Rehabilitasi Pendengaran – Yang Sering Terlupakan

Rehabilitasi Pendengaran - Yang Sering Terlupakan

Seringkali, hal yang hilang atau terlupakan untuk mereka yang mengalami gangguan pendengaran adalah terapi pendengaran, atau rehabilitasi pendengaran, terlebih bagi mereka yang menggunakan alat bantu pendengaran dalam masalah gangguan pendengaran yang ringan hingga cukup serius. Biasanya terapi pendengaran diberikan bersamaan dengan diberikannya terapi wicara untuk anak-anak dengan gangguan pendengaran, dan biasanya hal tersebut sangat penting pada tiga tahun awal saat bagian otak yang memproses informasi visual dan audio tumpang tindih atau  bersamaan: Bersama seorang anak dengan gangguan pendengaran, tendensi alami bagi mereka adalah menggunakan cara mudah berkomunikasi secara visual dan manual, yakni bahasa isyarat, yang kemudian mendesak keluar perkembangan pendengaran. Untuk anak usia remaja dan dewasa, rehabilitasi atau terapi pendengaran terkadang juga masih dimasukkan pada beberapa CI center (pusat kontraintelijen) di US dan pada sekitar 21 CI centre di UK.

Rehabilitasi atau Terapi Pendengaran Terbaik di Dunia

 Salah satu dari sekian banyak klinik tersebut ialah John Tracy Clinic, yang merupakan salah satu pusat audiologi anak terbaik di dunia. Saat ini, bahkan mereka memiliki 3 program parents courses jarak jauh yang bisa dengan mudah diikuti melalui email maupun secara online lainnya dari segala penjuru dunia. Program tersebut antara lain Mini Course, Baby Course, dan Preschool course. Semua program jarak jauh tersebut dapat diikuti dan dilakukan secara gratis oleh semua orangtua.

Selain JTC, ada juga professor audiologi Robert Sweetow dari UCSF, yang memiliki sebuah DVD dan web program terapi pendengaran bernama ‘Neurotone LACE Listening Program’. Dalam program tersebut terdapat banyak sekali latihan untuk pendengaran yang bisa diperoleh sebagai program terapi pendengaran yang bisa diaplikasikan sendiri.

Selain itu, ada juga program rehabilitasi pendengaran yang cukup interactif bernama ‘Angel Sound’ yang dikembangkan oleh Tiger-Speech Technology. Program tersebut dibagikan secara Cuma-Cuma oleh ‘Emily Shannon-Fu’ yang merupakan organisasi non profit. Anda bisa mendownloadnya secara gratis untuk PC maupun untuk iPad dan iPhone.

Ada juga ESL Lab bernama Randalls Cyber yang merupakan program berbasis web yang mungkin bisa sangat membantu. Program tersebut dapat dijadikan salah satu terapi terlebih untuk ‘English as a second Language’.

Selain itu, program terapi pendengaran dari ‘Advanced Bionics’ dan komunitas ‘Cochlear Implant’ juga bisa dijadikan salah satu contoh. Anda bisa memperolehnya dengan cara mudah dan gratis sehingga siapa pun bisa memperoleh terapi pendengaran yang sesuai.

Pentingnya Rehabilitasi atau Terapi Pendengaran

Tentu saja rehabilitasi atau terapi pendengaran adalah hal yang begitu penting. Bahkan Irene T. Brodsky pun secara tak sengaja membuat documenter film mengenai hal tersebut. Brodsky tak sengaja membuat dokumentasi mengenai CI failure.

Jadi sangat jelas bahwa rehabilitasi dan terapi pendengaran sangatlah diperlukan. Dari daftar program latihan atau terapi di atas dikatakan akan sangat efektif. Program tersebut sangat menyerupai program yang diberikan oleh klinik atau CI center. Namun, jika dilakukan secara lebih sering, maka hasilnya lebih baik. Jadi, mencoba program terapi tersebut secara otodidak juga sangat disarankan. Selain program terapi pendengaran tersebut, aktifitas seperti melakukan pembicaraan lewat telepon juga dapat sangat membantu.

Mencoba begitu banyak aktifitas yang dapat membantu dan mendukung dalam memperoleh terapi pendengaran bisa dengan mudah diperoleh saat ini. Bahkan ada begitu banyak situs yang juga menyediakan game atau aktifitas sebagai salah satu metode terapi pendengaran yang menyenangkan dan juga efektif, misalnya saja di Elllo.org, TalkEnglish.com, dan sebagainya.