Anak Dengan Gangguan Pendengaran Dan Penanganannya

Anak Dengan Gangguan Pendengaran Dan Penanganannya

Gangguan pendengaran dapat menyebabkan sejumlah gejala pada anak-anak. Anak kecil dengan gangguan pendengaran mungkin tidak responsif terhadap suara orang tua mereka dan menunjukkan kesulitan dalam belajar berbicara. Anak-anak yang lebih besar mungkin tampak lalai, dan gangguan pendengaran mereka mungkin disalahartikan sebagai gangguan perilaku .

Cara orang tua dan keluarga menanggapi gangguan pendengaran anak memiliki dampak besar pada kesejahteraan anak. Inilah yang perlu diketahui keluarga:

Ceritakan Kepada Anak Tentang Gangguan Pendengaran

Setelah anak-anak cukup besar untuk mengerti, orang tua harus berbicara dengan mereka tentang gangguan pendengaran. Anak-anak mungkin tidak menyadari bahwa teman sebayanya mendengar secara berbeda dari yang mereka lakukan, bahwa anak-anak lain di kelas selalu mengerti apa yang dikatakan guru.

Penting bagi orang tua untuk membantu anak-anak mereka memahami bahwa mereka tidak inferior atau abnormal. Anak-anak yang mengalami gangguan pendengaran mungkin merasa dikucilkan atau terputus dari teman sebayanya, dan menanamkan kepercayaan diri mereka sejak dini dapat membantu mereka mengatasi tantangan emosional.

Perlakukan Mereka Dengan Baik

Produsen alat bantu dengar memiliki saran penting ini untuk orang tua: Dalam rumah tangga yang memiliki lebih dari satu anak. Anak tertua bahkan jika anak tersebut mengalami gangguan pendengaran harus diizinkan untuk memenuhi peran tradisional sebagai kakak laki-laki/kakak perempuan. Memperlakukan saudara yang lebih muda sebagai saudara yang lebih bertanggung jawab hanya berdasarkan kemampuan mereka untuk mendengar dapat merusak secara psikologis saudara yang lebih tua dengan gangguan pendengaran.

Libatkan Seluruh Keluarga

Kakek-nenek, saudara kandung, dan anggota keluarga lainnya perlu mengetahui cara berkomunikasi dengan anak yang mengalami gangguan pendengaran. Orang tua dapat menjelaskan beberapa hal mendasar (seperti menghadap anak saat berbicara), serta menyediakan tautan ke situs web yang bermanfaat bagi kerabat di mana mereka dapat mempelajari lebih lanjut tentang gangguan pendengaran.

Terlibat Secara Aktif Dalam Pendidikan Mereka

“Pengarusutamaan” adalah istilah yang berarti anak-anak yang mengalami gangguan pendengaran diintegrasikan ke dalam ruang kelas “biasa”, daripada menghadiri sekolah khusus untuk anak-anak dengan gangguan pendengaran. Setiap anak berbeda, beberapa tampaknya berkembang pesat di sekolah umum, sementara yang lain merasa lebih nyaman belajar bersama anak-anak lain dengan gangguan pendengaran.

Terlepas dari pilihan sekolah yang dipilih orang tua untuk anak mereka, mereka harus berkomunikasi secara teratur dengan guru untuk memastikan anak mereka berkembang seperti yang diharapkan. Di sekolah umum, guru mungkin kurang berpengalaman dalam menangani anak tunarungu. Jadi orang tua mungkin perlu menjelaskan bagaimana gangguan pendengaran membatasi kemampuan mereka untuk mendengar instruksi atau berpartisipasi dalam percakapan.

Temui Audiolog

Intervensi dini dapat membantu anak-anak dengan gangguan pendengaran menjalani kehidupan yang bahagia dan memuaskan. Jika Anda menduga anak Anda mungkin mengalami gangguan pendengaran, silakan hubungi pusat layanan kesehatan pendengaran segera untuk menjadwalkan pemeriksaan pendengaran.

Source:
https://loweudiology.com/blog/hearing-loss-in-children-what-families-need-to-know