Traveling Bersama Anak Tunarungu

Traveling Bersama Anak Tunarungu

Membawa balita atau anak kecil bepergian menggunakan pesawat ke negara lain bisa menjadi pengalaman yang sangat menakutkan. Lebih menakutkan lagi jika Anda bepergian dengan anak tunarungu atau memiliki gangguan pendengaran. Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memastikan perjalanan berlangsung nyaman.

Tips Berpergian dengan Anak Tunarungu

Beberapa tips berikut akan sangat berguna saat bepergian dengan anak-anak tunarungu atau memiliki gangguan pendengaran:

Traveling Bersama Anak TunarunguBerikan anak informasi berulang kali

Berikan panduan dan informasi tentang apa saja yang akan Anda dan anak Anda lakukan disana tiap harinya. Karena terkadang dalam percakapan, mungkin saja anak tidak mendengarnya. Seperti kemana akan pergi dan hal-hal lain yang mungkin saja membuatnya bingung. Saat bepergian ke luar negeri, akan sangat baik jika Anda memberitahukan anak tentang kemana kalian akan pergi dan dengan apa kalian akan sampai kesana. Contohnya, jika Anda berencana berpergian dengan pesawat, akan sangat baik jika Anda mulai mengajaknya bicara tentang pesawat. Atau mungkin membaca beberapa buku bersama tentang apa yang terjadi pada saat penerbangan dan berlibur.

Informasikan kondisi anak Anda ke maskapai penerbangan

Jika Anda pergi menggunakan pesawat terbang, akan sangat baik jika Anda memberitahukan maskapai penerbangan bahwa Anda bepergian dengan anak yang memiliki gangguan pendengaran. Apalagi jika anak Anda menggunakan alat bantu pendengaran seperti implan koklea. Hal ini beretujuan agar mereka dapat memaklumi jika nantinya mereka mendengar suara dari prosesornya atau dari detector logam.

Traveling Bersama Anak TunarunguJika Anda menginap di sebuah resort, Anda juga bisa memberitahukan hal serupa sehingga nantinya mereka akan lebih berhati-hati dan menyadari bahwa pendengaran anak Anda tidak seperti anak lainnya.

Selalu periksa prosedur keamanan

Periksa pedoman implan koklea dari produsen perangkat anak Anda untuk mempersiapkan diri saat akan melalui bagian pemeriksaan pengamanan. Beberapa produsen menyarankan untuk tidak menempatkan prosesor atau mikrofon di mesin X-ray. Beberapa juga menyarankan untuk mengurus dokumen yang menjelaskan ke bagian keamanan apakah implan koklea itu dan mengapa implan tersebut tidak boleh diletakkan dalam bagasi Anda.

Beritahukan anak tentang adanya perbedaan bahasa

Jika Anda berpergian ke negara lain dimana penduduknya berbicara bahasa asing, jelaskan hal tersebut ke anak Anda. Perbedaan tersebut bisa saja membuat anak bingung saat mereka mendarat dan mendapati orang-orang di sekitarnya berbicara menggunakan bahasa asing. Anda dapat menjelaskan hal ini jika usia anak sudah cukup untuk memahami konsep adanya negara lain selain negara yang saat ini menjadi tempat tinggal kalian.

Traveling Bersama Anak TunarunguPaket peminjaman dan suku cadang

Hampir semua produsen implan koklea memberikan penawaran “paket pinjaman” untuk liburan, cocok untuk penggunaan disaat alat yang biasa Anda pakai tiba-tiba berhenti bekerja. Penawaran ini tentu saja tidak gratis dan Anda perlu mengajukan permohonan jauh-jauh hari. Maka dari itu Anda harus mengingat hal tersebut jika Anda berencana meminjam. Jika Anda memiliki beberapa suku cadang, bawa semuanya, terutama baterai untuk antisipasi jika baterainya habis.

Gunakan implan koklea yang tahan air

Karena tentu saja, saat berlibur anak-anak pasti akan banyak melakukan aktifitas di air. Jika memungkinkan buatlah implan koklea anak Anda tahan air.