Tips Untuk Guru yang Mengajar Anak dengan Gangguan Pendengaran

Tips Untuk Guru yang Mengajar Anak dengan Gangguan Pendengaran

Sebagai seorang guru, kita harus tahu cara mengajar yang tepat untuk membantu anak dengan gangguan pendengaran dalam belajar. Namun, terkadang tak semua anak memiliki kemampuan memahami yang sama. Sebagian anak memiliki gangguan yang bisa menghambat proses pembelajaran, misalnya gangguan pendengaran. Jadi sebagai seorang guru, kita harus tahu cara yang tepat untuk membuat para murid yang memiliki gangguan pendengaran bisa mendengar dan memahami dengan baik.

Apa saja hal yang bisa dilakukan guru untuk membuat siswa dengan gangguan pendengaran bisa mendengar dengan lebih baik? Simak tips-tips di bawah ini:

  • Menyediakan tempat duduk khusus

Kita bisa meminta anak dengan gangguan pendengaran untuk duduk di tempat yang jauh dari kebisingan. Biarkan mereka duduk di tempat dengan akses visual yang baik sehingga mereka dapat memahami materi dengan baik, dan nantinya gangguan pendengaran tidak akan mengganggu atau menghambat proses belajar.

  • Meningkatkan kualitas akustik di dalam kelas

Guru harus menciptakan suasana yang pas untuk siswa dengan gangguan pendengaran. Seperti mengurangi suara latar gema, mengurangi suara bising seperti seretan kursi di dalam kelas, dan menggunakan tirai tebal untuk mengurangi suara dari luar.

  • Memberikan catatan sebelum belajar

Sebelum belajar dimulai, kita bisa memberikan catatan tentang materi pelajaran terhadap siswa dengan gangguan pendengaran. Dengan begitu, nantinya siswa akan familiar dengan materi yang akan dipelajari dan akan lebih mengerti materi tersebut.

  • Menyediakan sistem amplifikasi FM pribadi atau VoiceLink

Personal FM dan sistem nirkabel lainnya dapat membantu siswa agar lebih fokus saat mendengarkan materi. Cara ini pun bisa membuat siswa terhindar dari kebisingan yang seringkali menghambat proses belajar.

  • Melengkapi penjelasan verbal dengan penambahan visual

Menggunakan visual seperti grafik, gambar dan ilustrasi dapat membantu dalam memperkuat informasi pendengaran. Jadi mulailah gunakan grafik, gambar dan ilustrasi agar siswa penderita gangguan pada pendengaran bisa lebih mengerti saat belajar.

  • Mendapatkan perhatian anak sebelum berbicara

Memanggil nama anak dan juga melakukan kontak mata dengan anak sebelum mulai berbicara.

  • Berdiri di dekat anak

Hal lain yang bisa dilakukan adalah berdiri di dekat anak tersebut. Hal ini akan membuat anak lebih fokus juga tidak akan terganggu oleh gerakan-gerakan lain yang biasanya membuat anak tidak fokus saat belajar.

  • Berbicara dengan nada yang jelas dan terdengar

Berbicara pelan-pelan dan menggunakan kata-kata sederhana bisa membuat anak lebih mengerti dan cepat memahami materi pelajaran. Menggunakan isyarat pun akan lebih membantu.

  • Berikan petunjuk yang jelas dan tidak ambigu

Gunakan kalimat sederhana dan membuat semua instruksi yang jelas dan ringkas.

  • Memeriksa pemahaman

Pastikan bahwa anak mengerti dengan apa yang dikatakan. Perhatikan ekspresi wajahnya, dan minta anak untuk mengulang kata-kata atau instruksi yang telah diberikan.

  • Berikan Waktu Untuk Menjawab

Bersabarlah.

Untuk mempelajari strategi komunikasi yang lebih baik bagi anak dengan gangguan pendengaran, pertimbangkan untuk melakukan konsultasi dengan seorang profesional yang menangani gangguan pendengaran. Dengan begitu, kita akan tahu strategi yang tepat untuk mengajar anak yang memiliki gangguan pendengaran.