Gangguan Pendengaran Anak, Yuk Kenali Sejak Dini

Gangguan Pendengaran Anak, Yuk Kenali Sejak Dini

Memiliki anak yang terlahir sempurna merupakan harapan semua keluarga. Akan tetapi bagaimana jika si anak nyatanya terlahir dengan beberapa masalah pada fisiknya? Maka dari itu sebaiknya kenali terlebih dahulu beberapa masalah tersebut, salah satunya adalah gangguan pendengaran. Salah satu faktor yang menentukan normal atau tidaknya pendengaran anak tergantung pada fungsi telinga. Anak akan melalui beberapa tahapan dalam masa tumbuh kembangnya. Pada anak normal, pendengarannya sudah berfungsi sejak dalam kandungan. Akan tetapi ditemui beberapa gangguan pendengaran pada anak yang terjadi sejak lahir.

Banyak yang bertanya-tanya, mengapa anaknya sudah mulai tumbuh besar namun mengalami kesulitan dalam belajar berbicara. Hal ini mungkin saja terjadi karena adanya masalah pendengaran pada anak. Melihat hal ini maka sebaiknya Anda mengetahui sebab-sebab timbulnya masalah pada pendengaran anak, berikut pemaparannya.

Sebab Terjadinya Gangguan Pendengaran

Bicara mengenai penyebab gangguan pendengaran pada anak maka akan ditemui sebab yang bermacam-macam. Salah satu hal yang paling mendasar adalah karena faktor keturunan atau genetik. Seorang anak yang terlahir dengan gangguan pendengaran biasanya merupakan bawaan atau keturunan dari anggota keluarga yang juga bermasalah dengan pendengarannya.

Selain karena faktor keturunan atau genetik, juga bisa disebabkan oleh faktor lain. Penyebab lainnya bisa berupa infeksi yang terjadi ketika masa kehamilan ibu dari sang anak tersebut. Bisa juga karena konsumsi obat yang bersifat ototoksik saat kehamilan. Hal lainnya mungkin juga disebabkan karena adanya trauma ketika proses kelahiran, riwayat infeksi di bagian otak, dan sebab-sebab lainnya.

Dari catatan beberapa bayi yang terlahir dengan gangguan pendengaran, sampai sejauh ini hanya seperempat saja yang dapat diketahui penyebab pasti dari gangguan pendengarannya. Selebihnya belum ada penyebab pasti dari gangguan pendengaran anak yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kenali Ciri-ciri Gangguan Pendengaran

Gangguan pendengaran pada anak bisa dikenali berdasarkan berbagai hal. Meskipun gejala yang ditimbulkan tidak selalu sama antara anak satu dengan yang lainnya, namun ada gejala yang rata-rata dialami oleh anak secara umum. Gejala tersebut misalnya saat masih usia bayi, anak tidak kaget ketika mendengar suara keras atau tidak merespon saat ada bunyi-bunyian yang didekatnya.

Gangguan pendengaran pada anak bisa dilihat dari cukup lamanya proses berbicara. Selain itu pengucapan saat berbicara kurang jelas, sering bicara dengan volume keras, dan bisa juga si anak lebih senang menggunakan salah satu telinganya saja saat sedang mendengarkan sesuatu.

Dampak Gangguan Pendengaran

Jika anak terindikasi mengalami masalah pada pendengarannya maka segera lakukan penanganan yang tepat. Jika dibiarkan terlalu lama maka anak tersebut akan mengalami masalah dalam kemampuan berbahasa dan berbicaranya. Selain itu dampak ini juga akan berimbas pada kemampuan kognitif si anak dalam proses belajar.

Bahkan jika gangguan pendengaran pada anak ini terjadi sejak awal usia pertumbuhan, maka risiko terbesar adalah anak akan mengalami masalah berbahasa, berbicara, dan juga proses belajarnya. Kenali sedini mungkin jika anak Anda dicurigai mengalami gangguan pendengaran. Selanjutnya berikan tindakan yang tepat untuk mengurangi kemungkinan risiko yang akan timbul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *