4 Tips Sukses Guru Membantu Siswa Tunarungu

Saya adalah satu – satunya siswa tunarungu yang dia miliki dan dia selalu memastikan untuk menanyakan seberapa baik dan pahamnya saya memahami video tanpa teks ketika di kelas. Dia juga mengizinkan saya untuk menyuarakan pendapat saya tentang bagaimana perlakuan terhadap tunarungu di masyarakat modern. Selain itu kelasnya sangat bagus dan luar biasa sehingga saya akan sangat kesulitan untuk mendapatkan kelas bahas Inggris lain yang terbuka dan memungkinkan untuk berdiskusi.

2 Mei adalah thank a teacher day! Saya ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya pada guru bahasa Inggris saya kelas XI, karena sangat pengertian membantu dan benar – benar baik hati.

Meskipun saya kenal baru satu tahun tapi dia selalu mengerti akan apa yang saya butuhkan dan benar – benar membantu saya menyiapkan segala sesuatu dengan senang hati. Dia tidak pernah merasa membuang – buang waktunya apabila membantu saya.

Jadi, untuk dia saya katakan “terimakasih!” Kepada semua guru yang bekerja keras di luar sana, dan berikut adalah beberapa tips tentang cara membantu siswa tunarungu di kelas Anda.

 

4 Tips Sukses Untuk Guru Membantu Siswa Tunarungu
Diskusi kelas

Jika memungkinkan cara terbaik untuk menggunakan diskusi kelas yaitu semua murid diharuskan membuat lingkaran sehingga kita duduk bersama di dalam lingkaran. Ini membuat saya dapat melihat gerak bibir dan memahami gerakan bibir setiap teman kelas yang berbicara.

Meskipun sudah melakukan hal itu namun adakalanya sulit bagi saya untuk mengikuti diskusi pembahasan. Saya meminta Anda memahami hal ini, murid seperti saya bukannya tidak mau berbicara dalam diskusi namun kami lebih sering tidak dapat mengikuti diskusi yang telah berlangsung.

Kuliah

Akan sangat membantu jika Anda berdiri di depan saat perkuliahan sedang berlangsung, karena dengan begitu kami para tunarungu dapat tetap melihat gerak bibir Anda, jadi dimohon untuk tidak berdiri di belakang dengan terus menerangkan materi. Dengan berdiri di belakang dan terus berbicara maka tunarungu tidak dapat mengikuti pelajaran yang telah diberikan karena kami tidak dapat melihat Anda.

Film dan video

Gunakan caption! Saya sangat bersyukur kepada mereka para guru yang memiliki caption untuk semua video bahkan saat saya tidak mengingat mereka. Ini sangat membantu sekali karena dengan adanya caption di dalam film atau video saya dapat membaca maksud dari percakapan tersebut dan dapat memahami isi dari itu semua. Sehingga saya terus bisa mengikuti pembelajaran dengan baik.

Namun ini juga belum tentu berhasil dilakukan karena bisa jadi saya kurang mengerti akan isi dari film atau video yang diberikan. Dalam situasi seperti ini cara terbaik yang harus dilakukan adalah memberikan kesempatan pada saya untuk melakukan diskusi dengan siswa lain untuk mendapatkan catatan.

Komunikasi

Sementara diskusi seperti ini biasanya merupakan tugas siswa untuk memulainya dengan beberapa dorongan yang diberikan oleh guru. Apabila seorang siswa tunarungu tidak tertarik pada kelas atau tidak bekerja dengan baik di kelompok maka tanyakanlah penyebabnya. Sehingga Anda sebagai seorang guru dapat membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh siswa tersebut.

Beberapa masalah yang akan dialami seorang siswa tunarungu adalah tertinggal, tertinggal tidak mencatat, tidak berbicara selama diskusi di kelas, tidak mengajukan pertanyaan saat proses belajar. Terimakasih guru! Kerja keras Anda sangat dihargai dan Anda berpengaruh dalam banyak kehidupan siswa.