Obat Kemoterapi Menyebabkan Gangguan Pendengaran ?

kemoterapi menyebabkan gangguan pendengaran

Perawatan kanker adalah masa yang sulit bagi pasien muda dan keluarga mereka. Meskipun kemoterapi memiliki keuntungan penting dalam pengobatan dan pengelolaan berbagai jenis kanker, beberapa efek samping negatif patut dipertimbangkan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa anak-anak yang menerima pengobatan kemoterapi dapat mengembangkan efek samping yang menantang dan mengubah hidup: gangguan pendengaran.

Apa yang diungkapkan penelitian?

Sebuah studi Februari 2021 yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet Child & Adolescent Health menemukan bahwa obat kemoterapi menyebabkan gangguan pendengaran pada anak – anak. Risiko dari cisplatin-induced hearing loss (CIHL) paling besar di antara anak-anak di bawah usia lima tahun. Penulis utama Etan Orgel, MD, MS, ahli onkologi dan peneliti di Children’s Hospital Los Angeles mengatakan bahwa, “Kami pikir mungkin ada sesuatu tentang bagaimana obat diserap ke dalam tubuh dan kemudian masuk ke telinga bagian dalam yang berbeda. pada anak-anak yang lebih muda daripada pada orang dewasa atau remaja.”

Para peneliti juga menemukan hubungan antara dosis cisplatin dan kemungkinan gangguan pendengaran permanen. Semakin tinggi dosis seorang anak, semakin besar kemungkinan mereka untuk mengembangkan CIHL. Jenis kanker yang diderita seorang anak tidak memengaruhi risiko terjadinya gangguan pendengaran. “Jumlah obatnya, cara pemberiannya, kombinasi pengobatannya, [dan] intensitasnya yang menempatkan mereka pada risiko yang sangat, sangat tinggi untuk mengalami gangguan pendengaran,” kata Dr. Orgel.

Masalah kesehatan seumur hidup

Sayangnya, anak-anak dengan CIHL mungkin mendapati bahwa pendengaran mereka terus menurun setelah perawatan. Orgel memperingatkan bahwa setelah kemoterapi dengan cisplatin, gangguan pendengaran pasien dapat meningkat karena pemicu seperti musik keras.

“Ketika kita selesai dengan terapi, itu bukan akhir dari pertempuran. Bahkan jika Anda mengalami gangguan pendengaran selama terapi, seringkali pendengaran Anda tidak berakhir bertahun-tahun kemudian,” kata Dr. Orgel. “Jadi, kalau begitu kita bicara tentang pelestarian pendengaran.”

Dampak berkelanjutan dari CIHL

Penelitian sebelumnya tentang CIHL telah menunjukkan betapa dahsyatnya masalah ini bagi para penyintas kanker masa kanak-kanak. Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Cancer menemukan bahwa gangguan pendengaran dari cisplatin dapat mengganggu penderita kanker. “Orang yang selamat dari tumor padat non-SSP [artinya bukan dari sistem saraf pusat] dengan gangguan pendengaran yang serius memiliki peluang hampir dua kali lipat untuk tidak lulus dari sekolah menengah dan/atau pengangguran dibandingkan dengan mereka yang tidak mengalami gangguan pendengaran yang serius,” tulis para peneliti.

Pertimbangkan juga bahwa anak-anak dengan gangguan pendengaran sensorineural mungkin menghadapi hasil kesehatan mental yang lebih buruk. Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan di BMC Public Health menemukan bahwa gangguan pendengaran sensorineural dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang hingga 43 tahun kemudian. Para peneliti menulis bahwa temuan mereka “menunjukkan bahwa wanita dengan gangguan pendengaran sensorineural ringan atau ringan sejak masa kanak-kanak mengalami peningkatan tingkat kecemasan dan depresi, menurunkan kesejahteraan subjektif dan menurunkan harga diri.”

Melihat ke depan

Semua pembelajaran ini menyoroti perlunya perawatan kanker yang tidak meningkatkan risiko gangguan pendengaran. Tim yang bertanggung jawab atas penelitian baru ini mengakui bahwa lebih banyak studi dan solusi diperlukan sesegera mungkin. “Kami ingin memastikan bahwa kami memperhatikan efek samping dari terapi kami – dan untuk menyeimbangkan penyembuhan kanker sambil mencegah gangguan pendengaran seumur hidup sesudahnya,” kata Dr. Orgel. “Kami terjebak dengan rejimen ini karena bekerja dengan sangat baik, tetapi sekarang kami perlu menemukan cara untuk mengurangi efek sampingnya.

 

 

 

sumber : https://www.hearingtracker.com/news/kids-chemo-and-hearing-loss-what-new-research-reveals