Cara Membersihkan Telinga Balita Anda

Cara Membersihkan Telinga Balita Anda

Cara membersihkan telinga balita – Salah satu masalah telinga terbesar yang saya dengar dari orang tua adalah tentang adanya kotoran di telinga anak mereka dan cara membersihkan telinga. Walaupun kotoran telinga tidak enak dilihat, tidak berbahaya dan baik untuk telinga Anda. Semua orang tahu bahwa telinga bertanggung jawab untuk memungkinkan kita mendengar. Tetapi apakah Anda juga tahu bahwa bagian terdalam telinga Anda bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan? Telinga memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh kita, jadi penting untuk merawatnya.

Anatomi Telinga Kita

Sebelum kita mempelajari cara merawat dan membersihkan telinga balita dan anak Anda dengan baik, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana telinga itu dibangun. Telinga dibagi menjadi tiga bagian utama:

  1. Telinga luar, yang merupakan bagian luar berdaging yang terbuat dari tulang rawan (juga disebut pinna) yang bisa kita lihat. Ini termasuk saluran bagian dalam yang mengarah ke gendang telinga dan bertanggung jawab untuk mengarahkan suara ke telinga tengah. Ketika orang berbicara tentang membersihkan telinga, mereka mengacu pada pinna serta saluran telinga.
  2. Telinga tengah, yang terdiri dari gendang telinga yang menciptakan getaran, yang akan ditransmisikan menjadi suara.
  3. Telinga bagian dalam, yang bertanggung jawab untuk mengubah getaran dari telinga tengah menjadi impuls saraf yang dikirim ke otak dan memungkinkan kita untuk mendengar suara. Kemudian, telinga bagian dalam juga mengatur keseimbangan kita.

Kotoran Telinga Membantu

Kotoran telinga, juga dikenal sebagai cerumen, diproduksi di saluran telinga. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ini cukup membantu. Kotoran telinga mengandung enzim yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur di telinga. Ini menciptakan penghalang untuk melindungi saluran telinga dari air. Kotoran telinga juga menjebak partikel debu dan kotoran yang masuk ke telinga. Biasanya kotoran telinga mengatur dirinya sendiri dengan bermigrasi dari bagian dalam saluran telinga keluar sendiri. Kotoran telinga hanya perlu dikeluarkan dari telinga karena dua alasan:

  1. Ketika seorang dokter perlu memindahkan kotoran telinga keluar dari jalan untuk melihat gendang telinga
  2. Ketika itu sangat padat dan mengganggu pendengaran

Jangan memasukkan apapun ke dalam saluran telinga anak Anda (ini termasuk kapas). Benda-benda lunak bahkan seperti rawa-rawa kapas dapat menusuk gendang telinga. Anda juga bisa mendorong kotoran telinga lebih jauh ke arah gendang telinga, menyebabkannya menggumpal dan menghalangi pendengaran.

Membersihkan Telinga Anak Anda

Berikut adalah tips bermanfaat untuk digunakan ketika tiba saatnya membersihkan telinga anak Anda di rumah.

  • Gunakan kain atau tisu untuk menyeka kotoran telinga yang telah bermigrasi keluar dari saluran telinga.
  • Untuk mengeringkan telinga setelah terkena air atau mandi, instruksikan anak Anda memiringkan telinga mereka ke satu sisi dengan handuk, dan kemudian memiringkan kepala mereka ke sisi lain, membiarkan air menetes sendiri.
  • Sayangnya anak-anak terkadang memasukkan benda-benda kecil di saluran telinga mereka seperti manik-manik, kacang, mainan kecil atau bahkan bermain adonan. Jangan sekali-kali memasukkan apapun di saluran telinga anak Anda untuk mengeluarkan benda asing. Pengangkatan hanya boleh dilakukan oleh seorang profesional dengan peralatan yang tepat seperti dokter anak atau spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) anak. Adalah baik untuk memiliki percakapan dengan anak tentang tidak pernah meletakkan apa pun di telinga mereka.
  • Ingatkan anak Anda yang sudah besar untuk membersihkan bagian belakang telinga mereka dengan sabun dan air hangat untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang dapat menyebabkan jerawat kembali ke sana.
  • Jika Anda berpikir bahwa terlalu banyak kotoran telinga menyebabkan anak Anda mengalami kesulitan mendengar, diskusikan hal ini dengan dokter anak atau THT anak. Ada produk bebas yang tersedia untuk melarutkan kotoran telinga. Tetapi yang terbaik adalah mendiskusikan apa yang terbaik dengan dokter anak Anda.
  • Jangan menggunakan cotton bud di telinga Anda sendiri, terutama di depan anak Anda. Anak-anak suka meniru apa yang orang tua (dan orang dewasa lainnya) lakukan dan Anda tentu tidak ingin mengajar anak Anda bahwa tidak apa-apa untuk memasukkan apapun di telinga mereka atau telinga saudaranya.

Jaga Kebersihan Telinga

Ada pepatah lama yang berbunyi, “Jangan pernah menaruh sesuatu yang lebih kecil dari siku Anda di dalam telinga atau anak Anda”. Jelas ini adalah tindakan yang mustahil, tetapi perkataan itu masuk akal karena Anda tidak ingin menyebabkan kotoran telinga menumpuk atau rusak di telinga anak Anda. Jika Anda mengetahui orang tua yang menggunakan kapas sebagai bagian dari kebersihan telinga mereka untuk keluarga mereka, beritahu tentang informasi ini. Mari kita menjaga telinga tetap bersih dan sehat.