Cara Asik dan Mudah Untuk Anak Belajar Sains

Cara Asik dan Mudah Untuk Anak Belajar Sains
Aktivitas Seru Untuk Mengajak Anak Belajar Sains Tentang Suara

Belajar sains untuk anak – anak dan permainan ekolokasi adalah hal yang menyenangkan untuk belajar tentang suara. Anda mungkin pernah memiliki kenangan yang indah saat berteriak ke dalam lubang pasir atau di depan gua atau karang dan suara itu bergema sehingga seolah berteriak kembali ke arah Anda. Aktivitas seperti ini sangat alami, menyenangkan, dan tentunya penuh dengan pembelajaran sains. Hal yang sama tentu juga berlaku untuk anak-anak. Anak cenderung sangat antusias dengan proses bagaimana suara merambat, bergetar, dan memantul.

Ada banyak cara menarik untuk memperkenalkan anak pada suara melalui ilmu sains. Anda dapat menggunakan video, buku, dan eksperimen singkat untuk menarik perhatian anak agar berminat mempelajari topic tertentu. Berikut ini adalah beberapa cara populer untuk memperkenalkan suara pada anak.

  • Melihat video sains suara di Yotube. Dengan cara ini, dijamin anak Anda akan langsung terpikat pada sains
  • Membaca mitos Yunani tentang ‘Gema’ sebagai karakter utamanya
  • Ajak anak untuk meletakkan telapak tangannya di leher dan berbicara. Setelah itu tanyakan “Apa yang kamu rasakan”, “Apa kira-kira yang menyebabkan getaran tersebut?”
  • Berbicara dengan keras atau berteriak di dalam ember sedangkan tangan diletakan di belakang ember tersebut untuk merasakan getarannya

Orang tua dapat menikmati percakapan sebelum melakukan eksperimen karena anak-anak cenderung akan sering bertanya. Sebagai contoh, mungkin ada pertanyaan, “Aku penasaran, apa itu suara?” “Bagaimana suara dari mulut dapat masuk ke telinga?” Hal ini akan memunculkan jawaban – jawaban kreatif dari anak kecil. Berikut ini adalah beberapa eksperimen sains sederhana untuk anak.

Aktivitas Bisikan / Berbisik

Untuk melakukan aktivitas ini, Anda dapat menggunakan pipa atau semacam kerucut. Anak dapat duduk di salah satu ujung sedangkan Anda berada di ujung lainnya. Anda dan anak dapat saling berbisik dan mendengarkan dari ujung pipa tersebut. Aktivitas ini akan mengajarkan pada anak tentang ekolokasi. Anda juga dapat menggunakan benda – benda lainnya yang dapat berperan sebagai pemantul suara.

Berburu Gema

Buatlah proyek sains bersama anak dengan membuat daftar lokasi seperti gymnasium kosong, garasi, gudang, lapangan, dan tempat lainnya. Tanyakan pada anak di mana saja tempat yang mereka pikir dapat menghasilkan gema dan tanyakan pula alasannya. Setelah itu uji hipotesis yang telah dibuat oleh anak dengan membuktikan lokasi mana saja yang menghasilkan gema dan lokasi mana yang tidak. Bandingkan apa yang terdapat di satu lokasi dengan lokasi lainnya.

Tambahan

  • Diskusikan bersama anak tentang hewan noktunal dan bagaimana mereka menggunakan suara untuk menemukan objek
  • Gunakan tali lompat tali untuk mendemonstrasikan vibrasi suara
  • Eksplor suara petir. Apa yang menyebabkan terjadinya kilat? Seberapa jauh angin topan?