Alat Bantu Dengar Untuk Anak-anak | Bagian 2

alat bantu dengar anak

Mengambil kesan telinga dan mendapatkan penutup telinga baru

Langkah pertama pemasangan alat bantu dengar biasanya mencetak saluran telinga. Ini harus diambil untuk memastikan bahwa earmold untuk alat bantu dengar anak pas. Profesional pendengaran akan menempatkan kapas atau busa busa jauh ke dalam liang telinga dan kemudian dengan hati-hati mengisi saluran dengan bahan cetakan. Untuk memastikan semua struktur telinga tercetak secara akurat, bahan cetak akan memenuhi seluruh telinga luar. Materi perlu beberapa menit untuk disiapkan, jadi orang tua sering dipanggil untuk menggendong bayi atau anak agar tangan yang ingin tahu tidak menghalangi.

Earmold dapat dipesan dalam berbagai warna; orang tua sering kali memilih warna yang berbeda untuk setiap telinga agar mudah menentukan dengan cepat earmold yang cocok untuk telinga yang mana. Saat anak tumbuh, penutup telinga baru akan dibutuhkan secara berkala sehingga warna dapat diganti sesuai keinginan. Anak-anak yang lebih besar sering kali senang memilih warna. Anda bahkan dapat memilih earmold yang “jelas” . Audiolog akan mengirimkan cetakan telinga dan akan memakan waktu hingga dua minggu untuk menerima pesanan earmold khusus .

Dalam lima tahun pertama kehidupan, seorang anak mungkin membutuhkan penutup telinga baru setiap beberapa minggu hingga bulan. Orang tua harus belajar mengenali suara siulan yang menandakan umpan balik alat bantu dengar — pertanda bahwa penutup telinga sudah tidak pas lagi dan sudah waktunya untuk yang baru.

“Teknologi adalah cara masuknya suara. Ini adalah pintu masuk ke otak. Jadi kita perlu memastikan teknologi bekerja dengan baik setiap menit,” kata audiolog pediatrik Jane Madell dalam sebuah artikel tentang penutup telinga pada bayi. “Jika penutup telinga tidak pas, suara tidak akan mencapai otak.”

Memasang alat bantu dengar

Selama pengangkatan ini, audiolog akan memastikan penutup telinga (atau kubah) pas dengan telinga anak dan memprogram untuk gangguan pendengaran anak. Saat alat bantu dengar diprogram dan diaktifkan untuk pertama kali, anak Anda akan langsung mendengar suara baru. Bayi cenderung bereaksi langsung terhadap suara ibu atau ayah, menoleh dengan penuh minat terhadap orang tua yang sekarang bersuara. Balita mungkin tersenyum menanggapi rangsangan baru. Setelah pemrograman awal dan aktivasi, audiolog akan melakukan beberapa tes verifikasi untuk memastikan bahwa suara lembut cukup keras, suara rata-rata nyaman dan suara keras tidak terlalu keras.

Profesional pendengaran juga akan menghabiskan banyak waktu untuk mengajari Anda cara memasang dan melepas alat bantu dengar, menghubungkan dan melepaskan earmold atau kubah dari alat bantu dan cara membedakan antara alat bantu kanan dan kiri. Anda akan belajar bagaimana untuk mengubahnya dan mematikan, bagaimana melakukan mendengarkan cek untuk memastikan mereka berfungsi dan bagaimana cara mengganti atau mengisi ulang baterai . Anda juga akan belajar bagaimana menjaga kebersihan alat bantu dengar dan bagaimana menyimpannya setiap malam.

Konsultasi Setelah Pemakaian Alat Bantu Dengar

Anak membutuhkan waktu untuk mempelajari cara menggunakan suara baru yang mereka rasakan. Terapi wicara dan bahasa akan membantu bayi atau anak mengejar teman sebaya dan memastikan pencapaian pidato, bahasa dan pendengaran terpenuhi. Konsultasi dengan audiolog akan diperlukan untuk memantau kemampuan pendengaran. Tes pendengaran selanjutnya akan membantu mengukur kemampuan pendengaran di seluruh nada tertentu. Tes pendengaran perilaku, standar emas, akan menjadi lebih mudah dilakukan saat anak masih balita. Sepanjang jalan, program alat bantu dengar akan dimodifikasi agar sesuai dengan hasil ujian pendengaran yang lebih spesifik ini.

Hubungan kerja yang baik dengan tim perawatan pendengaran anak Anda sangat penting! Konsultasi penting untuk memantau alat bantu dengar dan kemajuan anak Anda dengannya.

Konsultasi juga akan memantau fungsi dan kesesuaian alat bantu dengar.

Tips alat bantu dengar untuk orang tua

Mungkin sulit untuk menjaga alat bantu dengar pada anak, terutama balita dan anak-anak yang tidak memakainya secara konsisten sejak bayi. Jika anak Anda menolak alat bantu dengar atau sering menariknya, ada beberapa cara untuk membuat alat bantu dengar lebih nyaman.

Pasangkan alat bantu dengar pada anak saat Anda sedang mengerjakan aktivitas yang menyenangkan bersama, di mana dia akan kurang tertarik untuk menarik atau melepaskannya.
Cobalah ikat kepala lembut yang dapat Anda pasang di atas alat bantu dengar, tetapi pastikan mikrofon tidak tertutup.
Gunakan klip khusus untuk menjaga alat bantu dengar tetap menempel di pakaian anak Anda. Meskipun alat bantu dengar dilepas, Anda tidak akan kehilangan perangkat mahal tersebut.

Jika anak enggan memakai, atau baru memakainya, buku anak – anak tentang gangguan pendengaran ini dapat membantu mereka memproses pengalaman tersebut secara emosional.

Pemakaian Alat Bantu Dengar Secara Rutin

Selain itu, ada baiknya untuk mengembangkan rutinitas setiap hari untuk memakai alat bantu dengar bayi atau anak Anda. Luangkan waktu untuk memeluk dan menggendong anak saat memasukkan alat bantu dengar untuk mengembangkan asosiasi yang positif dengannya. Ketika anak yang penasaran melepaskan alat bantu dengar, bersikaplah konsisten tetapi lembut dalam menggantinya setiap kali sehingga dia tahu di situlah tempatnya.

Jika anak Anda berulang kali menarik alat bantu dengar atau telinganya, ini mungkin merupakan tanda ketidaknyamanan dari earmold yang tidak pas . Temui audiolog anak Anda segera untuk mengetahui apakah sudah waktunya untuk mendapatkan sepasang earmold.

Pengecekan Alat Bantu Dengar Setiap Hari

Alat bantu dengar anak perlu dicek setiap hari, terutama untuk anak yang terlalu kecil untuk memberi tahu Anda jika ada masalah. Anda akan ingin melakukan pemeriksaan pendengaran, pastikan baterai berfungsi dan periksa alat bantu dengar untuk kotoran dan kelembaban. Ingat, jika Anda tidak dapat mendengar suara yang diperkuat melalui alat bantu dengar, maka si kecil Anda juga tidak akan dapat mendengarnya.

Anda juga sebaiknya melakukan pemeriksaan visual sebelum menempatkan alat bantu dengar setiap kali. Pastikan alat bantu dengar dan penutup telinga bersih dan bebas dari kelembapan. Lepaskan earmold dari alat bantu dengar jika kotor. Gunakan bulb syringe untuk mengeluarkan kelembapan dari earmold atau tubing dan bersihkan kotoran dari earmold dengan tisu atau pembersih disinfektan. Saat earmold benar-benar kering, sambungkan kembali ke alat bantu dengar dan letakkan kembali di telinga anak Anda.

Keamanan Alat Bantu Dengar yang Digunakan

Untuk bayi dan anak-anak, pilih alat yang memiliki tutup baterai yang aman sehingga mereka tidak bisa mengeluarkan baterai sendiri. Bayi suka memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya, jadi selalu simpan baterai dengan aman jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Alat bantu dengar yang tepat dapat membuat perbedaan dunia bagi perkembangan sosial, pendidikan dan komunikasi. Bekerjasamalah dengan audiolog, dokter, dan sistem pendukung pendidikan anak Anda untuk memaksimalkan pengalaman.

Catatan: Jika anak Anda menelan baterai alat bantu dengar, segera dapatkan perawatan medis darurat. Waktu sangat penting. Lebih lanjut tentang keamanan baterai alat bantu dengar.

FM Sistem

Sebagian besar produsen alat bantu dengar yang menjual alat bantu dengar pediatrik dan implan koklea juga membuat alat bantu dengar untuk meningkatkan pembelajaran di kelas. Salah satu yang paling populer pilihan yang sistem FM . Biasanya, seorang guru memakai mikrofon dan penerima dipasang ke alat bantu dengar anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *