Mengoptimalkan Implan Koklea Pada Anak

Mengoptimalkan Implan Koklea Pada Anak

Sebagai orang tua, pasti Anda mendambakan buah hati bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Meskipun begitu tak menutup kemungkinan seorang anak akan mengalami berbagai masalah pada panca inderanya. Salah satunya termasuk gangguan pendengaran. Salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah gangguan pendengaran pada anak yaitu dengan menggunakan implan koklea.

Mengoptimalkan Implan Koklea Pada Anak

Mengenal Implan Koklea

Implan koklea merupakan salah satu solusi terbaik yang tersedia saat ini untuk mengatasi masalah gangguan pendengaran pada anak. Implan koklea merupakan perangkat berukuran kecil yang dipasang pada telinga bagian dalam anak. Perangkat ini dilengkapi elektroda yang bertugas untuk menggantikan fungsi sel rambut yang ada didalam koklea. Alat ini nantinya akan meningkatkan pendengaran anak secara signifikan.

Perangkat ini tergolong aman untuk anak karena mampu menghasilkan impuls listrik tanpa melewati bagian telinga yang rusak. Berbeda dengan alat bantu dengar lain yang biasanya hanya memperbesar kenyaringan suara yang ditangkap dari sekelilingnya.

Cara kerja implan koklea diawali dengan penangkapan suara sekitar oleh mikrofon kemudian suara tersebut dikirimkan ke prosesor. Suara yang diterima akan diubah menjadi impuls listrik agar bisa melewati elektroda dan menjadi stimulator. Impuls listrik yang diterima akan dikumpulkan oleh elektroda sehingga dapat merangsang sel saraf pendengaran dari koklea. Selanjutnya impuls dari koklea akan dikirimkan ke bagian otak untuk diinterpretasi.

Cara Agar Implan Koklea Berfungsi Optimal

Penggunaan implan koklea diharapkan mampu membantu memperbaiki sistem pendengaran anak. Agar hasilnya semakin optimal, dibutuhkan dukungan dari orang tua untuk terus berperan aktif dalam merangsang saraf pendengaran anak. Berikut ini akan dijelaskan cara agar implan koklea berfungsi optimal yang perlu Anda ketahui.

Mengoptimalkan Implan Koklea Pada AnakBerbicaralah seperti berbicara dengan orang normal

Ajaklah anak untuk berbicara seperti Anda berbicara dengan orang dengan pendengaran normal. Meskipun anak masih sulit untuk mengerti perkataan Anda, secara perlahan mereka akan mulai mengenali serta mendeteksi bunyi yang mereka terima dari sekelilingnya. Ekspresi wajah serta bahasa tubuh juga akan berperan penting dalam merangsang pendengaran anak.

Pemakaian alat bantu secara konsisten

Pemakaian implan koklea terkadang akan membuat mereka terlihat berbeda dibanding anak normal. Tetapi cara ini justru lebih baik untuk merangsang kemampuan pendengaran mereka. Anak-anak yang memakai implan akan tetap terus bisa belajar berbicara melalui suara yang didengarnya serta lewat permainan yang mereka lakukan dengan orang-orang di sekitarnya. Jika pemakaian alat ini dilakukan secara tidak konsisten bisa berdampak pada keterlambatan proses pendengaran anak. Hal ini disebabkan karena otak harus menyesuaikan dan mengidentifikasi kembali jenis bunyi apa yang didengar.

Ekspektasi orang tua sangat berperan penting

Untuk mendukung keberhasilan pemakaian implan, sebagai orang tua Anda harus yakin bahwa cara ini akan membawa kemajuan secara stabil dan cepat terhadap terapi pendengaran anak. Berilah dukungan secara efektif agar anak merasa diberikan dukungan penuh.

Belajar bahasa

Pemakaian implan akan membantu orang lain memahami percakapan yang dilakukan oleh anak. Prosesor suara yang telah diprogram sesuai kebutuhan pendengaran anak serta dukungan rehabilitasi dari lingkungan sekitar akan membantu meningkatkan kemampuan anak dalam menggunakan bahasa dengan baik.

Agar implan koklea dapat berfungsi secara optimal dan membantu sistem pendengaran anak, sebaiknya para orang tua harus memberikan dukungan penuh kepada anak. Di usia pertumbuhannya, anak memang membutuhkan perhatian penuh dari orang tua. Oleh karena itu ketika anak mengalami gangguan pendengaran berikan perhatian lebih serta dukungan agar terapi yang dilakukan pada anak dapat memberikan hasil yang signifikan.