Melatih Kemampuan Mendengar Anak

Melatih Kemampuan Mendengar Anak

Melatih kemampuan mendengar anak – Cukup banyak kasus dimana kemampuan mendengar anak yang mengalami gangguan pendengaran belum banyak mengalami perkembangan yang berarti. Padahal anak tersebut sudah menggunakan alat bantu dengar. Kebanyakan anak masih belum dapat memahami kata-kata yang diucapkan oleh orang lain. Tantangan ini juga bisa terjadi dengan anak-anak dengan pendengaran normal namun memiliki gangguan terkait konsentrasi seperti Attention-Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) atau Auditory Processing Disorder (APD).

Membantu Melatih Kemampuan Mendengar Anak

Jadi, bagaimana cara Anda membantu anak dengan gangguan pendengaran agar dapat mendengar dan memahami lebih baik? Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan :

Mulailah Sejak Dini

Apabila anak memiliki gangguan pendengaran dan telah menggunakan alat bantu dengar, maka tetap motivasi mereka untuk menggunakan alat bantu dengarnya secara konsisten sejak dini. Pemasangan implan koklea yang dilakukan pada anak juga dapat dilakukan sejak awal. Hal ini untuk menjamin kemampuan pendengaran anak yang lebih optimal.

Ciptakan Lingkungan yang Tenang

Jika anak memiliki kesulitan untuk fokus dalam percakapan, cobalah untuk mengurangi tingkat kebisingan di lingkungan sekitar. Buatlah lingkungan cukup tenang agar anak dapat berkonsentrasi dengan baik. Salah satu contoh yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi volume radio, televisi maupun alat-alat yang mengeluarkan suara bising lainnya.

Manfaatkan Perangkat Lain yang Dapat Membantu

Terkadang alat bantu dengar saja tidak cukup untuk membantu anak memahami suara atau bunyi yang ia dengar. Terlebih apabila bunyi tersebut bersumber dari tempat yang cukup jauh. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menyiapkan perangkat tambahan yang dapat membantu anak mendengar dan memahami suara atau bunyi yang berasal dari jarak yang jauh.

Teruslah Bersabar dan Jangan Lelah Mengulangi Kata Apabila Dibutuhkan

Dengan kondisi pendengaran anak yang tidak maksimal maka sebagai orangtua kita harus terus bersabar. Orang tua harus rela berkorban untuk terus membantu anak agar dapat mendengar dan memahami suara dengan baik.

Berikan Informasi Terkait Kondisi Anak Kepada Orang Lain

Penting untuk memberikan informasi terkait kondisi anak pada orang-orang terdekat. Keluarga, tetangga, bahkan guru di sekolah juga lebih baik mengetahui hal ini. Dengan begitu, orang-orang terdekatnya akan lebih memahami kondisi anak dan mengerti seberapa besar perjuangan yang harus anak lakukan untuk dapat meraih suatu hal seperti anak-anak lain dengan pendengaran normal.

Berikan Dukungan dan Perhatian Secara Berkelanjutan

Dorongan dan perhatian tidak boleh berhenti bahkan hingga anak sudah mampu mendengar dengan baik. Sangat penting untuk terus mengawasi perkembangannya ke depan. Tak lupa, sediakan lingkungan yang dapat terus membangun kondisinya menjadi lebih baik.