Kemampuan Mendengar Yang Dibutuhkan Di Kelas

Kemampuan mendengar anak –¬†Untuk anak-anak yang mengalami permasalahan gangguan pendengaran, akan banyak hal yang harus dikuasai untuk menguasai kemampuan pendengaran.Pembelajaran kemampuan tersebut sudah selayaknya dilakukan sejak gangguan pendengaran berhasil diidentifikasi atau di awal minggu. Berikut ini beberapa hal yang memang harus dipelajari.

Penemuan dan pembedaan

Salah satu hal yang bisa membuat anak-anak dengan permasalahan gangguan pendengaran ini bisa meraih suatu kesuksesan adalah dengan berusaha mendengar apa yang sedang terjadi di dalam ruang kelas. Mereka harus berusaha memahami ketika gurunya sedang memanggil dirinya untuk mendapatkan suatu giliran serta respon. Memahami apa yang gurunya katakan juga menjadi kunci atas kesuksesan dari seorang murid dengan gangguan pendengaran di sekolah.
Dalam hal ini, jika seorang guru meminta anak dengan gangguan pendengaran untuk mengambilkan truk berwarna biru, maka anak tersebut sudah selayaknya mengetahui bagaimana cara meresponnya. Mereka diharapkan mengetahui suatu percakapan dan bisa melakukan 2-3 langkah di tingkat pertamanya. Hal ini sudah sewajarnya berkembang seiring mereka menjadi lebih dewasa.

Kemampuan membedakan

Apa yang perlu anak-anak dengan gangguan pendengaran pelajari kaitannya dengan kemampuan utama adalah kaitannya dengan kemampuan untuk membedakan huruf hidup yang notabene sangat mudah untuk dibedakan oleh kebanyakan anak dengan gangguan pendengaran. Di lain sisi, mereka juga perlu memahami huruf mati, karena kebanyakan huruf mati memberikan detail informasi kepada mereka. Membedakan fonem yang hampir serupa ataupun tidak juga sangat penting untuk dipelajari. Sangat penting untuk memastikan jika anak-anak tersebut bisa membedakannya di bagian awal ataupun akhir.

Membedakan dalam kegaduhan

Setiap anak dengan gangguan pendengaran akan lebih mudah mendengar di lingkungan yang tenang dan sebaliknya. Namun, seorang akan dengan kekurangan semacam ini akan dilatih untuk bisa mendengarkan di lokasi yang gaduh, sehingga mereka akan bisa membangun kemampuan semacam itu.

Menggunakan kemampuan pembeda untuk belajar

Untuk mengembangkan kemampuan anak, maka tidak hanya dibutuhkan kemampuan pembedaan saja, namun juga kemampuan pendengaran untuk mendapatkan informasi. Hal ini mencangkup mendengarkan kepada guru, membangun vocabulary dan mengembangkan kemampuan berfikir kritis. Seorang anak harus memiliki kemampuan pendengaran untuk mengembangkan kosa kata yang nantinya akan berkembang menjadi suatu kemampuan berfikir kritis. Dalam hal ini, anak perlu memiliki kemampuan dalam mendengarkan cerita, mengetahui detail informasi, menjawab pertanyaan tentang isi cerita dan berdiskusi tentang cerita.
Oleh sebab itu, sangatlah penting dalam mengembangkan kemampuan pendengaran demi mengembangkan pemikiran kritis. Jadi, apa tujuan dari itu semua?
Pertama, anak perlu mengenal teknologi dengan baik, sehingga mereka akan bisa mendengar apa yang seharusnya mereka harus dengar untuk dipelajari

  1. Pastikan untuk selalu ingat menggunakan teknologi mikropon terpisah yang pada hakikatnya mereka sangatlah membutuhkannya
  2. Akan sangat penting untuk mempertimbangkan pengembangan kemampuan pendengaran sehingga mereka bisa menggunakan pendengaran untuk belajar
  3. Perlu diingat bahwa tujuan dari kemampuan pendengaran adalah pembelajaran bahasa sehingga apa yang dipelajari anak diarahkan pada perkembangan bahasa
  4. Perkembangan bahasa sangatlah komplek dan hal ini mencangkup pembelajaran pada anak untuk berfikir atas apa yang mereka dengar sehingga bisa menanyakan suatu pertanyaan untuk mendapatkan klarifikasi

Kapan terapi mendengar dihentikan?

Perihal pemberhentian terapi pendengaran masih menjadi perdebatan mengingat kajian tentang bahasa dan kemampuan akademis semakin komplek. Di lain sisi, kemampuan mendengar atas anak dengan gangguan pendengaran sudah sepatutnya terus diperhatikan. Tindakan evaluasi selama tiga tahun sekali tidaklah cukup padahal ahli pendengaran selalu melakukan monitoring setiap tahunnya atas masalah ini. dengan melakukan tes di lingkungan yang bising, pada salah satu telinga ataupun kedua-duanya, semua itu akan membantu dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis. Jika anak masih terlihat bermasalah dengan kemampuan mendengar, lakukan kembali terapi mendengar.