Mengevaluasi Alat Bantu Dengar Anak Anda

Mengevaluasi Alat Bantu Dengar Anak Anda

Audiolog akan melakukan penyesuaian untuk menentukan tingkat suara yang diterima telinga dan yang didengar anak Anda dengan alat bantu dengarnya. Tes ini dilakukan untuk memastikan alat bantu dengar anak Anda diatur untuk kejelasan dan kenyamanan bicara yang optimal sesuai dengan prosedur pemilihan alat bantu dengar.

Tidak hanya mengandalkan alat bantu dengar saja. Tetapi peran Anda, anak dan guru anak Anda sangat penting dalam menentukan bahwa alat bantu dengar telah dipasang dengan tepat. Ukuran utama yang dapat digunakan audiolog untuk menilai kinerja yang dibantu adalah:

Mengukur tingkat suara

Untuk anak-anak dan orang dewasa yang lebih besar, kami mengukur tingkat suara referensi di saluran telinga tanpa alat bantu dengar. Dan kemudian mengulangi pengukuran dengan menggunakan alat bantu dengar di telinga. Perbedaan antara kedua pengukuran ini adalah insertion gain dari alat bantu dengar.

Pengukuran ini memberikan indikasi akurat apakah perolehan penyisipan (target) yang ditentukan telah tercapai di telinga. Jika tidak, audiolog dapat menyesuaikan alat bantu dengar lebih lanjut.

Pengukuran Real-Ear-To-Coupler Difference (RECD)

Pengukuran yang akurat pada anak dapat menjadi sulit untuk dicapai dan dua pengukuran yang diperlukan untuk penguatan penyisipan seringkali tidak dapat diperoleh. Dengan pengukuran Real-Ear-to-Coupler Difference (RECD) lebih disukai untuk anak-anak dan bayi karena mereka hanya memerlukan satu pengukuran saja.

Dalam prosedur ini, tingkat suara referensi diukur di telinga anak dengan alat bantu yang terhubung ke coupler standar (konektor) di kotak tes alat bantu dengar. Perbedaan antara kedua pengukuran ini (telinga asli dan coupler) adalah Real-Ear-to-Coupler Difference.

Dengan menggunakan pengukuran ini, audiolog dapat secara akurat memprediksi tingkat suara di telinga anak saat alat bantu tersebut dipakai. Oleh karena itu, alat bantu dengar dapat disesuaikan di kotak uji untuk mencapai kecocokan terbaik dengan target.

Evaluasi bidang suara

Evaluasi bidang suara melibatkan perolehan ambang pendengaran untuk pendengaran berbantuan anak Anda. Suara disajikan melalui speaker headphone dan suara paling lembut yang dapat didengar anak Anda dengan alat bantu dengar mereka direkam. Tanggapan kemudian dibandingkan dengan ambang batas yang dibantu target.

Dengan penggunaan pendengaran digital, yang menggunakan sirkuit kompresi, jenis evaluasi ini digunakan lebih sedikit daripada sebelumnya untuk menentukan cara seorang anak dapat menggunakan alat bantu dengar yang sesuai. Karena prosedur ini bergantung pada pendeteksian suara atau ambang batas yang paling lembut, alat bantu dengar kemungkinan besar akan memberikan lebih banyak penguatan pada tingkat ini daripada untuk input bicara normal.

Tes Persepsi Bicara

Memberi tahu kita seberapa jelas seorang anak dapat mendengar ucapan, dan dapat digunakan untuk mengembangkan gambaran yang lebih komprehensif tentang kemampuan mendengarkan anak dengan alat bantu dengar.

