Meningkatkan Kemampuan Auditori

meningkatkan kemampuan auditori

Meningkatkan Kemampuan Auditori

APD atau Auditory Processing disorder bisa mempengaruhi banyak aspek tentang bagaimana anak belajar di kelas untuk meningkatkan kemampuan auditori mereka, yakni tentang memfokuskan diri pada apa yang telah guru ajarkan untuk cara membaca yang baik dan benar. Lihat beberapa contoh yang bisa mendukung apa yang kita butuhkan.

APD memberikan sisi kesulitan tersendiri untuk anak dalam memahami apa yang mereka dengar. Selain itu, APD juga bisa memberikan fungsi yang cukup sulit untuk anak, sehingga mereka akan menemui kesulitan untuk belajar di kelas. Berikut adalah beberapa contoh akomodasi guru yang bisa digunakan untuk membantu APD.

Untuk Pembelajaran di dalam Kelas

Ulangi dan ungkapkan kembali informasi kunci tanpa mengintip pelajaran lagi. Pengulangan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman informasi kepada anak yang memiliki gangguan pendengaran.

Pilih kursi duduk yang dekat dengan meja guru dan hindari tempat duduk di dekat pintu dan jendela.

Bicara dengan jelas dan pelan ketika mempresentasikan informasi. Ini akan sangat membantu memberikan informasi kepada siswa yang berkebutuhan khusus, penyandang gangguan pendengaran, dengan lebih maksimal.

Berikan sinyal penanda kepada siswa tentang point penting yang telah dibuat

Ijinkan siswa untuk menggunakan alat menyimak seperti alat bantu dengar untuk mendengarkan suara guru lebih mudah. Alat bantu dengar ini akan menjadi alat yang sangat membantu proses belajar siswa.

Menggunakan peralatan visual seperti papan tulis atau komputer untuk memberikan visualisasi dukungan terhadap pelajaran yang diajarkan. Papan tulis akan menjadi visualisasi mekanis sedangkan komputer untuk visualisasi elektroniknya. Akan sangat membantu proses belajar mengajar di sekolah.

Gunakan gambar dan gerakan tubuh untuk meningkatkan pemahaman siswa. Bentuk gambar ini adalah visualisasi atau gambaran untuk membantu memberikan pemahaman kepada anak-anak dengan gangguan pendengaran.

Untuk Kegiatan di Kelas dan Pengambilan Tes

Menyediakan sebuah area khusus yang sepi untuk jenis pekerjaan individu yang mandiri. Suasana yang sepi akan menjadi suasana yang efektif untuk membantu pembelajaran.

Jangan menghukum siswa yang memiliki kesalahan pengejaan. Ini akan membuat mental siswa drop karena merasa tidak dihargai dan merasa sendiri.

Susun kelompok belajar untuk mengambil catatan yang lebih lengkap. Ini akan melatih kerja sama siswa dengan teman-teman lainnya. Ini akan meningkatkan interaksi dengan lingkungan.

Menyediakan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan dan menggunakan kekuatannya secara maksimal di dalam kelas. Kesempatan ini akan memberikan siswa kesempatan untuk mengeksplor bakatnya.

Menyediakan waktu yang luas untuk pengujian. Pengujian atau tes akan mengukur kemampuan anak. Tes yang dilakukan adalah tes khusus yang memang bisa digunakan untuk mengukur kemampuan anak yang memiliki masalah gangguan pendengaran.

Menghentikan pemberian tugas kepada siswa dengan memberikan instruksi khusus kepada siswa melalui perintah pendek secara lisan dan tertulis. Instruksi secara tertulis lebih efektif karena akan lebih cepat tersampaikan. Sedangkan untuk instruksi lisan sedikit sulit karena kesulitan pendengaran.

Untuk Persiapan Kelas

Pastikan siswa mau membaca dan menjadi lebih familiar dengan bahan-bahan sebelum pelajaran dimulai. Tema-tema familiar yang digunakan akan sangat membantu ingatan siswa dengan kebutuhan khusus.

Menyediakan sebuah daftar kosa kata dan konsep untuk pembelajaran yang akan datang. Kosa kata yang terkumpulkan akan menjadi kosa kata yang sangat membantu pemahaman siswa. Kosa kata akan lebih mudah untuk diingat, sehingga nantinya akan dirangkai. Menyediakan perintah dengan lembar kerja tertulis dan daftar lembar kerja selama 1 minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *