Mengikuti Perkembangan Teknologi: Anak Tunarungu

Mengikuti Perkembangan Teknologi: Anak Tunarungu

Saat ini perkembangan teknologi sangat pesat, komunikasi secara online menjadi lebih dominan daripada berkomunikasi secara langsung. Ternyata ada keuntungannya juga, terutama bagi anak-anak dengan gangguan pendengaran.

Memanfaatkan Perkembangan Teknologi

Ada banyak cara untuk bisa berkomunikasi secara online dengan mereka. Berikut adalah cara-caranya :

Email

Saat ini, cukup banyak orang yang menggunakan komunikasi online yang satu ini. Kita bisa menggunakan komputer, laptop, tablet atau smartphone untuk melakukan komunikasi melalui Email ini. Keberadaan email sangat bermanfaat terutama ketika Anda ingin mengirim dokumen atau informasi dengan yang lainnya. Anda bisa menggunakan pesan yang panjang atau pesan yang harus disimpan dan di ulangi pengirimannya.

Jejaring Sosial

Di beberapa tahun terakhir, kita telah mengenal beberapa situs media sosial seperti Facebook dan Twitter. Bahkan ada beberapa desain spesial untuk anak-anak Anda, seperti Club Penguin dan Moshi Monster.

Media sosial bahkan sudah menjadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari terutama bagi banyak orang yang tergabung dalam kelompok tertentu. Media sosial ini bisa menjadi sebuah cara yang luar biasa untuk orang-orang yang ingin selalu up to date dengan semua orang di seluruh dunia.

Banyak sekolah yang sekarang juga memberikan informasi tentang bagaimana menggunakan media sosial secara bertanggung jawab dan bijaksana. Bahkan ada banyak organisasi yang menawarkan dukungan praktek bagi orangtua dan keluarga.

Beberapa media sosial dan layanan internet memiliki fasilitas chatting secara langsung, sehingga akan membuat anak Anda bisa bercakap-cakap secara langsung dengan orang lain.

Forum

Jika anak Anda memiliki kegemaran khusus dan menarik, akan lebih baik jika mereka mengikuti forum di internet. Berkomunikasi melalui forum berarti berbagi pemikiran dan pendapat Anda dengan orang-orang yang mungkin belum dikenal, sehingga mereka akan merasa diperhatikan. Bagaimanapun juga, sepanjang bukan informasi yang bersifat pribadi, Anda bisa memberikannya atau membagikannya. Anak-anak dididik untuk menggunakannya, forum akan menjadi cara yang bermanfaat untuk berinteraksi dengan orang lain.

Berkomunikasi Menggunakan Video Online

Kemajuan terkini dalam bidang komunikasi online adalah teknologi video online yang mengandalkan jaringan internet. Di mana alat ini sangat berharga sekali bagi orang-orang yang mengalami gangguan pendengaran. Alat komunikasi video online ini akan membuat mereka menggunakan video dalam berkomunikasi. Mereka bisa menggunakan bahasa bibir atau menggunakan bahasa isyarat. Sehingga banyak orang yang menggunakan video online ini untuk mengungkapkan apa isi hatinya dan untuk berkomunikasi dengan orang-orang secara lebih luas.

Untuk berkomunikasi dengan video online ini, anak Anda membutuhkan aplikasi webcam  di komputer, sebuah komputer atau laptop yang dilengkapi dengan aplikasi kamera, atau tablet atau smartphone dengan kamera depan belakang. Ada banyak program dan fasilitas video yang tersedia secara gratis. Beberapa jenis video online tersebut adalah Skype, Facetime, YouTube, dan situs-situs media sosial yang lainnya.

Aplikasi

Jika Anda memiliki sebuah smartphone atau tablet, Anda memiliki kesempatan untuk mengakses aplikasi dengan daya jangkau yang lebih luas, sehingga akan membuat Anda dan anak Anda bisa melakukan banyak hal yang lebih bervariasi. Anda bisa menikmati permainan game yang bervariasi dan juga hiburan lain sekaligus mempelajari bahasa yang ada.