Mengelola Anak Dengan Gangguan Pendengaran

Mengelola Anak Dengan Gangguan Pendengaran

Gangguan pendengaran permanen atau jangka panjang tidak memerlukan atau mendapat manfaat dari amplifikasi pribadi. Anak dengan gangguan pendengaran dan tidak memakai alat bantu dengar, ada hal lain yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengelola kebutuhan pendengaran mereka.

Strategi komunikasi

Semua anak dapat memperoleh manfaat dari strategi komunikasi yang baik. Sebagai contoh:

  1. Dapatkan perhatian anak Anda sebelum berbicara
    Cobalah untuk memastikan bahwa mereka fokus mendengarkan sebelum Anda mulai berbicara dengan mereka.
  2. Hadapi anak Anda saat berbicara
    Pastikan anak Anda dapat melihat wajah Anda dengan jelas. Bicaralah dengan normal. Jangan berbicara dengan anak Anda dari ruangan lain atau dari kejauhan. Jauhkan tangan Anda dari wajah saat berbicara. Melihat wajah Anda akan memberi anak Anda petunjuk tambahan jika ada suara ucapan yang terlewatkan. Dorong anak Anda untuk melihat Anda saat Anda berbicara.
  3. Batasi kebisingan yang berlebihan jika memungkinkan
    Misalnya, matikan atau turunkan TV atau pindahkan ke ruangan lain agar tidak bersaing dengan suara Anda saat Anda berbicara dengan anak Anda.
  4. Ciptakan lingkungan yang kaya bahasa di rumah
    Kegiatan keluarga sehari-hari adalah lingkungan belajar yang kaya untuk perkembangan bahasa. Berikan anak Anda banyak kesempatan untuk belajar melalui percakapan keluarga dan bermain. Jadikan membaca sebagai bagian rutin dan menyenangkan dari hari keluarga Anda dan bersenang-senanglah dengan musik dan nyanyian.
  5. Pastikan guru anak Anda menyadari gangguan pendengaran dan implikasinya di kelas
    Hal ini akan memungkinkan guru untuk mengadopsi strategi yang tepat di kelas untuk membantu anak Anda.
Amplifikasi medan suara

Sistem soundfield digunakan di dalam kelas untuk memastikan suara guru sama kerasnya di semua bagian kelas. Guru memakai mikrofon yang mentransmisikan suara mereka ke amplifier dan sistem pengeras suara. Ini membantu mengatasi kesulitan mendengarkan yang disebabkan oleh jarak dari guru, kebisingan latar belakang atau suara yang lembut.

Soundfield dibeli oleh sekolah atau individu dan beberapa opsi dukungan pendanaan mungkin tersedia di wilayah Anda. Audiolog Anda akan dapat memberi Anda lebih banyak informasi.

Memantau pendengaran anak Anda

Perhatikan tanda-tanda gangguan pendengaran konduktif. Sebagian besar anak mengalami beberapa periode gangguan pendengaran sementara yang berhubungan dengan pilek, flu, dan infeksi telinga saat mereka tumbuh dewasa. Jika seorang anak sudah mengalami gangguan pendengaran ringan atau unilateral (gangguan pendengaran pada satu telinga), penurunan sementara ini dapat berdampak cukup besar pada pendengaran dan perkembangan bicara dan bahasa mereka. Anda dapat mengurangi dampaknya dengan menindaklanjuti tanda-tanda gangguan pendengaran konduktif secara dini.

Jika Anda berpikir anak Anda mungkin menderita Otitis Media , hubungi dokter keluarga Anda.

Perubahan permanen dalam pendengaran

Pendengaran beberapa anak mungkin memburuk seiring waktu. Audiolog Anda akan berdiskusi dengan Anda kapan anak Anda harus kembali untuk penilaian ulang. Sampai saat itu Anda dapat memperhatikan tanda-tanda peringatan bahwa pendengaran anak Anda mungkin telah berubah.

Bagaimana cara mengetahui apakah pendengaran anak saya telah berubah?

Perhatikan tanda-tanda kesulitan mendengar seperti:

  • Tidak menyadari seseorang yang “tidak terlihat” sedang berbicara;
  • Tidak merespon ketika namanya dipanggil dan/atau memberikan tatapan kaget atau terkejut saat menyadari namanya telah dipanggil;
  • Meminta pengulangan atau mengatakan “apa?” sering;
  • Memperhatikan wajah pembicara dengan seksama;
  • Meningkatkan volume TV atau duduk sangat dekat dengan TV bila disetel pada volume normal; dan
  • Meningkatnya kesulitan atau masalah perilaku di dalam kelas.

Jika menurut Anda respon anak Anda terhadap suara telah berubah, tindak lanjuti ini dengan audiolog Anda.

Hindari paparan kebisingan yang tidak perlu

Saat anak Anda tumbuh, pastikan mereka tidak terkena suara keras yang tidak perlu. Dorong anak Anda untuk menggunakan pelindung pendengaran bila diperlukan, misalnya : memotong rumput atau bekerja dengan mesin yang keras. Cobalah untuk menghindari penggunaan stereo pribadi yang berlebihan pada pengaturan volume tinggi.

Pantau perkembangan bicara dan bahasa anak Anda

Belajar berkomunikasi adalah proses selangkah demi selangkah. Sementara anak-anak berkembang secara individual, ada pola umum untuk perkembangan bicara.

  • Anak usia 3 tahun, suara yang dihasilkan: p, b, m, w, t, d, n, k, g, h, y
  • Anak usia 4 tahun, suara yang dihasilkan: s, z, sh, ch, l, j, f
  • Untuk anak usia 8 tahun, suara yang dihasilkan: v, th, r, campuran (seperti tr, pl)

Adalah normal bagi anak-anak untuk membuat kesalahan ketika mereka mulai berbicara. Ini mungkin melibatkan penggantian suara, meninggalkan suara atau mencampur urutan suara dalam kata-kata. Pada tahun-tahun awal, beberapa ucapan mungkin masih belum jelas karena tidak semua suara ucapan telah dikuasai sepenuhnya. Pada usia berapa pun, bicara mungkin menjadi kurang jelas jika mereka lelah, tidak sehat, atau bersemangat.

Jika Anda khawatir dengan perkembangan bicara dan bahasa anak Anda, mintalah saran dari ahli patologi wicara.

Prestasi sekolah

Dengan mengalami gangguan pendengaran anak Anda mungkin mulai menyebabkan kesulitan, karena sekolah menjadi lebih menantang.

Pastikan bahwa guru anak Anda mengetahui gangguan pendengaran tersebut. Dorong mereka untuk memberi tahu Anda jika menurut mereka gangguan pendengaran memengaruhi kinerja anak Anda di kelas.

Tanggapi perubahan kebutuhan anak Anda

Kebutuhan dan sikap anak-anak terhadap gangguan pendengaran mereka dapat berubah dari waktu ke waktu. Teknologi berubah dengan cepat dan memberikan pilihan yang tidak tersedia di masa lalu. Akibatnya, Anda mungkin ingin meninjau kembali keputusan Anda tentang amplifikasi pribadi pada tahap tertentu di masa mendatang. Ini bukan masalah. Hubungi audiolog Anda, yang akan dapat memberi Anda saran terbaru dan membantu Anda merencanakan tahap perkembangan anak Anda selanjutnya.

Jika Anda atau guru anak Anda khawatir bahwa gangguan pendengaran mempengaruhi anak Anda di sekolah, hubungi audiolog Anda.

Source:
https://www.aussiedeafkids.org.au/management-of-children-with-a-permanent-unaided-hearing-loss.html