10 Hal Membanggakan Memiliki Anak Dengan Gangguan Pendengaran

Bagi anak dengan gangguan pendengaran, implan koklea atau alat bantu dengar dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk membantu anak mendengar dengan lebih baik. Metode implan merupakan alternatif yang banyak dipilih ketika alat bantu dengar kurang/ tidak memberikan hasil yang sesuai dengan harapan. Sebagai orangtua kita diharuskan untuk bersabar dan terus berusaha untuk merawat anak yang memiliki gangguan pendengaran. Di balik itu semua, ternyata ada hal yang membanggakan bagi orangtua ketika memiliki anak dengan gangguan pendengaran. Apa saja hal tersebut? Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya :
Memiliki Kemampuan yang Unik
Buah hati Anda membuat anak-anak lain iri karena mereka tidak memiliki suatu benda yang dapat menempel secara otomatis di kepalanya jika anak menggunakan implan koklea. Anak-anak lain juga akan iri melihat anak Anda menggunakan alat bantu dengar, apalagi jika alat bantu dengar tersebut dihiasi dengan berbagai aksesoris yang menarik.
Dapat Melakukan Pekerjaan Rumah Kapan Saja
Dengan memiliki anak yang mengalami gangguan pendengaran, orangtua tidak perlu merasa khawatir untuk melakukan pekerjaan rumah ketika si kecil sedang tidur. Bagi orang tua dengan anak yang normal pasti pernah secara tidak sengaja membangunkan anaknya saat sedang sibuk melakukan pekerjaan rumah, karena anak-anak mereka dapat mendengar dengan normal.
Anda Memiliki Bahasa Pribadi Dengan Anak
Memiliki anak dengan gangguan pendengaran memungkinkan Anda untuk menentukan bahasa isyarat atau istilah-istilah khusus yang hanya diketahui oleh Anda dan anak Anda.
Dia Mampu Membaca Gerakan Bibir
Jika dalam kondisi bising, anak dengan pendengaran normal terkadang sulit memahami sebuah percakapan apalagi dalam jarak yang cukup jauh, sementara jika anak Anda menggunakan implan koklea atau alat bantu dengar, ia mungkin akan kesulitan mendengar apa yang Anda bicarakan tetapi ia mampu membaca apa yang Anda katakan dengan membaca gerakan bibir Anda.
Setiap Pengguna Implan Koklea Atau Alat Bantu Dengar Akan Otomatis Menjadi Teman
Sebagai orangtua dengan anak gangguan pendengaran Anda tentu akan bergabung dengan komunitas-komunitas orang tua yang memiliki anak dengan gangguan pendengaran dan menggunakan implan koklea atau alat bantu dengar. Hal ini secara otomatis menambah teman baru bagi Anda dan juga anak-anak Anda.
Anda Memiliki Alasan Untuk Selalu Tersenyum Setiap Hari
Ketika Anda mendengar anak mengucapkan kata “Ibu” atau “Mama” pada pagi hari, hal kecil seperti ini akan menjadi kata terindah yang akan Anda dengar setiap hari.
Anak Dapat Menonaktifkan Pendengaran Kapanpun Dia Menginginkannya
Implan koklea dan alat bantu dengar memungkinkan anak untuk mengaktifkan maupun menonaktifkan pendengarannya. Misalnya saat anak ingin tidur tetapi suasana di sekitarnya sangat bising, maka ia cukup menonaktifkan implan kokleanya atau melepas alat bantu dengarnya dan ia akan tidur dengan nyenyak tanpa terganggu suara bising yang mengganggu.
Ada Pernyataan Konyol yang Sering Muncul
Anda akan cukup sering mendapatkan pernyataan aneh seperti berikut : “wah hebat sekali anakmu dapat menerima telepon tanpa meletakan telepon genggamnya ke telinga!”. Hal ini akan sangat sering Anda dengar jika anak Anda menggunakan alat bantu dengar atau implan koklea yang dilengkapi dengan fitur bluetooth.
Anda Dapat Mentertawakan Beberapa Hal yang Keluar Dari Mulut Anda Sendiri
Seiring berjalannya waktu Anda akan menganggap implan koklea atau alat bantu dengar anak Anda sebagai ‘telinga’ yang dapat dilepas-pasang. Terkadang secara tidak sadar Anda akan mengatakan sebagai berikut : “Jangan hadapkan ‘telingamu’ ke luar jendela!” “Nak, ‘telingamu’ ada di atas kulkas.” “Tolong ambilkan kayu panjang, ‘telinga’mu jatuh di belakang tempat tidur.” Hal-hal seperti ini terkadang terdengar konyol dan lucu.
Anak Anda yang Tuna Rungu Dapat Mendengar
Semua akan Anda lalui dengan proses yang tidak mudah, namun si kecil sudah berjuang sejauh ini. Demikian pula dengan Anda. Sejak awal si kecil di diagnosa memiliki gangguan pendengaran hingga saat ini, anak Anda sudah bekerja keras, mengatasi permasalahannya, menunjukkan kemampuannya dan menginspirasi orang lain. Ya, si kecil tuna rungu tersebut telah menjadi anak spesial yang luar biasa yang Anda miliki.
image : hearinglikeme