Efek Dari Suara Bising Untuk Pendengaran Anak

Efek Dari Suara Bising Untuk Pendengaran Anak

Kebisingan merupakan salah satu ancaman terbesar untuk pendengaran anak Anda. Tidak seperti penyebab gangguan pendengaran lainnya, untungnya pencegahan kerusakan gangguan suara karena kebisingan masih dalam jangkauan kita.

Suara bising mengganggu pendengaran kita karena sistem pendengaran bekerja dengan vibrasi sel-sel rambut halus di bagian dalam telinga. Vibrasi tersebut menghasilkan sinyal saraf yang ditangkap otak kita sebagai suara. Paparan suara bising yang berlebihan bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel rambut halus tersebut dan mengakibatkan gangguan pendengaran sensorineural serta tinnitus (telinga berdenging). Sel-sel rambut yang paling cepat bergetar yang memungkinkan kita mendengar suara dengan frekuensi tinggi seperti kicauan burung atau suara anak kecil merupakan sel rambut yang lebih cepat rusak dan mati.

Suara bising di sekitar kita dapat menjadi ancaman besar terutama untuk pendengaran anak, tergantung pada seberapa dekat dan seberapa lama si anak terpapar suara bising tersebut. Suara sirene, kereta api, pesawat, TV, pemutar musik, sistem stereo, alat-alat listrik, alat pemotong rumput, pengering rambut, blender, serta beberapa mainan bersuara keras adalah contoh sumber kebisingan yang dapat kita kontrol untuk melindungi pendengaran anak Anda.

Mudahnya, jika Anda harus berteriak maka kebisingan di sekitar Anda sudah terlalu keras dan kebisingan tersebut berisiko merusak. Dengungan dalam telinga setelah paparan suara bising juga merupakan gejala tingkat suara yang berlebihan

Lindungi Pendengaran Anak Anda

Cara terbaik untuk melindungi pendengaran anak Anda dari suara bising adalah mengajarkan betapa berharganya pendengaran mereka. Ajari anak mengerti bagaimana suara-suara bising bisa merusak kemampuan mendengar. Tanamkan kebiasaan menggunakan penutup atau pelindung telinga saat dibutuhkan. Ajarkan mereka untuk segera menutup telinga mereka saat terpapar suara bising dan tidak ada pelindung telinga yang bisa digunakan. Juga sangat penting untuk mengajarkan anak Anda saat mendengarkan musik menggunakan headphones untuk mengurangi volume suara serta batasi penggunaan mereka.

Hal yang paling penting adalah jadikan diri Anda contoh bagi anak Anda. Tunjukkan pada anak Anda bagaimana Anda sangat menghargai pendengaran Anda. Gunakan pelindung telinga saat Anda menggunakan pemotong rumput atau alat-alat bersuara bising lainnya. Tanamkan anak Anda untuk melakukan hal yang sama saat mereka bermain di dekat Anda.