Aided Cortical Testing

Alat evaluasi Aided Cortical Testing masih sangat baru dan sangat terspesialisasi. Baru saja dikembangkan karena uji klinis dan peralatan tidak tersedia di sebagian besar pusat pendengaran. Dapat digunakan di mana anak-anak tidak dapat memiliki evaluasi yang dapat diandalkan melalui cara lain. Melibatkan pemasangan elektroda (cakram logam kecil) ke kepala anak dan menghadirkan beberapa suara ucapan melalui pembicara pada tingkat yang diketahui. Elektroda mencoba menangkap aktivitas listrik otak yang diciptakan oleh suara-suara ini. (Ini adalah jenis EEG). Ini membantu menentukan apakah suara sedang terdeteksi dan dapat memberi tahu cara menyesuaikan alat bantu dengar bahkan untuk bayi.

Speech-O-Gram

Speech-o-gram adalah cara menampilkan informasi tentang pemasangan alat bantu dengar anak Anda. Ini memberikan gambaran (untuk setiap telinga secara individual) tentang suara apa yang harus dideteksi anak dalam berbicara saat menggunakan alat bantu dengar mereka, termasuk informasi tentang seberapa banyak rata-rata ucapan yang terdengar dan efek dari perubahan dalam pemasangan alat bantu dengar.

Bagian spektrum yang berada di atas ambang batas ditandai dengan bayangan yang lebih gelap daripada bagian yang tidak terdengar. Untuk orang-orang dengan gangguan pendengaran ringan dan sedang di semua frekuensi, audibilitas yang lebih tinggi umumnya berarti lebih banyak kejelasan. Tetapi hal ini tidak selalu terjadi pada frekuensi mana pun yang kehilangannya melebihi sekitar 60dB. Lebih banyak audibilitas selalu berarti lebih banyak kenyaringan, dan ini mungkin tidak selalu diinginkan.

Ingatlah bahwa sinyal suara melalui alat bantu dengar terus berubah saat pembicara berbicara. Juga, orang mungkin berbicara dengan suara lembut atau keras, dan mungkin dekat atau jauh. Jadi dalam kehidupan nyata sinyal suara yang masuk ke alat bantu dengar seringkali berbeda dengan yang ditampilkan di speech-o-gram, itu hanya panduan.

Penyesuaian

Setelah menyesuaikan alat bantu dengar untuk mendapatkan kesesuaian dengan target amplifikasi, audiolog terus memantau dan mengevaluasi pemasangan untuk melihat apakah ada penyesuaian yang perlu dilakukan untuk memperhitungkan faktor individu. Ini dapat dilakukan dengan beberapa cara:

1. Menanyakan pendapat anak

Hal ini jelas memiliki keterbatasan pada bayi dan anak yang memiliki keterbatasan kemampuan bicara dan bahasa. Bahkan jika seorang anak dapat memberi tahu audiolog apa yang mereka pikirkan tentang suara alat bantu dengar mereka, masih sangat sulit untuk menafsirkan komentar untuk menentukan penyesuaian apa yang harus dilakukan. Namun, umpan balik seorang anak tentang suara alat bantu dengar mereka selalu ditanggapi dengan serius.

2. Perbandingan berpasangan

Prosedur ini paling tepat untuk anak di atas enam tahun dengan gangguan pendengaran sedang dan berat. Anak diharuskan mendengarkan cerita sederhana yang direkam dalam video. Mereka diminta untuk membandingkan ucapan yang diperkuat dengan cara yang berbeda, dan memberi tahu mana yang terdengar paling baik. Jika anak lebih suka pengaturan alternatif dari apa yang ditentukan, alat bantu dengar dapat disesuaikan.

3. Meminta pendapat orang tua dan guru

Mengumpulkan informasi dari orang tua dan guru sangat penting untuk memahami bagaimana anak mendengar. Informasi-informasi tersebut sangat berharga dalam mengevaluasi apakah alat bantu dengar diatur ke kenyaringan yang nyaman, dan seberapa baik anak menerima dan menggunakan alat bantu tersebut. Informasi dapat dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner formal atau dengan diskusi dengan orang tua atau guru. Jika informasi tes perilaku terbatas, pengamatan dari orang tua dan guru membantu membangun gambaran yang lebih lengkap tentang kemampuan pendengaran anak.

 

Source:
https://www.aussiedeafkids.org.au/assessing-a-childs-aided-hearing.html