Sekolah Untuk Anak-Anak Tunarungu

Memilih teman dekat dan teman bermain saat di sekolah untuk anak tunarungu sangatlah penting. Hal ini akan mempengaruhi perkembangan pendidikan, sosial, serta emosionalnya. Bagaimana perasaan anak saat berada di sekolah akan memberikan efek terhadap pembelajaran mereka kedepan.

Perbedaan Tipe Sekolah Untuk Anak Tunarungu

Ada banyak tipe sekolah yang berbeda untuk anak-anak tunarungu. Ada 3 kategori sekolah yang bisa digunakan oleh para anak tunarungu :
Sekolah Untuk Anak-Anak Tuli

Sekolah mainstream atau sekolah tendensi

Sekolah ini melayani semua anak yang berkebutuhan khusus, khususnya tuli. Beberapa sekolah bahkan memiliki staff ahli yang khusus melayani anak-anak tunarungu, biasanya sering disebut dengan resource provision. Staff ahli ini akan membawahi beberapa ruang kelas yang khusus digunakan sebagai kelas belajar mengajar anak-anak tunarungu.
Di beberapa sekolah, anak-anak tunarungu akan mendapatkan kelas mainstream atau kelas tendensi tanpa menggunakan CSW atau Communication Support Worker. Di  beberapa sekolah lain pun begitu, anak-anak tunarungu diajarkan semua mata pelajaran. Namun kesemuanya masih menggunakan penanganan spesial sekolah tendensi.
Semua anak memiliki hak untuk bersekolah di sekolah mainstream atau sekolah tendensi. Walaupun mereka tidak akan mendapatkan pengajaran yang sama dengan anak-anak di sekolah umum. Karena jika disamakan, maka tidak sesuai bagi sekolah tendensi, karena sekolah ini hanya untuk anak-anak berkebutuhan khusus.

Sekolah khusus

Sekolah Untuk Anak-Anak TuliSekolah ini diperuntukkan bagi anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus. Beberapa sekolah biasanya hanya akan membuka penerimaan siswa yang autis atau tunarungu saja. Padahal semua anak berkebutuhan khusus punya hak yang sama untuk bersekolah di sekolah khusus ini. Sekolah-sekolah khusus ini memiliki staff khusus, peralatan khusus, alat-alat pendukung pendidikan, serta strategi pembelajaran khusus untuk membantu anak-anak belajar. Anak Anda akan mendapatkan kebutuhan pendidikan khusus serta perencanaan pendidikan yang terkoordinasi.

Sekolah Residental

Sekolah ini adalah sekolah untuk anak-anak berkebutuhan khusus yang bisa menginap di sekolah. Anak-anak yang memiliki gangguan pendengaran bisa pulang ke rumah seminggu sekali. Anak-anak akan belajar di kelas dengan mengikuti pelajaran umum dan disediakan asrama untuk menginap.
Sekolah Untuk Anak-Anak TuliSekolah-sekolah ini bisa menjadi sekolah privat anak-anak tunarungu. Atau bisa juga di sebut dengan sekolah independen. Sehingga sangat penting untuk Anda untuk menyekolahkan sekolah privat. Namun pada kenyataannya, kesadaran itu masih belum banyak dipilih. Padahal dukungan itu dilandasi oleh layanan pendidikan lokal bagi anak-anak tunarungu.
Apakah Semua Sekolah Memiliki Aksi Persamaan Hak Atau Equality Act?
Sebuah Equality Act yang dirilis tahun 2010 merekomendasikan semua sekolah di Irlandia, Skotlandia, dan Wales untuk memiliki penyesuaian yang layak untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Hal ini bertujuan agar anak-anak tuli bisa berkembang sesuai dengan tahap perkembangannya, sama seperti anak-anak pada umumnya.