Bahaya Menggunakan Headphone Pada Anak

Bahaya menggunakan headphone – Saat ini, terkadang orang tua sudah memakaikan anak berumur 3 tahun sebuah headphone dengan berbagai alasan. Ditambah lagi para penjual berusaha menjual barang-barangnya dengan menjanjikan bahwa produk headphone mereka aman digunakan bagi anak. Atau bahkan mengatakan bahwa barang ini dijamin 100 persen aman untuk anak-anak. Para pembuat alat berusaha membatasi suara yang dapat dimainkan. Sehingga dapat membuat para orang tua percaya bahwa barang tersebut aman dan dapat mencegah anak-anak dari rusaknya pendengaran. Pada kenyataannya bahwa alat tersebut tetap dapat digunakan pada tingkat yang berbahaya, dan headphone tersebut dapat merusak pendengaran anak Anda.
Tetapi, sebuah analisis dari The Wirecutter (website rekomendasi produk) yang dimiliki oleh perusahaan The New York Times menemukan bahwa setengah dari 30 pasang headphone anak-anak terbukti tidak aman dan tidak dapat menjanjikan keamanan sepenuhnya. Cory Portnuff, seorang pakar kesehatan pendengaran anak di Rumah Sakit Universitas Colorado mengatakan bahwa hal ini tentunya menjadi hal yang sangat penting dan banyak pengusaha telah berbohong dan menyatakan hal-hal yang tidak akurat.

Bahaya Menggunakan Headphone Pada Pendengaran Anak

Dr. Blake Papsin, pimpinan dokter THT (Telinga, Hidung, dan Tenggorokan) pada Rumah Sakit Anak-anak di Toronto. Beliau mengatakan bahwa sebuah penelitian seharusnya dapat menyadarkan para orang tua yang berpikir bahwa headphone tersebut adalah aman bagi anak-anak. Dia pun menambahkan, bahwa para pengusaha dan pabrikan tidak tertarik pada kesehatan pendengaran anak. Mereka lebih tertarik dan fokus pada penjualan produk mereka saja dan seperti yang telah diketahui, bahwa barang tersebut tidak baik digunakan untuk anak-anak.
Sebagian anak-anak berumur 8-12 tahun setiap hari mendengarkan musik, dan hampir 2/3 remaja juga melakukan hal yang sama. Hal ini dibenarkan karena pada tahun 2015 telah dilakukan survei kepada lebih dari 2600 partisipan. Dan untuk mengurangi resiko tersebut dianjurkan untuk memperhatikan fungsi suara dan durasi, yakni seberapa keras suara dan seringnya waktu mendengarkan.
Sebagai perbandingan, suara 80 desibel adalah 2 kali lebih keras bila dibandingkan dengan 70 desibel, dan 90 desibel adalah 4 kali lebih keras. Pada kehidupan 100 desibel seperti pada suara mesin pemotong rumput yang aman didengar sekitar 15 menit. Sedangkan kebisingan pada 108 desibel hanya aman untuk didengar kurang dari 3 menit.
Tempat kerja aman untuk orang dewasa, ditetapkan oleh Institut Nasional Pekerjaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada 1998, adalah 85 desibel untuk lebih dari 8 jam. Tetapi, tidak ada standar perintah yang melarang atau peringatan bahaya yang tercantum jika menggunakan suara maksimum dari alat pendengar ataupun headphone yang terjual di Amerika.