Mencegah Cedera Telinga Pada Anak

Mencegah Cedera Telinga Pada Anak

Cara Mencegah Cedera Telinga Pada Anak

Anda tidak dapat melindungi anak-anak agar tidak terluka sepanjang waktu, tumbuh kembang anak tidak luput dari kecelakaan dan cedera. Tetapi Anda dapat mencegah cedera telinga pada anak dengan mendorong anak-anak untuk:

  • Jangan pernah memasukkan apa pun di telinga mereka, bahkan penyeka kapas atau jari. Mandi secara teratur cukup untuk menjaga kotoran telinga pada tingkat normal. Jika anak Anda mengeluh ketidaknyamanan telinga dan Anda melihat kotoran telinga, tidak apa-apa untuk menyeka bagian luar telinga dengan waslap. Jika kotoran telinga mengganggu pendengaran atau menyebabkan rasa sakit atau tidak nyaman, bicarakan dengan dokter.
  • Hindari kebisingan yang tidak nyaman dan berpotensi merusak. Jika Anda atau anak-anak Anda harus berteriak agar terdengar dari jarak 3 kaki, itu terlalu keras.
  • Kecilkan volume ketika mendengarkan musik, terutama saat mengenakan headphone atau mengendarai mobil. Cari juga media portabel atau pemutar musik dengan “pembatas volume” (mungkin disertakan dengan perangkat atau dapat dibeli secara terpisah).
  • Kenakan pelindung telinga saat nonton konser, terutama ketika duduk di dekat panggung atau pengeras suara (mereka masih bisa mendengar dengan penyumbat telinga – itu tidak akan memekakkan telinga), memotong rumput atau menggunakan mesin (seperti di toko logam atau kayu di sekolah), atau memainkan alat musik keras (seperti drum).
  • Selalu memakai helm yang pas setiap kali mereka mengendarai sepeda atau skuter, skateboard, atau inline skate.
  • Gunakan peralatan pelindung yang tepat setiap kali mereka berlatih atau bermain olahraga, seperti helm untuk baseball, softball, hoki, dan sepak bola; tutup kepala atau pelindung telinga untuk gulat, rugby, dan tinju.

Mencari Perawatan

Berapa lama masalah pendengaran atau keseimbangan bertahan dan bagaimana cara penanganannya akan tergantung pada bagian mana dari telinga yang terluka, apa yang menyebabkan cedera atau kerusakan, dan seberapa parah itu. Sementara cedera ringan biasanya menyebabkan masalah sementara, cedera serius dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen atau masalah keseimbangan.

Terapi vestibular dapat membantu anak-anak dengan masalah keseimbangan. Dan beberapa dengan gangguan pendengaran yang signifikan mungkin memerlukan alat bantu dengar, sistem FM atau pelatih pendengaran (perangkat khusus yang menghalangi kebisingan latar belakang), atau implan koklea (perangkat yang ditanamkan secara operasi yang membantu mengatasi masalah di telinga bagian dalam, atau koklea). Mereka juga mungkin memerlukan terapi mendengar dengan audiolog (spesialis pendengaran).

Pastikan untuk menghubungi dokter jika anak Anda:

  • Memiliki semua jenis cedera telinga atau kepala, meskipun sedikit
  • Tanda-tanda masalah dengan keseimbangan atau pendengaran
  • Sakit telinga yang parah
  • Darah atau cairan mengalir dari telinga (tidak terlihat seperti kotoran telinga)

Jika ada kekhawatiran, dokter Anda dapat merujuk Anda ke spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) dan mungkin seorang ahli audiologi untuk mencari tahu langkah selanjutnya yang harus diambil untuk mengatasi hal tersebut.