Alat Bantu Dengar Untuk Anak -anak | Bagian 1

alat bantu dengar anak

Jika anak telah didiagnosis dengan gangguan pendengaran, alat bantu dengar yang tepat dapat menjadi vital untuk perkembangan bahasa lisan dan keberhasilan pendidikan mereka.

Untuk sebagian besar keluarga anak-anak dengan gangguan pendengaran, langkah penting pertama menuju kesehatan pendengaran adalah memasang alat bantu dengar pada bayi atau anak Anda.

Setidaknya dua dari setiap 1.000 anak yang diperksa untuk gangguan pendengaran. di AS dilahirkan dengan gangguan pendengaran bayi yang diketahui melalui pemeriksaan pendengaran.

Anak-anak lain akan mengalami gangguan pendengaran di masa kanak-kanak karena infeksi, efek samping pengobatan, kondisi genetik, atau paparan suara keras. Jika mencurigai bahwa anak mengalami gangguan pendengaran , segera kunjungi dokter anak atau dokter THT dan mintalah rujukan ke audiolog pediatrik . Para profesional perawatan pendengaran ini mengkhususkaN diri dalam pengujian, perawatan, dan tindak lanjut untuk anak-anak dengan gangguan pendengaran.

Semua model alat bantu dengar memiliki mikrofon untuk menangkap suara. Prosesor yang menganalisis suara (menyaring suara yang tidak diinginkan seperti suara angin yang berlebihan. Saat memperkuat suara yang diinginkan), dan penerima (atau speaker) untuk menghasilkan suara yang diperkuat di dalam telinga.

Baterai memberi daya pada unit, dan dapat diisi ulang atau sekali pakai.

Model terbaru juga terhubung ke perangkat seperti smartphone , tablet, dan laptop untuk memungkinkan suara tersebut dikirimkan melalui alat bantu dengar.

Perbedaan alat bantu dengar pediatrik

Alat bantu dengar yang dibuat khusus untuk bayi dan anak mempunyai fungsi sama dengan alat bantu dengar orang dewasa. Perbedaannya sebagai berikut :

  • Alat bantu dengar dibuat lebih tahan lama dibandingkan model dewasa. Dapat menyebabkan banyak kerusakan pada alat bantu dengar.
  • Alat bantu dengar pediatrik selalu kompatibel dengan sistem FM dan alat bantu lainnya. Untuk anak-anak usia sekolah, ini sangat penting untuk memfasilitasi komunikasi dan pembelajaran.
  • Casing baterai pada alat bantu dengar pediatrik tahan kerusakan. Baterai bisa berbahaya jika tidak ditangani dengan benar atau tertelan.
  • Kasus alat bantu dengar pediatrik sering kali menyertakan lampu LED khusus yang menandakan unit berfungsi. Fitur ini memungkinkan orang tua dan guru untuk memeriksa perangkat dengan cepat.

Banyak alat bantu dengar pediatrik juga bebas dari alergen atau bahan kimia berbahaya, dan tersedia dalam berbagai warna cerah. Tergantung pada jenis dan tingkat gangguan pendengaran ukuran dan gaya alat bantu dengar dapat bervariasi.

Usia Berapa anak-anak bisa memakai alat bantu dengar?

Alat bantu dengar bisa dikenakan pada bayi yang baru berusia beberapa bulan. Saat mereka tumbuh, anak-anak akan membutuhkan pemeriksaan pendengaran berkala dan alat bantu dengar baru, ditentukan oleh penyedia layanan pendengaran Anda.

Pentingnya alat bantu dengar untuk anak

Jika seorang audiolog merekomendasikan untuk memakai alat bantu dengar. Penting agar ia memakainya terus menerus, terutama jika anak tersebut masih sangat kecil. Inilah alasannya:

  1. Sejak lahir hingga tiga tahun, otak anak berada dalam masa perkembangan yang pesat. Masukan suara yang konsisten sangat penting untuk mengembangkan jalur otak normal untuk pendengaran, ucapan, dan bahasa.
  2. Mendengarkan dan berbicara sejak dini sangat penting untuk perkembangan bahasa. Anak-anak memahami kata-kata dan sintaksis lisan dan struktur bahasa dengan terus menerus dihadapkan pada bahasa. Untuk anak-anak dengan gangguan pendengaran, pembelajaran insidental ini perlu dilengkapi dengan terapi wicara
  3. Pendengaran yang konsisten juga penting bagi anak-anak — terutama bayi dan balita — dalam ikatan dengan orang tuanya. Itu membangun kepercayaan dan memungkinkan perasaan dunia yang dapat diprediksi dan dapat diandalkan

Alat bantu dengar dapat sangat membantu karena otak mereka yang masih muda sedang dalam masa perkembangan yang pesat. Mendengar dengan baik sangat penting untuk mempelajari bahasa, ucapan, dan literasi.

Bagaimana mengetahui membutuhkan alat bantu dengar atau implan koklea?

  • Audiolog akan menentukan apakah anak merupakan kandidat alat bantu dengar atau implan koklea berdasarkan jenis dan tingkat keparahan gangguan pendengaran, serta struktur dan bentuk telinga luar.
  • Karena gangguan pendengaran umumnya ditemukan pada bayi , sering kali memulai dengan memakai alat bantu dengar pada awalnya, dan kemudian menjadi calon implan koklea setelah mereka dewasa.
  • Untuk beberapa , jenis alat bantu dengar yang dikenal sebagai sistem pendengaran yang tertambat di tulang mungkin merupakan pilihan terbaik.Terutama jika mereka mengalami tuli di satu sisi.

Pemasangan alat bantu dengar

Hampir semua anak cocok dengan alat bantu dengar di belakang telinga (BTE), berapa pun jumlah gangguan pendengarannya. Ada ukuran BTE kecil yang dibuat khusus untuk anak-anak untuk memastikan bahwa perangkat akan terpasang dengan aman. Alat bantu dengar menyalurkan suara ke telinga melalui pelindung telinga plastik lembut yang pas di telinga luar, atau kubah .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *