Efektifkah Anak Menggunakan Alat Bantu Dengar?

Efektifkah Anak Menggunakan Alat Bantu Dengar?

Bagi para orangtua, proses skrining pendengaran, menjalani tes pendengaran, membuat janji dengan spesialis, dan berdiskusi tentang amplifikasi alat bantu pendengaran merupakan rangkaian perjalanan yang cukup membuat stress. Semua orang tentu sudah menantikan untuk mendapatkan alat bantu dengar yang pas. Tidak peduli berapa usia anak atau seberapa parah ketidakmampuan anak dalam mendengar, semua keluarga pasti bertanya-tanya seperti “seberapa baik anak dapat mendengar?” “Bagaimana audiolog mengetahui alat bantu pendengaran tersebut sudah cocok?” Untuk itu, ulasan kali akan menjelaskan langkah-langkah yang dapat membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Memilih Alat Bantu Dengar yang Tepat

Di Google, kata kunci untuk ‘hearing aid manufacturers’ atau produsen alat bantu dengar memberikan lebih dari 3 juta hasil. Lalu bagaimana audiolog memulai upaya untuk memilih alat bantu pendengaran terbaik. Berikut ini adalah langkahnya:

  • Audiolog pertama-tama mencari informasi sebanyak mungkin tentang pendengaran anak dan karakteristik fisik dari telinga anak seperti bentuk, ukuran, dll. Hal ini dilakukan berdasarkan hasil tes pendengaran dan pengukuran probe mica atau probe tube yang mengukur bagaimana telinga setiap individu memproses suara ke dalam.
  • Kedua, mereka akan mempertimbangkan sirkuit, fitur, dan aksesoris yang diinginkan oleh pasien. Misalnya untuk mikrofon, apakah fitur tersebut perlu dilengkapi dengan kontrol volume. Selain itu, harga juga menjadi pertimbangan yang penting, tetapi  memiliki alat bantu pendengaran yang cukup bising tentu bukan pilihan yang baik.
  • Ketiga, audiolog akan menghitung seberapa volume yang akan dibutuhkan di setiap frekuensi. Seberapa tingkat suara maksimal yang diijinkan agar alat tersebut tidak menimbulkan suara yang terlalu keras dan semakin memperparah pendengaran anak. Target ini dilakukan dengan bantuan software bernama DSL (Desired Sensation Level).

Memastikan Bahwa Alat Bantu Dengar Memberikan Amplifikasi yang Sesuai

Saat anak pertama kali anak menggunakan alat bantu dengar, audilog akan melakukan verifikasi performa alat bantu pendengaran tersebut dan memastikan bahwa alat tersebut memiliki pengaturan yang sesuai dan bekerja sebagaimana fungsinya.

Verifikasi dengan program DSL memberikan hasil dalam SPLogram. Jadi DSL akan mengkonversikan informasi pendengaran anak ke dB SPL. Frekuensi dibaca dari kiri ke kanan . Selanjutnya program DSL akan menghitung target untuk berbagai suara atau seberapa banyak Anda menginginkan alat bantu pendengaran tersebut meningkatkan kemampuan anak dalam mendeteksi suara di setiap frekuensi. SPLogram akan menunjukkan apa yang sebenarnya terjadi dan memastikan suara yang terdengar tidak terlalu keras.

Mengkonfirmasi Bahwa Alat Bantu Dengar Benar-benar Membantu Anak Sesuai Harapan

Melakukan validasi pemakaian alat bantu pendengaran berarti memastikan bahwa pendengaran dan bahasa pendengaran dengan alat bantu dengar sudah sesuai dengan yang diharapkan. Anak harus mampu mendengar percakapan dengan alat tersebut. Pada kasus kehilangan pendengaran yang parah, biasanya hampir tidak mungkin alat bantu pendengaran tersebut mencapai target DSL.