Ciri Gendang Telinga Pecah Pada Bayi

Bagaimana Gendang Telinga Berlubang Dirawat?

Kebanyakan gendang telinga perforasi sembuh sendiri dalam beberapa minggu tanpa perawatan. Penghilang rasa sakit yang dijual bebas dapat membantu meringankan rasa sakit.

Untuk membantu mencegah atau mengobati infeksi, dokter dapat meresepkan antibiotik. Ini mungkin pil yang ditelan anak Anda, tetapi terkadang bisa berupa obat tetes telinga.

Jika gendang telinga tidak sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu, spesialis telinga-hidung-tenggorokan (THT) dapat merekomendasikan patch gendang telinga. Dalam prosedur ini, seorang dokter meletakkan selembar kertas di atas lubang. Dokter mungkin perlu melakukan ini beberapa kali sampai gendang telinga sepenuhnya sembuh.

Jika perawatan ini tidak berhasil, spesialis THT mungkin merekomendasikan tympanoplasty. Dalam operasi ini, ahli bedah menempelkan sedikit jaringan dari pasien sendiri atau bahan buatan manusia untuk menutup robekan gendang telinga.

Apa Yang Harus Saya Ketahui?

Saat pulih dari gendang telinga yang berlubang, anak-anak harus:

  • Jangan pernah menggunakan obat tetes telinga yang dijual bebas, kecuali jika dokter mengatakannya. Dengan lubang di gendang telinga, beberapa jenis tetes telinga bisa masuk ke telinga tengah atau koklea dan menyebabkan masalah.
  • Usahakan agar saluran telinga tetap kering. Dokter mungkin menganjurkan agar telinga tetap kering untuk mencegah infeksi. Tempatkan earplug atau bola kapas tahan air yang dilapisi dengan petroleum jelly di telinga saat anak Anda mandi atau mandi.
  • Berhati-hatilah saat meniup hidung mereka. Melakukannya dengan paksa dapat menyebabkan rasa sakit dan lebih banyak cedera pada gendang telinga.

Dapatkah Gendang Telinga Berlubang Dapat Dicegah?

Anda tidak dapat mencegah semua gendang telinga berlubang, seperti yang disebabkan oleh infeksi. Namun ada juga yang bisa dihindari.

Untuk membantu mencegah pecahnya:

  • Segera hubungi dokter jika anak Anda memiliki tanda-tanda infeksi telinga.
  • Jangan pernah memasukkan apapun ke telinga, bahkan untuk membersihkannya. Jika sesuatu masuk ke telinga anak Anda, keluarkanlah oleh penyedia layanan kesehatan. Mencoba melakukannya di rumah dapat merusak telinga.
  • Hindari terbang dengan pesawat jika anak Anda menderita infeksi pilek atau sinus. Jika Anda harus terbang, mintalah anak-anak mengunyah permen karet saat lepas landas dan mendarat. Mereka juga dapat mencoba menyamakan tekanan di telinga mereka dengan menguap atau menelan. Bayi harus disusui atau diberi botol atau sippy cup untuk minuman saat lepas landas dan mendarat.
  • Dapatkan pelajaran sebelum scuba diving. Ini mengajari anak-anak cara menyamakan tekanan di telinga mereka. Mereka tidak boleh menyelam scuba jika mereka memiliki infeksi telinga, infeksi sinus, atau pilek.