Apa Itu Auditory Processing Disorder?

Auditory Processing Disorder (Gangguan pemrosesan pendengaran) juga dikenal sebagai gangguan pemrosesan pendengaran pusat?

Auditory Processing Disorder (Gangguan pemrosesan pendengaran) juga dikenal sebagai gangguan pemrosesan pendengaran pusat dan terkadang disingkat menjadi APD. Ini adalah kondisi yang memengaruhi kemampuan seseorang untuk memproses dan memahami suara secara internal. Gangguan pemrosesan pendengaran bukanlah gangguan pendengaran. Orang dengan APD biasanya dapat mendengar dengan baik, tetapi otak mereka kesulitan memahami suara.

Orang dengan gangguan pemrosesan pendengaran sering mengalami kesulitan dalam empat bidang utama: membedakan suara yang berbeda, fokus pada suara tertentu, mengingat informasi yang disampaikan secara lisan dan memahami serta mengingat urutan kata. Gangguan APD dapat juga disertai dengan kondisi lain, termasuk Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

Auditory Processing Disorder paling sering didiagnosis pada anak kecil. Dengan kondisi yang mempengaruhi 3-5% anak usia sekolah. Penting bagi orang tua, wali, dan mereka yang berada dalam sistem pendidikan untuk memahami hal berikut: apa itu Auditory Processing Disorder (gangguan proses pendengaran)? Faktor apa yang mendorong perkembangannya? Apa saja gejala umumnya? Dan bagaimana hal itu dapat dirawat dan dikelola untuk membantu anak-anak kita berkembang?.

Jika Anda mencurigai anak Anda mungkin menderita APD atau masalah pendengaran lainnya, Anda dapat meneui ahli dan tenaga profesional untuk tes gangguan pemrosesan pendengaran dan tes pendengaran. Audiolog akan menguji pendengaran anak Anda dan menawarkan pilihan diagnosis dan perawatan.

Gejala Auditory Processing Disorder (APD)

APD dapat memengaruhi kemampuan komunikasi anak dan membuat sekolah dan bersosialisasi menjadi lebih sulit. Namun, anak-anak dengan gangguan APD dapat berhasil secara akademis dan sosial dengan dukungan yang tepat.

Bagi orang dewasa yang kesulitan mendengarkan, Anda mungkin bertanya-tanya, ‘apa itu gangguan pemrosesan pendengaran dan apakah saya mengalaminya?’ Gangguan pemrosesan pendengaran pada dasarnya adalah otak mengalami kesulitan mengubah sinyal listrik yang membawa suara ke otak menjadi kata dan konsep yang dapat dimengerti, yang dapat muncul dengan sendirinya dalam berbagai cara. Baik anak-anak maupun orang dewasa dapat memperoleh manfaat dari tes gangguan pemrosesan pendengaran dan pilihan perawatan selanjutnya. Anak-anak dan orang dewasa dengan APD mungkin merasa sulit untuk:

1. Ikuti percakapan

Anak-anak dengan APD sering mengalami kesulitan mendengar perbedaan halus antara suara dan mungkin mencampur urutan suara dan angka. Mereka juga dapat mengalami kesulitan mengingat hal-hal yang mereka dengar, mulai dari instruksi verbal hingga lirik lagu dan lagu anak-anak. Lingkungan dengan banyak kebisingan latar belakang dapat membuat ini semakin menantang. Misalnya, anak-anak dapat mengalami kesulitan berfokus pada kata-kata guru karena suara latar di ruang kelas yang bising. Untuk orang dewasa, mungkin kesulitan berkonsentrasi pada apa yang orang katakan kepada Anda di pesta atau di bar yang bising.

2. Mengetahui dari mana suara berasal

Beberapa anak mungkin merasa sulit untuk mengenali dari sisi ruangan mana suara itu berasal atau untuk menemukan suara di sebuah ruangan. Ini sangat umum pada anak-anak yang APD-nya disebabkan oleh cedera kepala atau kejang.

