Terlambat Bicara: Gangguan Pendengaran Anak

Terlambat Bicara: Gangguan Pendengaran Anak

Mengapa Terlambat Bicara Dapat Dialami Oleh Anak?

Saat hampir semua orang menanyakan kondisi mengenai anak perempuan saya yang terlambat bicara, hal tersebut sangat membuat hati saya prihatin dengan kondisinya. Sebagai orangtua banyak cara yang dilakukan untuk membantu perkembangan buah hati. Dan setelah lama menunggu akhirnya saya mendengar kata – kata pertamanya dan merangkai kalimat sederhananya, ini sangat membuat saya bahagia sekali.

Untuk membantu perkembangan buah hati saya pun melakukan berbagai cara seperti Talking More (bicarakan dengan anak-anak Anda untuk meningkatkan vocab mereka) dan Taking Turns (dorong anak-anak Anda untuk menanggapi kata-kata / tindakan Anda).

Mengapa Penting Untuk Mendapatkan Intervensi Dini?

Intervensi dini penting untuk anak-anak tunarungu. Karena semakin cepat mereka menerima akses terhadap suara, semakin cepat mereka dapat belajar untuk mendengarkan dan berbicara seperti anak-anak lain. Intervensi dini dapat menjadi dasar pengembangan kemampuan bahasa dasar dan dapat membuat anak Anda sukses di sekolah.

Mengapa Anak Tidak Bisa Memakai Alat Bantu Dengar?

Bagi anak-anak dengan gangguan pendengaran yang parah sampai berat, alat bantu dengar mungkin tidak cukup bagi mereka untuk memahami suara dan belajar berbicara. Koklea mereka, atau telinga bagian dalam, mungkin rusak pada titik di mana amplifikasi saja mungkin tidak memberi mereka akses ke suara.

Dengan gangguan pendengaran yang lebih parah, implan koklea mungkin merupakan pilihan terbaik bagi anak Anda. Anak-anak dengan gangguan pendengaran parah sampai berat harus mencoba alat bantu dengar sebelum implan koklea menentukan apakah alat bantu dengar memberikan manfaat yang cukup.

Apa Keuntungan Sistem Implan Nukleus?

Sistem Implan Nukleus dapat membantu membuat suara tidak hanya lebih keras, tapi lebih jelas. Yang sangat penting untuk membantu anak Anda memahami suara dan belajar berbicara. Implan koklea dikenal secara luas sebagai pengobatan yang sudah mapan untuk anak-anak dengan gangguan pendengaran sedang hingga berat.

Apa yang Harus Anda Lakukan Selama Evaluasi?

Untuk mendapatkan implan pendengaran, seseorang harus menjadi kandidat dan memenuhi syarat untuk perangkat tersebut. Akan ada pemeriksaan medis dan audiolog, termasuk pemindaian sinar X dan mungkin MRI. Hal ini dilakukan untuk membantu menentukan apakah implan koklea sesuai dan jenisnya harus digunakan untuk anak Anda. Semua implan koklea dirancang untuk mengembalikan akses terhadap suara dengan cara yang sama, namun ada perbedaan mencolok antara perangkat.

Akankah Asuransi Anda Menutupi Biaya Sebuah Implan?

Asuransi kesehatan mungkin menjadi isu penting. Tidak seperti alat bantu dengar, implan koklea dapat ditutupi oleh rencana asuransi Anda termasuk Medicaid. Konsultasikan dengan perusahaan asuransi Anda sesegera mungkin mengenai kelayakan pertanggungan untuk anak Anda. Jika anak Anda memenuhi syarat, tim implan koklea akan mendiskusikan manfaat dan risiko dengan keluarga Anda dan menjadwalkan operasi setelah memperoleh persetujuan asuransi.

Apa yang Terjadi Setelah Implan Ditempatkan?

Setelah anak Anda mendapatkan perangkat implan yang tepat selama beberapa bulan setelah aktivasi. Anak Anda akan memiliki serangkaian pertemuan dengan audiolog untuk menyesuaikan dan menyempurnakan program pengolah suara untuk membantu memastikan kinerja pendengaran yang optimal dan kemajuan yang sedang dicapai adalah pertemuan Harapan anda Rehabilitasi juga akan terjadi di luar kantor audiolog.

Periksakan terlebih dahulu gangguan pendengaran buah hati Anda sejak dini ke spesialis THT. Karena jika masih bisa diatasi dengan alat bantu dengar, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk sebuah implan koklea. Dan semakin cepat gangguan pendengaran pada anak diatasi maka anak pun akan terhindar dari terlambat bicara.