Gangguan Pendengaran Anak

Gangguan Pendengaran Anak

Bagaimana cara mengobati gangguan pendengaran anak ?

Gangguan pendengaran anak – Perawatan tergantung pada kesehatan bayi Anda secara keseluruhan dan penyebab gangguan pendengaran. Jika bayi Anda mengalami gangguan pendengaran, penting untuk memulai perawatan sesegera mungkin dan sebelum dia berusia 6 bulan. Ini dapat membantunya mengembangkan keterampilan berbicara, bahasa, dan sosial. Perawatan mungkin termasuk:

Implan koklea. Ini adalah perangkat elektronik kecil yang dapat membantu beberapa bayi dengan gangguan pendengaran yang parah atau berat. Salah satu bagian implan terletak di kepala di belakang telinga. Bagian lainnya ditempatkan di dalam telinga selama operasi. Bagian belakang telinga mengirimkan suara ke bagian dalam telinga. Bayi semuda 1 tahun dapat menggunakan implan koklea. Itu tidak memberi bayi pendengaran yang lengkap, tetapi bisa memberi bayi indra suara. Pendengaran melalui implan koklea berbeda dengan pendengaran normal. Spesialis, seperti audiolog dan ahli terapi wicara, dapat membantu bayi Anda belajar mendengar melalui implan dan mengembangkan kemampuan bicara, bahasa, dan sosialnya.

Tabung telinga. Ini adalah tabung kecil yang ditempatkan melalui gendang telinga. Tabung telinga memungkinkan udara masuk ke telinga tengah dan mencegah cairan menumpuk di belakang gendang telinga. Anak Anda mungkin membutuhkan tabung telinga jika:

  • Dia mengalami banyak infeksi telinga (sekitar tiga atau lebih dalam 6 bulan atau empat atau lebih dalam 1 tahun)
  • Dia mengalami penumpukan cairan dan peradangan (kemerahan dan bengkak) di belakang gendang telinga
  • Jika dia mengalami gangguan pendengaran karena infeksi telinga

Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar mengeluarkan suara lebih keras, alat bantu dengar dapat membantu bayi semuda 1 bulan. Jika bayi Anda mengalami gangguan pendengaran yang parah atau parah, alat bantu dengar mungkin tidak membantu.

Mempelajari keterampilan bahasa khusus.

Anak-anak dengan gangguan pendengaran mungkin membutuhkan keterampilan bahasa khusus untuk berkomunikasi dengan orang lain. Misalnya, beberapa orang mungkin belajar Bahasa Isyarat Amerika (juga disebut ASL) untuk berkomunikasi. ASL menggunakan bentuk, penempatan dan gerakan tangan, bersama dengan ekspresi wajah dan gerakan tubuh, untuk berkomunikasi.

Obat-obatan, termasuk antibiotik

Jika anak Anda mengalami infeksi telinga yang menyebabkan gangguan pendengaran, penyedia layanan kesehatannya mungkin meresepkan antibiotik seperti amoksisilin. Penyedia layanannya juga mungkin menyarankan obat-obatan yang dijual bebas (juga disebut OTC) untuk membantu mengatasi demam dan nyeri. Obat-obatan ini mungkin termasuk obat tetes telinga, asetaminofen (nama merek Tylenol®) dan ibuprofen (nama merek Motrin® atau Advil®).

Terapi berbicara Untuk Ganguan Pendengaran Anak

Ini adalah terapi untuk mengajari anak Anda cara berbicara lebih jelas atau berkomunikasi dengan cara lain. Ahli patologi bahasa wicara (juga disebut terapis wicara) adalah profesional yang dapat membantu anak-anak belajar bagaimana membuat suara, meningkatkan suara mereka dan berinteraksi dengan orang lain.

Operasi

Pembedahan terkadang dapat memperbaiki masalah pada struktur telinga luar dan tengah.

Bagaimana Anda bisa mencegah gangguan pendengaran pada bayi Anda?

Beberapa jenis gangguan pendengaran, seperti gangguan pendengaran yang disebabkan oleh perubahan gen, tidak dapat dicegah. Tetapi Anda dapat membantu mencegah gangguan pendengaran yang berkaitan dengan penyebab lain, seperti infeksi dan kelahiran prematur. Inilah yang dapat Anda lakukan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *