Melatih Perkembangan Bicara Anak

Melatih Perkembangan Bicara Anak

Perkembangan bicara anak – Setiap bayi akan mengalami beberapa tahap perkembangan. Diantaranya seperti belajar mengenal banyak suara, cahaya, dan hal lain di sekitarnya. Bayi akan mulai mengenali pola-pola dari aktivitas tersebut dan memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya. Keterampilan persepsi merupakan bagian penting dari kemampuan kognitif, sehingga jika keterampilan tersebut dikembangkan sejak dini maka akan memberikan efek positif dalam kemampuan anak belajar. Lalu bagaimana cara untuk membantu perkembangan anak dan meningkatkan kemampuan anak untuk belajar?. Adalah dengan musik yang menurut para ahli dari hasil penelitian, musik dapat meningkatkan kemampuan belajar.

Cara membantu perkembangan anak belajar bicara adalah dengan musik

Hasil dari penelitian terkini menunjukkan bahwa bayi-bayi yang tergabung dalam grup yang diperdengarkan musik memiliki respon yang lebih kuat pada otak terhadap interupsi ritme musik dan suara dibandingkan dengan bayi-bayi yang tergabung dalam grup yang tidak diperdengarkan musik. Respon yang kuat ini terlihat pada kedua bagian otak yang diteliti, yaitu korteks pendengaran primer dan korteks prefrontal. Hal ini menunjukkan bahwa memang mendengarkan variasi musik bisa meningkatkan kemampuan bayi untuk mengenali pola dalam ritme suara yang rumit. Kemudian pengaruh musik tersebut dapat dihubungkan dengan bagaimana si bayi belajar berbicara.

Pentingnya berinteraksi dengan musik

Medical News Today berbincang dengan Dr. Patricia Kuhl, salah satu peneliti tentang harus seberapa aktifkah si kecil agar mendapat manfaat dari mendengarkan musik. Dr. Kuhl menjelaskan bahwa keaktifan anak itu sangat penting dalam mempelajari musik dan bahasa. Di dalam penelitian Dr. Kuhl ditemukan bahwa ketika bayi mendengarkan orang berbicara, bagian otak yang digunakan untuk merespon pembicaraan akan berada dalam keadaan aktif, meskipun si bayi belum bisa berbicara. Si bayi selalu ingin berinteraksi dengan dunia sekitarnya, seperti ingin merespons balik pembicaraan atau bergoyang mengikuti irama musik. Para peneliti berpendapat bahwa respon bayi terhadap musik (ketika si bayi bergoyang saat mendengar musik) adalah salah satu bagian penting dari kesuksesan eksperimen ini.

Apakah jenis musik akan berpengaruh?

Semua jenis musik memiliki pola tersendiri. Faktor yang memberikan manfaat pada otak bayi adalah pola suaranya, bukan jenis musiknya. Jadi, semua jenis musik dapat diaplikasikan dalam kegiatan ini. Para peneliti berpendapat bahwa bayi-bayi yang mendengarkan musik akan belajar untuk mengenali pola. Kemampuan untuk mengenali pola ini adalah sesuatu yang sangat penting dalam proses pembelajaran, bukan hanya dalam musik tetapi dalam hal-hal yang lain juga. Para peneliti juga melihat bahwa efek dari musik berpengaruh juga pada kemampuan berbicara terutama pada anak yang mengalami gangguan pendengaran.

Apakah ada efek lain dari mendengarkan pola musik ini?

Sampai saat ini, peneliti belum mengetahui apakah kegiatan ini juga mempengaruhi kemampuan bayi dalam mengenali pola visual atau pola lain. Namun, para peneliti sependapat bahwa belajar memprediksi pola adalah kemampuan yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan belajar secara umum. Para peneliti juga belum mengetahui apakah cara membantu perkembangan anak belajar dengan musik memberi efek yang sama jika baru dilakukan ketika anak sudah lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *