Membersihkan Telinga Anak dengan Cara yang Aman

cara aman membersihkan telinga anak

Banyak orang bilang, membersihkan telinga anak merupakan hal yang tidak perlu dilakukan. Karena nanti akan bersih sendiri, sebab kotoran telinga bisa keluar dengan sendirinya. Ternyata hal ini memang benar, kotoran telinga akan keluar sendiri apabila kita mengunyah. Sebab dengan mengunyah, secara tak sengaja kita menggerakkan rahang.

Rahang ini mendorong bagian depan sehingga membuat kotoran telinga mengalir keluar. Jadi secara otomatis membersihkan telinga.
Gerakan mengedot pada bayi juga bisa membersihkan telinga. Begitupun bila si bayi menangis. Sebab rahangnya yang bergerak secara tak langsung bisa mengeluarkan kotoran di telinganya.

Cara Membersihkan yang Salah Dapat Menyebabkan Infeksi

Tidak jarang para orangtua “terpancing” untuk membersihkan telinga si kecil. Entah karena tidak tega melihat si kecil sebentar-sebentar mengorek atau menggaruk telinganya dengan jari tangan.

Atau karena risih melihat kotoran yang sudah “bertumpuk”. Sebenarnya, telinga boleh saja dibersihkan. Asal dilakukan dengan ekstra hati-hati. Jika orang tua terlalu ngotot membersihkan telinga anaknya, bisa berbahaya.


Sebab, bila alat untuk membersihkan telinga terlalu masuk ke dalam liang telinga, maka bukannya kotoran tersebut keluar seperti yang diharapkan, tetapi malah terdorong masuk lebih dalam. Bila hal ini sering terjadi, sedikit demi sedikit kotoran-kotoran tersebut akan menyumbat telinga sehingga membuat pendengaran jadi terganggu. Dan yang lebih parah bisa terjadi infeksi.

Karena liang telinga memiliki kelembaban tersendiri yang berbeda dengan kulit di bagian lain. Liang telinga sangat sensitif, jika tergores sedikit atau terluka, maka akan mudah timbul infeksi.
Bila hal itu terjadi, nantinya akan tumbuh semacam bisul. Gejalanya pada bayi dan anak antara lain panas, gelisah, atau menangis terus. Oleh karena itu, jika orang tua berniat membersihkan telinga si kecil, janganlah sampai ke telinga bagian dalam atau bagian liang telinganya. Cukup bersihkan pada bagian cuping dan sekitar mulut liang.

Cara Aman Untuk Membersihkan

Cukup bersihkan bagian luarnya saja. Gunakan cotton bud khusus dengan ekstra hati-hati. 

Baik kotoran telinga basah maupun kering, cara membersihkannya tidak berbeda. Misalnya, ketika bayi mandi gunakan saja handuk lembut khusus bayi pada telinga bagian luarnya. Itu sudah cukup membersihkan telinga anak. Bisa juga dengan menggunakan cotton buds, yang memang sudah dirancang untuk bisa membersihkan lekuk-lekuk telinga. Biasanya kotoran telinga yang kering lebih sulit dibersihkan daripada yang basah.


Untuk mempermudahnya, gunakan cotton buds yang sudah diberikan cairan bersifat minyak. Seperti baby oil atau minyak kelapa yang bersih. Cairan tersebut berguna sebagai pelunak kotoran.

Tetapi jangan pernah meneteskan cairan tersebut ke dalam telinga karena malah akan menyumbat liangnya. Sekali lagi, hati-hati saat membersihkan telinga anak. Sebaiknya gunakan cotton buds yang sesuai dengan telinga si kecil.

Karena bila terlalu besar, kotoran malah akan masuk ke dalam liang telinga. Alhasil kotoran telinga secara bertahap akan menumpuk sehingga menjadi keras.
Saking kerasnya kotoran ini bisa-bisa menyerupai kerasnya batu dan menyebabkan gangguan pendengaran pada anak.

Jika sudah seperti itu, penanganannya harus oleh dokter THT. Biasanya dokter akan mencoba mengeluarkan kotoran tersebut. Bila pasien merasa kesakitan karena kerasnya kotoran, maka akan diberi cairan atau obat pelunak kotoran lainnya.

Dengan bantuan cairan tersebut, tak lama kemudian kotoran akan mudah dikeluarkan oleh dokter. Bila orang tua memberi perawatan yang tepat, kejadian seperti ini akan jarang menimpa anak-anak.


Kerasnya atau tertutupnya kotoran telinga biasanya terjadi dalam waktu yang lama. Kecuali memang ada penyakit pada liang telinganya. Misalnya, eksim atau radang telinga luar yang pada liang telinga terjadi penumpukan pengelupasan kulit akibat penyakitnya tersebut. Tidak ada aturan mengenai kapan saja sebaiknya telinga dibersihkan. Boleh saja membersihkan telinga setiap hari. Asal cukup bersihkan pada bagian luarnya saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *