Gangguan Pendengaran Sedang Pada Anak

Gangguan Pendengaran Sedang Pada Anak

Jika anak Anda mengalami gangguan pendengaran, dan audiologist Anda telah menggambarkan seperti apa keadaan gangguan pendengaran anak Anda termasuk dalam level sedang. Maka anda harus memiliki banyak pertanyaan sebagai berikut :

Apa itu gangguan pendengaran sedang?

Gangguan pendengaran sedang adalah sebuah tingkat gangguan pendengaran yang serius. Dengan alat bantu pendengaran, seorang anak yang mengalami gangguan pendengaran sedang tidak akan bisa mendengarkan banyak suara seperti layaknya anak normal dan akan sangat kesulitan untuk memahami pembicaraan saat keadaan sekitar sangat rebut, seperti saat di taman bermain, acara keluarga, atau tempat-tempat umum lainnya.
Anak-anak dengan gangguan pendengaran sedang akan memenuhi syarat untuk mendapatkan layanan Intervensi Dini di Massachusetts.

Apakah anak saya memerlukan alat bantu dengar?

Tanyakan pertanyaan ini kepada audiologist dan juga tanyakan kemudian tentang apa itu alat bantu dengar. Pada beberapa kasus, penggunaan alat bantu dengar akan membantu anak-anak yang menderita gangguan pendengaran sedang untuk bisa mendengarkan suara dan berbicara dengan lebih baik. Beberapa anak juga akan menggunakan alat-alat bantu pendengaran tipe lainnya untuk membantu mereka dalam mendengarkan.
Audiologist Anda akan membantu Anda untuk mengetahui jika alat bantu dengar adalah solusi yang tepat untuk anak Anda.

Apakah anak saya memerlukan layanan intervensi dini sekarang ?

Anak yang mengalami gangguan pendengaran sedang memenuhi syarat untuk mendapatkan layanan Intervensi Dini sejak lahir sampai dengan usianya yang ke 3 tahun. Tidak peduli levelnya apa. Kami menganjurkan kepada pihak keluarga yang memiliki anak dengan gangguan pendengaran untuk menggunakan layanan Intervensi Dini sesegera mungkin untuk mengurangi gangguan berbicara, berbahasa, dan juga perkembangan otak.

Anda akan bisa mendengarkan dengan baik setelah melakukan Intervensi Dini sehingga bisa menentukan perencanaan terbaik untuk anak Anda dan keluarga Anda.

Gangguan pendengaran kini ditemukan di diri anak yang masih sangat muda dengan menggunakan teknik newborn hearing screening. Beberapa penelitian menyatakan bahwa anak-anak yang terkena gangguan pendengaran lebih awal ini harus segera melakukan Intervensi Dini agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

Untuk Anak yang Mengalami Gangguan Pendengaran

Anda mungkin akan mempertimbangkan tips-tips berikut untuk anak Anda yang mengalami gangguan pendengaran sedang :

1. Menjalin hubungan dekat

Jalin hubungan dekat antara orangtua yang memiliki anak dengan gangguan pendengaran. Katakan kepada Audiologist Anda atau penyedia Intervensi Dini jika ada grup untuk orangtua yang anaknya memiliki gangguan pendengaran, dan segera hubungi Mass Family TIES untuk saling berhubungan dengan keluarga pasien yang lainnya.

2. Menceritakan apa saja yang terjadi di sekitar

Anak-anak dengan gangguan pendengaran sedang akan memerlukan banyak bantuan untuk memahami apa saja yang terjadi di sekitar mereka. Anda dapat membantu anak Anda dengan menggambarkan apa saja yang Anda lihat, dan dengan menceritakan semua aktivitas Anda bersama. Seperti makan pagi, mandi, mengganti popok, dan saat tidur.

3. Menguji pendengaran

Lanjutkan uji pendengaran pada anak pada level regular dasar, sebagai rekomendasi kepada audiologist Anda nantinya. Audiologist akan membantu perkembangan pendengaran anak Anda.

4. Mendaftar ke Komisi Massachusetts

Pertimbangkan untuk segera mendaftar ke Komisi Massachusetts yang berkecimpung di bidang kesulitan pendengaran dan tuli. MCDHH ini menyediakan banyak sumber informasi yang sangat membantu dengan dilengkapi teknologi canggih untuk anak-anak dan dewasa yang menderita gangguan pendengaran.
Pastikan bahwa orang-orang mengetahui bahwa tindakan ini sangat penting untuk membantu anak dan menarik perhatian anak ketika mereka sedang berinteraksi.

5. Hindari lingkungan yang terlalu ramai

Kurangi latar belakang lingkungan dengan suara yang ramai, contohnya, suara televisi, radio, atau berbicara dengan nada yang keras. Dan juga pastikan bahwa wajah Anda memberikan gambaran nyata saat membaca atau berbicara dengan anak Anda.

6. Lakukan pembicaraan secara berulang-ulang

Anak-anak dan dewasa yang memiliki gangguan pendengaran akan merasa terisolasi ketika mereka tidak bisa memahami apa yang dikatakan oleh orang-orang di sekitar mereka. Seiring dengan pertambahan usianya, maka lakukan pembicaraan secara berulang-ulang sampai anak memahaminya. Bicara dengan pelan dan lembut.

7. Cari pengobatan yang sesuai

Cari pengobatan yang bisa dijadikan solusi gangguan pendengaran yang diderita anak Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *