-tanda infeksi telinga, mereka mungkin meresepkan obat tetes telinga antibiotik untuk bayi Anda.

Segera cari pertolongan medis jika Anda melihat pendarahan dari telinga setelah sebuah benda dimasukkan ke dalam saluran telinga. Anda juga harus mencari bantuan medis jika anak Anda terlihat atau bertingkah sangat sakit, atau berjalan tidak stabil.

Peringatan

Penting untuk menjaga telinga bayi Anda bersih. Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat membersihkan telinga luar dan area di sekitar telinga selama waktu mandi yang dijadwalkan secara teratur. Anda hanya perlu waslap dan air hangat.

Meskipun ada beberapa produk di pasaran yang dibuat khusus untuk membersihkan bagian dalam telinga bayi Anda, banyak dari mereka tidak aman. Penyeka kapas juga tidak aman untuk bayi Anda.

Jika Anda melihat banyak penumpukan kotoran atau khawatir dengan telinga bayi Anda, beri tahu dokter anak Anda. Mereka dapat menentukan apakah perlu dihilangkan dan memberitahu Anda tentang perawatan terbaik.