Mendekorasi Alat Bantu Dengar Anak Agar Terlihat Menarik

Salah satu terobosan terkini dari alat bantu dengar adalah permainan warna yang terdiri dari warna utama yang cerah, warna pastel yang lembut, warna metalik, serta warna-warna dari pola binatang. Alat bantu dengar saat ini telah tersedia dengan berbagai pilihan warna dan desain. Sehingga alat bantu dengar ini pun cocok untuk dipakai anak-anak. Selain itu, tersedia juga warna abu-abu tua, coklat, dan lain-lain. Jika anak Anda menginginkan alat bantu dengarnya lebih berwarna, mintalah kepada audiologis untuk mendesain alat bantu dengar milik anak Anda dengan model-model yang tersedia. Jika anak Anda tidak tidak menyukai desain atau warna yang tersedia, Anda bisa mendekorasi alat bantu dengar anak Anda sendiri di rumah.

 

Informasi Penting Yang Harus Diketahui Sebelum Mendekorasi

Beberapa orangtua mendekorasi alat bantu dengar milik anaknya dengan stiker-stiker lucu dan menarik, atau dengan hiasan nail art. Mereka berusaha untuk membuat tampilan alat bantu dengar milik anaknya agar terlihat lebih menarik. Namun perlu kita tahu ada hal-hal yang harus dilakukan sebelum mulai mendekorasi alat bantu dengar anak.

Alat bantu dengar akan digunakan untuk jangka waktu yang lama. Jika alat bantu dengar rusak, maka alat bantu dengar tidak akan mampu bekerja dengan baik. Sehingga diperlukan perbaikan agar alat bantu dengar bisa kembali berfungsi dengan baik.  Berikut ini adalah cara-cara untuk merawat alat bantu dengar agar selalu berfungsi dengan baik.

Rawat bagian casing dari alat bantu dengar. Pastikan bagian ini sudah bebas dari debu. Di bagian casing ini, ada beberapa komponen yang harus dibersihkan, salah satu bagian yang terpenting adalah mikrofon.
Jangan menempelkan benda apapun pada casing atau permukaan alat bantu dengar. Jadi penggunaan nail art sangat tidak dianjurkan. Jangan pula menggunakan cat atau pewarna lain yang bisa ditempelkan pada alat bantu dengar.

Periksakan alat bantu dengar ke audiologis yang professional secara teratur. Dengan demikian, kita juga bisa langsung berkonsultasi mengenai rencana dekorasi yang akan dilakukan pada alat bantu dengar milik anak kita.

Earmould

Merupakan bentuk cetakan telinga yang disambungkan ke alat bantu dengar. Earmould ini biasanya merupakan bagian yang dapat di dekorasi. Dengan menggunakan Earmould ini, anak-anak akan merasa terkesan dan akan merasa lebih nyaman saat menggunakan alat bantu dengarnya.

Tampilan Earmold pada umumnya adalah berwarna transparan. Jadi semua variasi bentuknya dibuat transparan atau bening. Ada banyak warna yang bisa dipakai. Selain itu, ada berbagai efek lucu atau gambar di permukaannya yang dapat digunakan sebagai hiasan, earmold juga dapat dipercantik dan dipermanis dengan aksesoris gambar kartun favorit anak-anak.

 

Warna dan Hiasan Pada Permukaan Alat Bantu Dengar

Ada banyak jenis casing yang bisa kita pakai untuk menghias casing pada alat bantu dengar anak Anda. Beberapa diantaranya menawarkan berbagai jenis warna. Penggunaannya pun bisa di bongkar pasang sehingga lebih mudah dibersihkan. Selain itu, kita bisa mencari referensi hiasan alat bantu dengar dengan mudah lewat internet.