Tips Pertama Kali Menggunakan Alat Bantu Dengar

Jika anak Anda mengalami gangguan pendengaran dan akan menggunakan alat bantu dengar, Anda harus memastikan bahwa alat bantu dengar tersebut memenuhi kebutuhan anak Anda. Menyesuaikan alat bantu dengar pada usia anak sangat penting. Gangguan pendengaran yang tidak ditangani sangat mempengaruhi kemampuan anak Anda untuk belajar, bersosialisasi, dan berkomunikasi.
Jika anak Anda membutuhkan alat bantu dengar, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan.

  • Jenis dan tingkat gangguan pendengaran anak Anda
  • Kemampuan dan tingkat aktivitas umum anak Anda
  • Alat bantu dengar harus kuat dan mampu menahan benturan, tahan terhadap debu dan kelembaban.
  • Alat bantu dengar harus memiliki port audio untuk dihubungkan ke transmisi radio di ruang kelas dan di tempat lain.
  • Anak-anak suka alat bantu dengar yang berwarna-warni.

Orang tua dari anak yang mengalami gangguan pendengaran juga harus mengetahui fitur alat bantu dengar yang memungkinkan mereka untuk menonaktifkan kontrol volume manual. Karena anak kecil mengalami kesulitan untuk mengatur level suara dengan benar.
Ketika begitu banyak faktor yang terlibat, Anda akan memerlukan bantuan dari seorang profesional perawatan kesehatan pendengaran yang berpengalaman. Ia dapat membantu Anda menemukan alat bantu dengar yang tepat dan sesuai untuk buah hati Anda dan memberi tahu Anda tentang semua aspek yang terkait dengan gangguan pendengaran dan alat bantu dengar tersebut.

Sabar dan cintai

Ketika anak Anda sudah mulai menggunakan alat bantu dengar, Anda harus ingat bahwa perlu waktu untuk terbiasa dengannya. Dan juga butuh waktu untuk membiasakan diri dengan “situasi pendengaran” yang baru.
Cara terbaik untuk membantu adalah dengan menjadi orang tua yang penyayang dan pengertian lebih. Membiasakan diri dengan alat bantu dengar membutuhkan motivasi, dukungan, dan partisipasi yang kuat dari Anda sebagai orang tua. Alat bantu dengar yang canggih dan sesuai tidak akan berguna jika anak tidak memakainya atau jika tidak dirawat.
Berikan anak Anda penjelasan agar ia dapat memahami mengapa harus memakai alat bantu dengar. Selama proses ini, komunikasi dan motivasi sangat penting untuk kesediaan anak untuk memakai alat bantu dengar. Semakin besar keterlibatan orang tua dan semakin anak memahami, semakin besar kemauan.