3. Mendengarkan musik

Anak-anak dengan APD dapat merasa sulit untuk mengapresiasi musik dan mungkin melaporkan kemampuan musik yang buruk dan berjuang dengan unsur-unsur seperti ritme. Orang dewasa dengan kondisi tersebut juga sulit mengapresiasi musik. Namun, ada pemikiran bahwa terapi musik dapat membantu anak-anak dengan APD karena musik meningkatkan neuroplastisitas dan melatih otak untuk mengenali suara tertentu.

4. Mengingat instruksi lisan

Karena APD mempersulit pemrosesan audio secara internal, anak-anak dan orang dewasa dengan kondisi tersebut mungkin mengalami kesulitan memahami dan mengingat instruksi verbal. Ini berlaku tidak hanya untuk instruksi yang rumit tetapi juga yang sederhana.

5. Memahami apa yang dikatakan orang

Anak-anak dengan APD mungkin melewatkan sedikit informasi yang disampaikan kepada mereka dalam percakapan dan juga dapat mencampur bunyi huruf sehingga ‘P’ terdengar seperti ‘B ‘, misalnya. Hal ini terkadang menyulitkan mereka untuk memahami informasi yang jelas dan ringkas sekalipun disampaikan secara lisan.

Penyebab Gangguan Proses Pendengaran

Dalam banyak kasus, kita tidak tahu apa yang menyebabkan gangguan pemrosesan pendengaran pada anak-anak. Tetapi para ilmuwan dan peneliti percaya itu mungkin terkait dengan satu atau lebih dari kondisi atau keadaan berikut:

1. Penyakit

Gangguan pemrosesan pendengaran dapat mengikuti kondisi seperti meningitis, keracunan, dan infeksi telinga berulang, serta masalah sistem saraf seperti multiple sclerosis dan epilepsi.

2. Lahir prematur

Bayi yang lahir di awal trimester ketiga dapat mengalami keterlambatan perkembangan korteks pendengaran, bagian otak yang memainkan peran penting dalam memahami suara. Berat badan lahir yang sangat rendah juga dapat memiliki beberapa korelasi.

3. Cedera kepala

Trauma kepala seperti pukulan atau benturan dapat merusak sistem saraf pusat dan, selanjutnya, sistem saraf pendengaran pusat, yang menyebabkan timbulnya APD.

4. Gen

APD mungkin memiliki komponen genetik atau kondisi yang diwariskan dari ibu atau ayah.

Perawatan Gangguan Pemrosesan Pendengaran

Gangguan pemrosesan pendengaran tidak dapat disembuhkan dan tidak dapat diobati dengan obat-obatan. Namun itu dapat dikelola, dan keterampilan pemahaman anak dapat ditingkatkan dengan kombinasi terapi, perubahan lingkungan, dan dukungan tambahan. Perawatan umum seperti termasuk:

1. Dukungan ruang kelas

Guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih mendukung bagi anak-anak penderita APD dengan meningkatkan akustik ruang kelas untuk menyaring kebisingan latar belakang dan dengan menggunakan elemen seperti isyarat visual, petunjuk perhatian, dan jeda selama pelajaran. Ini dapat memberi anak-anak dengan APD kesempatan untuk mengejar informasi yang mungkin mereka lewatkan pertama kali. Mereka juga butuh istirahat lebih sering. Perangkat elektronik seperti sistem FM (modulasi frekuensi) dapat membantu di sini.

2. Membuat keterampilan lain

Pengembangan keterampilan adalah kesempatan untuk membangun kemampuan dan kepercayaan diri anak-anak di bidang lain, yang dapat meningkatkan kemampuan mereka untuk memproses informasi pendengaran. Anda dapat melakukannya dengan latihan memori dan pemecahan masalah, program membaca dan bahasa, dan pelatihan musik.

3. Terapi

Terapi wicara dapat meningkatkan kemampuan membaca dan pemahaman bahasa anak serta membantu mereka membedakan suara dengan lebih akurat. Terapis mungkin melibatkan sesi satu lawan satu dan beberapa pembelajaran di rumah yang mencakup rutinitas pengulangan dan pengurutan.

Source:

What is Auditory Processing Disorder?