Ganguan Pendengaran – Tinnitus Pada Anak

tinnitus pada anak

Gangguan Pendengaran – Tinnitus Pada Anak

Gangguan Pendengaran – Tinnitus Pada Anak – Tinnitus adalah suatu kondisi dimana seorang pasien mendengar bunyi dering atau suara lain yang tidak diproduksi oleh sumber eksternal. Selain pada orang dewasa tinnitus pada anak juga dapat terjadi. Kelainan ini dapat terjadi pada salah satu atau kedua telinga. Berkisar dalam nada dari raungan rendah hingga suara yang memekik tinggi, dan mungkin berlanjut atau sporadis.

Kondisi yang sering melemahkan ini terkait dengan luka di telinga, masalah sistem peredaran darah, gangguan pendengaran yang disebabkan oleh suara, pembentukan lilin di saluran telinga, obat – obatan yang berbahaya bagi infeksi telinga, telinga atau sinus, sendi rahang yang tidak sejajar, trauma kepala dan leher, Penyakit Ménière, atau pertumbuhan tulang telinga tengah yang tidak normal.

Dalam kasus yang jarang terjadi, tumor yang tumbuh lambat pada saraf pendengaran, vestibular, atau wajah dapat menyebabkan tinnitus serta tuli, kelumpuhan wajah, dan masalah keseimbangan. American Tinnitus Association memperkirakan bahwa lebih dari 50 juta orang Amerika memiliki masalah tinnitus sampai tingkat tertentu, dengan sekitar 12 juta orang memiliki gejala yang cukup parah untuk mendapatkan perawatan medis.

Tinnitus tidak jarang terjadi pada anak-anak. Meski sama lazimnya pada orang dewasa, anak umumnya   tidak mengeluhkan tinnitus. Periset percaya bahwa seorang anak dengan tinnitus menganggap suara bising di telinga normal, karena biasanya sudah ada sejak lama. Penjelasan kedua dari ketidaksesuaian tersebut adalah bahwa anak tersebut mungkin tidak membedakan antara dampak psikologis tinnitus dan signifikansi medisnya.

Tinnitus terus – menerus dapat mengganggu dan mengganggu, dan pada kasus yang parah dapat menyebabkan tekanan psikologis dan mengganggu kemampuan anak Anda untuk menjalani kehidupan normal. Kabar baiknya adalah bahwa kebanyakan anak – anak dengan tinitus dapat mengatasi gejala tersebut. Tidak sampai anak menjadi dewasa.

Perawatan yang Dapat Ditawarkan

Kebanyakan orang, termasuk anak-anak, yang didiagnosis menderita tinnitus menemukan bahwa tidak ada masalah spesifik yang mendasari tinnitus mereka. Akibatnya, tidak ada obat atau operasi khusus untuk mengobati. Namun, para ahli menyarankan agar langkah – langkah berikut diambil untuk anak dengan didiagnosis tinnitus:

Yakinkan anak. Jelaskan bahwa kondisi ini biasa terjadi dan tidak sendirian. Mintalah dokter Anda untuk menjelaskan kondisi tersebut kepada anak dalam hal dan gambar yang dapat mereka pahami. Bergantung pada sifat tinnitus, dokter mungkin akan melakukan tes lebih lanjut, seperti tes pendengaran, CT scan, atau MRI.

Jelaskan bahwa dia mungkin merasa kurang tertekan oleh tinnitus mereka di masa depan: Banyak anak merasa terbantu jika tinnitus mereka dijelaskan dengan hati-hati dan mengetahui tentang cara mengelolanya. Hal ini sebagian disebabkan oleh konsep medis yang dikenal dengan istilah plastisitas syaraf? dimana anak-anak lebih mampu mengubah respons mereka terhadap segala jenis stimulasi. Jika ditangani dengan hati-hati, tinnitus masa kanak-kanak mungkin bukan masalah serius.

Gunakan generator suara atau berikan suara latar belakang. Terapi suara, yang membuat tinnitus kurang terlihat, telah digunakan untuk mengobati orang dewasa untuk beberapa lama, dan juga bisa digunakan pada anak-anak. Jika tinnitus terjadi secara teratur, dengan terapi suara sistem saraf anak bisa beradaptasi dengan kondisinya. Suara itu bisa bersifat lingkungan, seperti kipas musik atau musik latar yang sepi.

Minta anak tunarungu memakai alat bantu dengar. Seorang anak dengan tinnitus dan gangguan pendengaran mungkin menemukan bahwa alat bantu dengar dapat membantu memperbaiki tinnitus. Alat bantu dengar dapat mengambil suara yang mungkin tidak didengar anak-anak. Yang pada gilirannya akan membantu otak mereka menyaring tinnitus mereka. Ini mungkin juga membantu mereka dengan menahan ketegangan karena mendengarkan.

Akhirnya, bantu anak Anda rileks. Beberapa anak percaya bahwa tinnitus mereka semakin parah saat mereka mengalami stres. Diskusikan teknik menghilangkan stres yang sesuai dengan dokter anak atau keluarga Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.