4 Penyebab Umum Gangguan Pendengaran Sementara Pada Anak

gangguan pendengaran sementara

Tidak ada keraguan tentang itu – mengasuh anak bukan untuk orang yang lemah hati. Suatu saat anak Anda mendengar dengan baik dan selanjutnya? Dia mungkin rewel dan demam atau mengeluh bahwa hal-hal “terdengar lucu” atau tersumbat. Apakah sudah waktunya untuk memanggil dokter? Mungkin. Berikut adalah empat penyebab paling umum gangguan pendengaran sementara pada anak-anak dan apa yang harus Anda lakukan jika itu terjadi.

1. Infeksi telinga tengah

Menurut National Institute on Deafness and Other Communication Disorders (NIDCD), lima dari enam anak akan mengalami setidaknya satu infeksi telinga tengah pada ulang tahun ketiga mereka. Faktanya, infeksi telinga adalah penyebab gangguan pendengaran sementara dan alasan paling umum orang tua membawa anaknya ke dokter. Berita baiknya adalah, meskipun dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan dan gangguan pendengaran pada anak Anda, infeksi telinga biasanya sembuh dengan sendirinya tanpa kerusakan permanen pada pendengaran, meskipun Anda harus selalu memeriksakan diri ke dokter anak Anda.

Jenis infeksi telinga yang paling umum pada anak-anak dikenal sebagai otitis media akut (OMA). Ini terjadi ketika bagian dari telinga tengah menjadi terinfeksi dan bengkak, memerangkap cairan di belakang gendang telinga. Jika anak Anda belum cukup umur untuk memberi tahu Anda bahwa mereka sakit telinga, carilah gejala-gejala ini:

  • Menarik atau menarik telinga
  • Menangis dan atau kerewelan umum
  • Masalah tidur
  • Demam
  • Cairan mengalir dari telinga
  • Masalah keseimbangan
  • Masalah mendengar atau merespons
Apa yang harus dilakukan tentang infeksi telinga?


Infeksi telinga biasanya disebabkan oleh bakteri dari pilek atau sakit tenggorokan anak Anda yang menyebar ke telinga tengah. Beberapa metode yang dapat membantu anak Anda merasa lebih nyaman meliputi:

  • Obat pereda nyeri, diberikan sesuai petunjuk dan terutama pada waktu tidur untuk membantu anak Anda mendapatkan tidur yang nyenyak
  • Kompres hangat, seperti waslap yang dibilas dengan air hangat
  • Banyak istirahat untuk membantu tubuh melawan infeksi
  • Anak Anda mungkin membutuhkan antibiotik. Periksa dengan dokter anak Anda untuk melihat apakah mereka merekomendasikan pengobatan.

2. Telinga perenang


Jika anak Anda baru saja berenang—terutama di air yang tidak mengandung klorin seperti danau atau kolam—bisa jadi itu adalah swimmer’s ear, sejenis infeksi saluran telinga. Ini bisa sangat menyakitkan dan menyebabkan pendengaran teredam. Anak-anak yang rentan terkena air yang tersangkut di telinga mereka mungkin lebih mungkin mengembangkan telinga perenang.

  • Bagaimana dengan telinga perenang?
  • Jaga agar telinga yang terkena tetap kering dan bersih
  • Jangan memasukkan apapun ke dalam telinga
  • Temui dokter untuk mendapatkan obat tetes telinga antibiotik
  • Ikuti instruksi dokter Anda untuk mengobati rasa sakit anak Anda

3. Kotoran telinga yang terkena dampak


Sulit dipercaya, tetapi kotoran telinga memiliki tujuan. Sifat tahan airnya tidak hanya membantu melindungi gendang telinga dan saluran telinga, tetapi juga menjebak kotoran, debu, dan partikel lain agar tidak masuk ke telinga dan mengiritasi gendang telinga. Inilah yang lebih mengejutkan: tubuh memproduksi kotoran telinga sebanyak yang dibutuhkan dan tahu bagaimana membuang kelebihannya. Tidak apa-apa menggunakan waslap untuk membersihkan telinga anak Anda dengan lembut, tetapi tolong jangan gunakan kapas atau benda lain untuk mencapai akumulasi yang mungkin Anda lihat di saluran telinga. Benda-benda ini sebenarnya dapat mendorong kotoran telinga lebih jauh ke dalam saluran telinga dan/atau menusuk gendang telinga, menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan.

Apa yang harus dilakukan


Jika anak Anda mengeluh bahwa ia tidak dapat mendengar dengan baik atau suara teredam, ia mungkin memiliki kelebihan kotoran telinga yang menyumbat saluran telinga dan mencegahnya untuk mendengar dengan baik. Dalam hal ini, buatlah janji dengan dokter keluarga Anda. Jika kotoran telinga menyebabkan rasa sakit atau mengganggu pendengaran anak Anda, ia akan dapat menghilangkan kelebihannya dengan aman hanya dalam beberapa menit. Jika bukan kotoran telinga, itu mungkin jenis obstruksi lain.

4. Hambatan lainnya


Sesuai dengan sifatnya, anak-anak selalu ingin tahu. Sebagai bayi, mereka memasukkan semua yang mereka temukan ke dalam mulut mereka. Ketika mereka menjadi sedikit lebih tua, mereka mulai menemukan lubang tubuh lain untuk dijelajahi dan mungkin dengan rasa ingin tahu mencoba melihat apakah ada sesuatu yang cocok di tempat yang tidak seharusnya – seperti di telinga mereka. Benda-benda umum termasuk kerikil, kacang-kacangan dan permen kecil. Meskipun sangat normal bagi mereka untuk menjelajah dengan cara ini, hal itu dapat menyebabkan pembengkakan, infeksi, dan gangguan pendengaran sementara.

Bagaimana Anda bisa tahu jika anak Anda memasukkan sesuatu ke telinganya? Anda mungkin tidak dapat segera. Jika benda itu bersarang cukup jauh ke dalam saluran telinga, Anda mungkin tidak akan menyadarinya sampai anak Anda mengeluh sakit telinga atau ada hal-hal yang terdengar “lucu”. Anda mungkin melihat keluarnya cairan dari telinga, meskipun tidak selalu.

Apa yang harus dilakukan


Jika Anda mencurigai anak Anda memiliki sesuatu yang tersangkut di telinganya:

  • Tetap tenang. Jika anak Anda cukup besar untuk berbicara, tanyakan apakah mereka memasukkan sesuatu ke telinganya. Yakinkan mereka bahwa mereka tidak dalam masalah dan jelaskan bahwa penting untuk memindahkan benda tersebut agar mereka dapat mendengar.
  • Jangan mencoba menghapus objek itu sendiri, meskipun Anda dapat melihatnya. Anda dapat mendorong objek lebih dalam ke saluran telinga dan merusak gendang telinga.
  • Hubungi dokter Anda segera. Jika dia tidak ada untuk menjenguk anak Anda, bawa mereka ke klinik terdekat atau ruang gawat darurat. Biarkan profesional medis memutuskan cara terbaik untuk mengeluarkan benda tersebut. Setelah itu, mereka mungkin meresepkan antibiotik untuk mencegah infeksi.
  • Adalah umum bagi anak Anda untuk takut memikirkan pergi ke dokter, terutama ketika itu adalah masalah yang mereka sebabkan. Anda dapat meyakinkan mereka dengan menjelaskan bahwa mengeluarkan objek tidak akan melibatkan suntikan atau prosedur yang menyakitkan. Tanyakan kepada dokter atau profesional ruang gawat darurat Anda untuk menjelaskan instrumen apa pun yang mereka gunakan sebelum memulai pelepasan.
Untuk menjaga pendengaran anak Anda dalam kondisi prima
  • Cuci telinga kecil setiap hari dengan waslap lembut dan air hangat.
  • Jangan memasukkan apapun ke dalam saluran telinga, seperti kapas atau jepit rambut, untuk menghilangkan kotoran telinga atau kotoran lainnya.
  • Waspadai tonggak pendengaran dan mintalah pendengaran anak Anda dievaluasi jika mereka tampaknya mengalami keterlambatan belajar terkait dengan perkembangan bicara dan bahasa.
  • Model keterampilan komunikasi yang baik. Bersikap penuh perhatian dan meneguhkan, hilangkan gangguan seperti ponsel dan peralatan elektronik lainnya, lakukan kontak mata dan tersenyum. Anak-anak adalah peniru yang hebat. Ketika Anda menjadikan pendengaran dan komunikasi sebagai prioritas di rumah Anda, Anda menanamkan kebiasaan baik yang akan bertahan seumur hidup.

Jika Anda khawatir tentang kemampuan pendengaran anak Anda, untuk gangguan pendengaran sementara silakan cari profesional perawatan pendengaran di daerah Anda yang berspesialisasi dalam pengujian pendengaran anak. Tes pendengaran dapat dilakukan pada usia berapa pun dan banyak anak menganggapnya cukup menyenangkan!