Alat Bantu Dengar Untuk Bayi

Alat Bantu Dengar Untuk Bayi

Alat bantu dengar sangat penting dalam mengembangkan kemampuan bayi Anda untuk mendengarkan dan berbicara. Idealnya, bayi Anda harus memakai alat bantu dengar setiap saat ketika mereka bangun tidur. Sayangnya, itu tidak selalu mungkin selama bulan-bulan awal kehidupan.

Untuk alasan praktis, bayi Anda mungkin hanya menggunakan alat bantu dengar untuk waktu-waktu tertentu ketika mereka sangat kecil. Penting untuk meningkatkan penggunaan alat bantu dengar saat bayi Anda berkembang.

Pada tahap-tahap awal ini, mungkin sulit untuk mengatakan apakah bayi Anda mendengar dengan alat bantu. Jangan berkecil hati. Bayi tidak bisa berbuat banyak untuk menunjukkan kepada Anda bahwa mereka mendengar. Cari tahu lebih lanjut tentang cara mengetahui apakah bayi Anda mendengar dalam ‘Tanda-tanda pendengaran pada bayi’.

Periksa Alat Bantu Dengar Setiap Hari

Penting untuk memeriksa alat bantu dengar bayi Anda setiap hari. Bayi Anda tidak bisa memberi tahu atau menunjukkan banyak hal tentang apa yang mereka dengar, jadi Anda hanya bisa tahu apakah alat bantu dengar bekerja dengan memeriksanya. Ini adalah rutinitas yang Anda butuhkan untuk melanjutkan sampai anak Anda cukup umur untuk memberi tahu Anda jika ada yang salah dengan alat bantu.

Audiolog Anda akan menunjukkan cara memeriksa alat bantu dengar. Kebanyakan orang perlu ditunjukkan beberapa kali sebelum mereka merasa percaya diri. Audiolog Anda akan dengan senang hati meninjau prosedur dengan Anda sesering yang Anda suka.

Penggunaan Alat Bantu Dengar Dalam 6 Bulan Pertama Kehidupan

Alat bantu dengar dapat menghasilkan suara siulan saat bayi Anda berbaring atau bersandar. Ini disebut umpan balik akustik dan merupakan masalah umum bagi bayi baru lahir. Ini terjadi karena telinga kecil dan lembut dan bayi Anda menghabiskan banyak waktu dengan telinga menempel pada permukaan, seperti ketika tidur atau menyusui.

Anda dapat mengurangi umpan balik dengan menggunakan pelumas. Audiolog Anda dapat merekomendasikan pelumas yang cocok untuk alat bantu dengar. Bayi muda mungkin membutuhkan penutup telinga baru setiap beberapa minggu untuk mengurangi umpan baliknya.

Cobalah menggunakan alat bantu dengar sebanyak yang Anda bisa, dengan cara yang masih memungkinkan Anda menikmati menghabiskan waktu bersama bayi Anda. Ini membantu jika Anda dapat memakai alat bantu pendengaran bagian dari rutinitas bayi Anda.

Jika Anda hanya dapat menggunakan alat bantu dengar untuk waktu-waktu tertentu dalam sehari:

  • Pilih waktu ketika Anda bebas untuk menghabiskan waktu dengan bayi Anda, berbicara atau bernyanyi
  • Pilih tempat yang tenang di mana tidak ada kebisingan latar belakang, dan matikan televisi dan radio
  • Jika Anda bisa, posisikan bayi Anda agar tidak ada yang menempel di telinga, sehingga alat bantu dengar tidak bersiul
  • Cobalah untuk memastikan bayi Anda dapat melihat wajah dan mulut Anda saat Anda berbicara.

Sebuah bouncinette dapat membantu. Kepala dan leher bayi Anda didukung dan Anda dapat menghadapi bayi Anda secara langsung dengan pandangan wajah yang jelas. Jika Anda menggunakan bouncinette, penutup kain kelambu adalah ide yang bagus karena kelambu mengurangi risiko bersiul dari alat bantu dengar.

Atau, Anda bisa duduk tegak di kursi atau lantai dengan bayi terbaring di pangkuan Anda. Letakkan kepala bayi di lutut dan kaki di dada. Anda bisa mendapatkan kontak mata yang baik dan itu adalah posisi yang baik untuk bermain ‘ciluk ba’.

Menjaga bayi Anda aman

Periksa dengan audiolog Anda bahwa alat bantu bayi Anda memiliki (atau dapat dipasang) dengan kompartemen baterai yang tahan rusak sehingga bayi Anda tidak dapat menelan baterai secara tidak sengaja. Pastikan Anda menggunakan fitur ini saat bayi Anda masih kecil.

Cobalah untuk menghindari bayi Anda mengunyah earmould, kalau-kalau ia tidak sengaja tertelan. Jangan ragu untuk mendiskusikan pertanyaan atau masalah apa pun yang Anda miliki dengan audiolog kami. Mereka akan dengan senang hati membantu Anda.